IPad Sebagai Pengganti Laptop. Apakah Bisa?

 iPad sebagai pengganti laptop apakah bisa?

Berikut ini adalah pengalaman gue saat menggunakan iPad, kebetulan yang saat ini gue gunakan adalah iPad Air 4, sebagai pengganti laptop yang sudah hampir berjalan selama satu tahun.


iPad yang digunakan sebagai pengganti laptop ini masih berfungsi dengan baik. Terlebih lagi dengan bobot nya yang jauh lebih ringan, pengalaman menggunakan produk Apple ini sejujur nya terasa menyenangkan. Jauh merasa lebih baik ketika menggunakan iPad sebagai pengganti laptop, dibandingkan menggunakan laptop secara langsung.


iPad Sebagai Pengganti Laptop. Apakah bisa?


Untuk mengetik bahasa Arab, karena gue sedang belajar di Timur Tengah, masih bisa dilibas dengan lancar. Dan juga, untuk kebutuhan untuk mencatat materi yang ada di perkuliahan, gue lebih nyaman menggunakan iPad Air ini.


iPad sebagai pengganti laptop dengan mempunyai bobot yang ringan biasa gue bawa saat ke kampus. Dengan hanya ada iPad serta buku pelajaran, tas yang gue bawa menjadi lebih ringan sehingga masih bisa membawa air putih serta beberapa camilan dari rumah. 

Karena saya menggunakan iPad sebagai pengganti laptop dan juga sebagai alat untuk mencatat pelajaran kampus, hal ini membuat gue bisa membaca ulang pelajaran sambil rebahan.


Kelebihan iPad sebagai pengganti laptop


Pengganti buku tulis


Selain digunakan untuk kebutuhan belajar di kampus, iPad menjadi sarana untuk memulai kebiasaan yang baru yaitu membuat jurnal. Sebelumnya gue lumayan sering membuat jurnal saat menggunakan buku tulis. Tapi, karena batasan buku tulis yang bisa habis, dan akan susah untuk dibawa kemana-mana, iPad bisa menggantikan peran tersebut.


Selain membuat jurnal, hobi menggambar saat gue masih kecil pun, bisa tersalurkan kembalimenggunakan iPad ini. Meskipun memang harus beradaptasi dari menggambar dengan kertas, dan sekarang harus menggambar di atas layar.


Membaca buku


Dengan layar iPad yang jauh lebih lebar, gue jadi lebih sering untuk membaca. Entah itu dengan membaca pelajaran yang telah saya tulis ketika di kelas. Atau pun membaca buku digital.


Apalagi saat ini saya sedang sering membaca komik. Sehingga pengalaman membaca menggunakan iPad terasa lebih menyenangkan.


Mengedit foto


Selain menulis, gue memiliki hobi lain yaitu fotografi. Berhubung iPad merupakan produk Apple yang pertama kali gue coba, kualitas warna yang dihasilkan rasanya berbeda dengan menggunakan smartphone Android yang biasa digunakan.


iPad Sebagai Pengganti Laptop. Apakah bisa?

Bukan hanya warna saja, work flow menggunakan iPad untuk mengedit foto pun lebih terasa enak. Karena bisa lebih detail lagi dalam mengedit foto yang sedang dikerjakan.


Baca Juga: Hunting Foto di Blok M


Bermain game


Sama seperti mahasiswa lain nya yang menggunakan waktu kosong nya dengan bermain game, gue pun lumayan aktif untuk bermain game. Dan berhubung sekarang ini banyak game seru yang bisa dimainkan di smartphone, iPad merupakan gadget yang enak untuk digunakan.


iPad Sebagai Pengganti Laptop. Apakah bisa?

Memiliki layar yang lebih lebar, kapasitas baterai yang lebih banyak, serta menggunakan prosesor yang setara seperti iPhone 12, seperti nya dengan alasan tersebut pasti akan lebih memilih menggunakan iPad sebagai gadget untuk bermain game.


Menonton film


Nikmat nya menggunakan iPad sebagai pengganti laptop adalah pengalaman dalam menonton film. Saat menggunakan smartphone berasa kekecilan karena ukuran layar nya. Sedangkan menggunakan iPad jauh lebih enak. 


Bahkan frekuensi gue menggunakan ponsel untuk menonton Youtube pun sudah jarang sekali dilakukan.


Baca Juga: Alasan Menggunakan OnePlus 6


**


Setelah gue menjabarkan pengalaman yang enak saat menggunakan iPad, sekarang gue akan memberikan hal yang kurang ketika menggunakan iPad sebagai pengganti laptop.


Kekurangan iPad sebagai pengganti laptop


Manajemen file


Tidak seperti Android yang biasa gue gunakan. Manajemen file di iPad terasa lebih rumit, apalagi ketika sesimple melihat file yang telah di download.


Mungkin hal ini berhubungan dengan gue nya sendiri yang baru pertama kali menggunakan produk keluaran Apple, yaitu iPad, sehingga hal seperti ini harus disesuaikan serta dibiasakan.


Microsoft Excel


Untuk menggunakan aplikasi berupa Microsoft Excel di iPad tidak seluasa saat menggunakan Microsoft Excel di laptop maupun pc.


Karena beberapa fitur yang ada, tidak tersedia di dalam iPad. Jadi, jika kamu yang sering berkutat dengan Microsoft Excel, hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk digunakan.


Fitur Extension di Google Chrome


Sebenarnya hal ini sepele, tapi karena sebelum nya gue merupakan pengguna komputer dan dimudahkan dengan adanya Fitur Extension di Google Chrome, hal ini terkadang menyulitkan diri gue ketika menggunakan Google Chrome.


Tapi, lagi-lagi di setiap pengalaman orang memakai iPad akan berbeda-beda.


Lalu, apakah kamu punya pengalaman saat menggunakan iPad sebagai pengganti laptop?


2 Comments

Biar gue bisa baca blog kalian juga, tolong tinggalkan jejak ya!

  1. Aku user Ipad... Tapi mostly Ipadku dipake buat gambar doang. Kalau ngegame, lebih sering di HP...
    Yesss aku setuju soal manajemen File. Ya Allah ribet beud. FIle yg aku download katakanlah kaya Brush itu susah banget buat dicari... Tapi nggak bisa boong sih kalau interfacenya memang lebih smooth. Bahkan aplikasi digital terbaik aja cuma ada di Ipad. Si Procreate namanya.. Uhhh the best pokoknya itu..🤩

    Kalau untuk menggantikan Laptop... Hmmm,, Bisa-bisa aja sih... Tapi jujurly urusan ngetik mengetik aku lebih prefer ke laptop. Kaya ngeblog misalnya, itu aku lebih nyaman buat ngeblog di Laptop ketimbang Ipad.. wkwk..

    ReplyDelete
  2. Belum pernah pale produk Apple sekalipun, eh kecuali ipod zaman dulu 🤣🤣. Kalo iPhone, iMac atau iPad nya blm pernah sih mas 😁. Jadi belum bisa bilang, bakal enjoy atau ga.

    Ada sih kepikiran mau beli, apalagi laptopku lagi rusak sbnrnya. Masih galau antara ganti laptop baru, atau sesekali pake iPad 😄.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Ads

Ads