Makanan Cutting Dan Bulking Diet

 Makanan ketika Cutting dan Bulking Diet untuk setiap orang, akan berbeda dalam setiap individu nya. Kali ini saya akan membagikan pengalaman ketika saya sedang melakukan Diet.


Menurut KBBI, pengertian Diet adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan dan sebagainya (biasanya atas petunjuk dokter). Jadi jika kita merajuk pengertian Diet dari KBBI, tujuan kita melakukan diet adalah untuk memiliki badan yang ideal.


Dari pengalaman saya sendiri setelah rutin olahraga angkat beban, pola makan yang saya lakukan pun juga selalu berubah. Ada kala nya saya memakan porsi makanan lebih banyak dari batas kalori harian selama tiga bulan. Dan di waktu yang lain, saya memakan di bawah jumlah kalori harian selama tiga bulan.


Tujuan saya melakukan hal tersebut, agar supaya massa otot yang dimiliki menjadi lebih baik dibandingkan dengan awal-awal ketika saya memulai untuk nge-gym.


Jadi, tidak ada orang yang akan selama nya untuk diet cutting agar terlihat kurus, terkadang untuk beberapa orang, biasanya yang sudah ruting dengan pola hidup olahraga, ada masa nya mereka akan memakan makanan yang lebih banyak ketika ingin membuat massa otot.


Karena otot tidak akan terbentuk jika pola makanan nya kurang dari yang semestinya.


Diet Saat Cutting

Makanan ketika diet cutting dan bulking


Semasa jangka waktu ini, makanan yang sesuai untuk diet adalah mengurangi jumlah makanan di bawah batas kalori harian yang saya miliki.


Biasanya saya akan menerapkan untuk melakukan Inttermitent Fasting atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan Diet ala Dedy Corbuzier atau OCD. 


Makanan yang sesuai untuk diet saya ketika cutting akan dibagi menjadi tiga bagian.


Pagi


Di pagi hari saya hanya akan mengkonsumsi kopi hitam, biasanya adalah segelas Americano yang dibuat di rumah. Jadi segala pekerjaan yang biasa dilakukan, akan saya kerjakan dengan kondisi perut belum terisi makanan. Dan biasanya, setelah satu jam meminum Americano, saya pergi ke gym untuk olahraga.


Baca juga: Cara Untuk Memulai Pola Hidup Sehat


Tapi, bisa jadi hal ini akan tidak cocok di kamu. Terlebih lagi jika kamu memiliki masalah dengan asam lambung.


Siang


Direntang jam 12 sampai 2 siang, saya akan memulai makanan pertama. Dan tentu saja yang akan saya pilih adalah nasi putih sebagai karbohidrat nya, dan memilih jumlah 

protein yang banyak.


Saat melakukan Diet, mengkonsumsi protein sangat penting. Karena selain membuat diri kita kenyang lebih lama, protein juga mempunyai andil besar untuk me-recovery otot yang kita latih saat berolahraga.


Tidak mesti harus mengkonsumsi daging. Sumber protein bisa berupa tahu, tempe, ikan, atau bisa juga dengan mengkonsumsi segelas Whey Protein.


Malam


Saat jam 8 malam menjadi waktu terakhir untuk saya bisa memakan berbagai makanan. Karena prinsip dari Intermittent Fasting atau pun Diet ala Dedy Corbuzier adalah mengatur jendela makan. Dan yang biasanya saya gunakan adalah jendela makan dengan waktu selama 6 jam.


Jadi jika dirangkum akan seperti ini:


Pagi : Americano


Siang : Nasi - Ayam/Telur/Tahu/Tempe - Sayuran


Sore : 2 buah pisang


Malam : Nasi - Ayam/Telur/Tahu/Tempe - Sayuran


**


Diet Saat Bulking


Makanan ketika diet cutting dan bulking


Makanan sesuai untuk diet ketika semasa bulking jauh terasa lebih menyenangkan.

Tujuan dari melakukan bulking agar supaya massa otot yang dimiliki menjadi lebih banyak dibandingkan sebelumnya.


Baca juga: Cara Mudah Membentuk Otot


Contoh yang mudah adalah ketika saya memiliki berat badan 105 kg saat 4 tahun lalu, perut saya akan terlihat sangat buncit sekali. Tentu saja tidak nyaman ketika memakai kaus, dan merasa kurang percaya diri ketika berjalan di tempat ramai atau saat bertemu dengan teman.


Berbeda dengan sekarang ketika saya memiliki berat badan 105 kg. Perut saya akan masih terlihat rata, dan juga otot yang saya miliki justru menjadi lebih enak dilihat. Sehingga membuat saya lebih percaya diri.


Makanan yang sesuai untuk diet ketika bulking memang lebih banyak yang bisa dikonsumsi. Tapi, bukan berarti saat saya melakukan diet saat cutting menjadi tersiksa.

Rumus yang terpenting dari makanan yang sesuai untuk diet bulking adalah memakan melebihi batas kalori harian. Dan makanan ketika melakukan diet cutting adalah dibawah batas kalori harian.


Hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menambah porsi makan dan jam makan. Jika saat diet cutting hanya makan tiga kali, di saat bulking biasa nya saya akan makan 5-6 kali dalam sehari.


Jika dirangkum mungkin akan seperti ini,


Pagi : Kopi - 2 telur rebus


Siang : Nasi - Ayam/Telur/Tahu/Tempe - Sayuran


Sore : Whey protein/Toast yang berisikan ayam atau telur


Malam : Nasi - Ayam/Telur/Tahu/Tempe - Sayuran


Sebelum Tidur : Whey protein


Hal lain yang tidak kalah penting adalah di saat melakukan program Diet Bulking, pola olahraga pun harus diperhatikan.


Jika saat Diet Cutting program latihan nya dalam seminggu melakukan olahraga angkat beban sebanyak 3x dalam seminggu, serta cardio seperti futsal 1x seminggu, biasa nya saya akan merubah program latihan saya menjadi 4-5x dalam seminggu untuk olahraga angkat beban. Serta cardio 1x dalam seminggu.


Semoga membantu ya

1 Comments

Biar gue bisa baca blog kalian juga, tolong tinggalkan jejak ya!

  1. Keren mas. Terima kasih sudah berbagai. Pasti seru tuh diet di tanah rantau yang jauh dari rumah. Semoga saya bisa menyusul diet karena BB sudah naik ini.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Ads

Ads