Cara mengatasi monitor yang mati

 Bagi gue, aplikasi facebook itu masih sangat berguna. Walaupun memang tidak bisa dipungkiri, jari gue lebih sering menekan aplikasi Instagram  atau pun Twitter. Dan akhir-akhir ini baru mulai main Tiktok juga sih. Meskipun hanya sebagai penonton saja.

Kenapa orang-orang yang suka joget di Tiktok itu lentur banget pinggangnya. Kayak pensil Inul, anjir.

Oke, fokus.

Banyak grup-grup yang gue ikuti di Facebook. Mulai dari Photography, Blogger, dan juga hobi-hobi gue yang lain. Satu di antaranya adalah yang berkaitan dengan komputer.

Komputer yang gue punyai saat ini bentukannya lumayan besar. Dan sudah melalang buana pergi dari satu negara, ke negara lain bersama dengan gue. Mulai dari Indonesia – Mesir – Yordania – Indonesia lagi.

Dan sering kali gue menghadapi masalah yang berulang, saat membawa komputer tersebut dari satu negara ke negara lainnya.

Memang kurang kerjaan sih, bawa-bawa komputer dari satu negara ke negara yang lain. Ya mau gimana lagi, adanya komputer. Mau bawa kamu, tapi kan...

GA USAH NGELUCU, SU!

Baca juga: Komputer dan penjual bagasi kampret

Permasalahan tersebut berupa monitor yang tidak menyala. Padahal sih, semua kabel telah terpasang rapi, tombol power di komputer juga sudah dinyalakan. Tapi sering kali, masalah tersebut datang berulang-ulang kali.

Mungkin beberapa tips berikut ini, bisa berguna juga untuk kalian yang menghadapi monitor yang tidak menyala.

- Cek RAM -

Nah, sering kali permasalahan orang-orang yang monitornya tidak menyala adalah dari RAM. Maka dari itu, bagi kalian yang sering membawa komputernya berpergian, sebaiknya agar mencopot RAM terlebih dahulu.

Saat komputer gue dibawa dari Indonesia ke Mesir, gue tidak menemukan masalah di monitor yang tidak menyala. Karena, case komputer yang gue punya, telah gue berikan pengaman berupa busa dan juga kardus dari case nya.

Permasalahan gue terjadi saat dari Mesir menuju Jordan. Saat itu, segala komponen komputer masing terpasang. Dan case yang gue punya, gue letakkan di tas plastik berukuran besar. Sambil gue selimuti dengan sweater dan juga handuk, menutupi case yang gue punya. Alhasil, monitor gue tidak menyala.

Untuk membenarkan nya, bisa dengan cara mencabut RAM yang telah terpasang di Motherboard komputer kalian. Lalu, dipasangkan lagi di tempat yang berbeda.


Kan ada Motherboard yang bisa dimasukkan 4 RAM tuh. Kalau sebelumnya diletakkan di slot 1  serta slot 3, bisa diletakkan di slot 2 dan 4. Tapi bagaimana jika Motherboard yang dimiliki hanya mempunyai 2 slot saja?

Hal yang bisa dilakukan adalah dengan mencabut RAM, lalu kuningnya itu, yang biasa dipasang di Motherboard itu loh, tau kan. Ya pasti tau dong bre.

SOK ASIK, SAT!

Kuning RAM tersebut, bisa dibersihkan terlebih dahulu menggunakan penghapus pensil. Mau penghapus pensilnya berwarna hitam atau putih, bebas. Pokoknya penghapus pensil. Jangan pakai penghapus papan tulis. Enggak usah ngadi-ngadi antum.

- Cek segala kabel -

Beberapa kali, gue juga pernah salah memasang kabel. Baik itu kabel-kabel yang langsung dicolok ke listrik, maupun kabel-kabel yang ada di dalam komputer. Biasanya gue akan mengecek ke kabel Hardisk terlebih dahulu. Karena program windows di komputer gue berada di SSD, maka gue akan mengecek kabel SSD terlebih dahulu.

Gue akan menyoba untuk memasangkan lagi kabel SSD yang mengarah ke Motherboard maupun ke Power supply.

Sebenarnya hanya dua poin itu saja yang penting. Tapi diusahakan, agar jangan sering-sering mematikan komputer secara paksa. Dengan menekan tombol power lama. Karena akan berbahaya juga untuk komponen komputer lainnya.

Kalau dua hal itu sudah dilakukan dan masih belum bisa booting banyak kemungkinan yang lain. Yang paling banyak sih, karena Power supply nya yang rusak. Tapi selama sudah membeli Power supply (PSU) yang bagus, biasanya akan ada tanda 80 di kotak bungkusannya, sepertinya akan baik-baik saja.

Kemungkinan lainnya adalah dari VGA nya. Jika kabel HDMI yang dari monitor dipasangkan di VGA dan tidak kunjung menyala komputernya, bisa dicoba untuk memasangkan kabel HDMI nya langsung ke Motherboard nya.

Saat perjalanan gue dari Mesir menuju Yordania, monitor gue enggak menyala setelah gue pastikan segala kabel terpasang. Memang saat itu, komputer gue serta komponen nya masih tersimpan rapi di casing nya. Jadi gue rasa, enggak perlu untuk dicopot satu persatu.

Setelah membersihkan RAM yang gue punya, serta menaruhnya di tempat yang berbeda, akhirnya komputer gue bisa kembali menyala.

Tapi, berbeda saat perjalanan gue dari Yordania menuju ke Indonesia.

Komponen komputer telah gue copot semua. Mulai dari VGA, Motherboard, Hardisk serta PSU. Hanya RAM yang enggak gue cabut dari Motherboard.

Sesampainya gue di Jakarta, segala komponen tersebut gue pasang di casing yang baru. Hasilnya? Monitor tidak kunjung menyala. Dan ini memang pertama kalinya bagi gue untuk merakit komputer seperti ini. Karena pertama kali beli, sudah diurus oleh abang-abang toko komputernya. Paling yang sering gue lakukan hanya memberishkan debu-debu dan juga menaruh hiasan di dalam komputer.

Hal yang gue khawatirkan dari monitor yang tidak menyala ini adalah kabel yang enggak terpasang dengan rapi. Khusunya kabel dari Hardisk ke Motherboard serta PSU. Tapi setelah gue coba berkali-kali hasilnya tetap sama.

Gue mulai dapat pencerahan setelah membenarkan dan menggunakan RAM secara bergantian di Motherboard.

Voila!



Ternyata penyebab komputer gue tidak kunjung menyala akibat dari rusaknya salah satu RAM yang gue punya. Jadi selama beberapa hari gue hanya menggunakan RAM sebanyak 4 gb untuk komputer. Sebelumnya 8 gb. Tapi, saat tulisan ini naik, komputer gue sudah memasang 16 gb RAM untuk komputer gue.

1 keping nya 8 gb.

Dan setelah 10 jam berkutat mengurusi komputer ini, akhirnya monitor gue bisa menyala lagi. Iya, gue mulai merakit komputer dari jam 3 sore.

MANTAP!




 

Semoga tulisan gue bisa membantu kalian ya!

2 Comments

  1. Saya baru tahu RAM bisa ngaruh ke monitor—dan perkara monitor ini cukup ribet 😂😂😂

    Tapi pertanyaannya, monitor Anda doang yang ketika bongkar pasang sering nge-bug atau memang tiap monitor kayak gitu? Saya jarang pindah rumah, sih, Bang~

    ReplyDelete
  2. Duh saya yang kuliah dan kerja pakai leptop, nggak ngerti soal daleman CPU komputer. Pernah bantuin rekan kerja yang PC nya nggak nyala-nyala, saya cuma ngecek kabel-kabelnya aja, dan benar saja ada yang longgar.

    Tapi kenapa kamu masih pakai komputer ya, bukannya lebih praktis pakai leptop ya? hehe

    ReplyDelete

Biar gue bisa baca blog kalian juga, tolong tinggalkan jejak ya!