5 cara untuk memulai pola hidup yang sehat

Kesadaran gue tentang kesehatan terhadap badan yang gue miliki, sebenarnya belum lama-lama banget. Di tahun 2015, gue mulai mencoba untuk mempunyai pola hidup sehat. Dan ternyata enggak seribet yang gue bayangkan.

Untuk membiasakan hidup sehat, memang memerlukan waktu. Semua itu bisa terjadi, kalau kalian mau untuk mencoba.

Motivasi gue saat itu mungkin tidak berasal dari dalam diri sendiri. Melainkan dari orang lain. Lebih tepatnya, karena ucapan yang keluar dari mulut teman gue, sampai akhirnya gue memutuskan untuk mencoba hidup sehat.

Ucapan teman gue kurang lebih seperti ini,

“Percuma badan lu tinggi gini, tapi lemah banget. Masa push up aja enggak bisa. Hahaha”

“Kalo lu bisa push up lima kali aja, gue traktir anak kamar buat makan deh. Tapi, gue enggak yakin kalo lu bisa juga sih”

Dan, benar.

Gue enggak bisa melakukan tantangan yang diberikan oleh teman gue.

Asu.

Padahal dulu, badan gue termasuk biasa-biasa saja. Enggak gemuk, dan enggak kurus juga. Ditambah lagi, gue suka dengan olahraga futsal maupun basket. Seharusnya kan bisa. Tapi, kenyataannya gue enggak bisa melakukan hal tersebut.

Stamina gue enggak kuat untuk lari lama-lama di dalam lapangan. Baru 10 menit, kaus yang gue gunakan telah basah dengan keringat. Nafas gue pun juga sudah terengah-engah. Pokoknya enggak enak banget.

Akhirnya mulai lah gue untuk mencoba pola hidup sehat.

Semua itu bermula di zaman ask.fm platform sosial media dimana kita bisa bertanya kepada orang yang telah kita ikuti. Memang enggak selalu akan dijawab, karena mungkin saja pertanyaan yang kita ajukan telah dijawab sebelumnya. Atau mungkin, pertanyaan kita kurang bermanfaat.

‘Malam ini lebih enak makan nasi tumpeng atau dateng ke rumah temen ya supaya dapet makanan gratis? Hihi’

Pertanyaan yang sangat tidak berguna sekali, sat!

Dari sosial media tersebut, gue mulai menyadari bahwa sebenarnya untuk memiliki pola hidup yang sehat itu enggak sulit loh, gaes!

Sok akrab banget, cok!

Maaf ya.

Aktif Berolahraga




Mungkin semua orang tau bahwa berolahraga mempunyai banyak manfaat ke dalam tubuh kita. Tapi, enggak semua orang melakukannya. Sama halnya, kalian tau bahwa orang yang kalian suka, engga memiliki rasa yang sama terhadap kalian. Tapi kalian tetap pepet terus.

Goblok

Gue buruk untuk menulis sebuah pengibaratan. Tapi, kalian paham kan maksud gue?

Berolahraga bisa di mulai dengan jalan kaki, ataupun lari-lari kecil di sekitaran rumah. Kalau merasa malas untuk melakukan hal tersebut, bisa juga dengan melakukan push up. Sudah banyak video yang tersedia di Youtube, yang menyajikan cara untuk berolahraga di rumah.

Cobain aja dulu.

Enggak ada ruginya untuk mencoba memulai menggerakan badan. Streaching pun enggak masalah. Kan bisa melenturkan tubuh juga.

Dan tolong dibedakan, streching dan ngulet ya. Jangan ngadi-ngadi antum.

Atau bisa juga dengan membeli jump ropes. Jika sehari masih belum bisa melakukan 100 kali, bisa di mulai dengan 10 kali. Bahkan, jump ropes dipercaya bisa menurunkan berat badan lebih banyak dibandingkan dengan lari.

Lalu, jangan lupakan istirahat yang cukup. Apalagi setelah melakukan olahraga. Terutama bagi kalian yang telah susah payah membentuk otot di pusat kebugaran, tapi melupakan istirahat yang cukup. Enggak akan kebentuk juga otot yang telah susah payah kalian buat itu.

Lalu selanjutnya, jika muncul pertanyaan di dalam diri,

“Tapi aku masih malas. Gimana dong?”

Goblok.

Karena di tempat gue sekarang ini, di Jordan, membolehkan untuk olahraga di gym, gue pun rutin berolahraga di sana. Dan sebisa mungkin, gue akan datang ke gym di waktu-waktu yang enggak begitu banyak orang lain. Bisa siang hari, atau pun tengah malam. Ya siang hari sih paling. Tengah malam, kan ditutup juga.

Iya, maaf ga lucu.

Perbanyak minum air putih

https://giphy.com/
https://giphy.com/

Beberapa tahun sebelumnya, gue adalah tipikal orang yang suka sekali dengan minuman manis. Entah kopi susu, minuman soda, ataupun boba. Tapi, itu dulu.

Sekarang gue mulai membiasakan untuk meminum air putih minimal 2 liter setiap harinya. Bahkan, sekarang ini gue selalu menaruh satu teko di atas meja komputer. Ukurannya memang enggak begitu besar. Tapi selalu gue usahakan untuk dua-tiga teko setiap harinya. Kalian pun bisa mencoba hal ini.

Dari pada beli botol minuman, bisa dimanfaatkan teko air punya ibu kalian.

Dan ingat, isi teko tersebut dengan air putih. Jangan kuah soto ayam. Oke?

Pastinya, di awal kalian membiasakan diri untuk selalu minum air putih akan merasa ingin ke kamar mandi terus-menerus. Ini wajar sekali kok. Jika kalian sudah banyak minum air putih, tapi malah kepingin juara Indonesian Idol... ya enggak apa-apa juga sih.

Memperbanyak minum air putih juga merupakan hal yang gue lakukan untuk menurunkan berat badan. Dan ternyata memang terbukti bisa.

Terkadang perut kita merasa lapar, ingin sekali rasanya mengunyah sesuatu, padahal kenyataannya perut kita hanya perlu di isi dengan air putih. Biasanya, trik yang gue gunakan untuk menurunkan berat badan adala dengan meminum segelas air putih sebelum makan nasi.

Selain membantu untuk menurunkan berat badan, masih banyak manfaat lain yang diri kita akan rasakan setelah memperbanyak minum air putih.

Maksud gue dari memperbanyak meminum air putih adalah jatah minuman setiap hari lu, agar diperbanyak untuk meminum air putih dari pada minum-minuman yang manis atau pun bersoda.

Gitu.

Mengurangi makanan atau minuman yang manis

Sering kali yang gue temui, orang-orang sangat suka dengan makanan yang manis-manis. Mulai dari olahan makanan yang rasanya manis, sampai dengan minuman yang manis. Gue merasakan sendiri, setelah memakan makanan yang manis mood gue akan kembali bahagia. Toh, memang rasanya enak.

Mo meninggal.

Tapi untuk bisa membuat pola hidup yang sehat, hal ini harus mulai dikurangi.

Sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah kok.

Misalnya,

Dalam sehari si A membeli kopi manis sampai dua kali. Lalu selanjutnya saat di kantor, dia memakan tiga buah donat. Alasannya ‘Mumpung gratis’. Selanjutnya saat ingin memesan makan malam, dirinya tergoda untuk memesan segelas boba. Alasannya ‘Mumpung promo’.

Ya jangan gitu dong.

Sejatinya, untuk mengkonsumsi manisan itu boleh-boleh aja kok. Asalkan, jangan kebanyakan. Karena segala hal yang berlebihan itu tidak baik.

MasyaAllah, aku bijak sekali.

Membuat Jurnal



Berhubung gue anaknya susah untuk bergaul dengan orang lain, apalagi untuk menceritakan segala hal yang sedang gue fikirkan, membuat jurnal merupakan salah satu kegiatan yang biasa gue lakukan. Dengan membuat jurnal, segala keresahan atau pun fikiran-fikiran aneh bisa gue tuangkan di atas lembaran kertas.

Enggak baik juga, memendam fikiran aneh lama di dalam kepala. Malah bisa, mengganggu aktifitas lainnya.

Gimana cara bikinnya?

Enggak ada rumusan juga yang harus kalian jalani. Kalian hanya memerlukan sebuah buku tulis serta pulpen. Lalu, mulai dengan menuliskan apa saja yang ada difikiran kalian.

Kalau tiga hal yang sebelumnya gue sebut berkaitan dengan tubuh yang kita miliki, membuat jurnal merupakan kegiatan yang gue masukan agar bisa membuat pola hidup yang sehat. Karena seperti pepatah arab,

Al-Aqlu salim fi al jismi salim

Yang artinya, Fikiran yang sehat berada di badan yang sehat.

Bagaimana pun juga, rasanya akan percuma setelah melakukan kegiatan melatih agar tubuh kita lebih sehat, tapi fikiran kita tidak sehat.

Gue ingin merekomendasikan meditasi. Tapi, berhubung gue belum pernah melakukannya, jadi gue belum bisa menganjurkan hal tersebut.

Menurut gue, dengan melakukan shalat juga bisa meditasi. Fokus dengan bacaan yang sedang kita baca, tidak buru-buru dalam mengerjakannya. Bisa jadi, kan?

Tapi rasanya, gue juga harus memulai untuk mencoba meditasi.

Apakah kalian pernah melakukan meditasi?

Coba share dong pengalamannya di kolom komentar.

Bersyukur

Hal mudah yang bisa dilakukan, tapi justru sering kali enggak dilakukan.

Jika selalu merasa iri dengan pencapaian orang lain, entah jabatan, harta, atau yang lainnya, apakah nantinya akan bisa lebih mudah untuk menikmati hidup?

Gue rasa sih enggak.

**

Memulai pola hidup sehat itu enggak sesulit yang dibayangkan. Hanya perlu pembiasaan saja. Gue pun juga sedang membiasakan hal ini terus berlanjut sampai gue tua nanti.

Semoga tips gue kali ini bermanfaat ya!!

7 Comments

  1. Ada tambahan lagi selain 5 di atas, sebelum melakukan semuanya "niat" adalah yang terutama. Asal ada niat untuk berubah, pasti semua bisa terlaksana dengan baik 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tanpa ditulis, orang-orang yg ingin punya hidup sehat, pasti sudah ada niat


      Ehehe

      Delete
  2. Ngadi-ngadi tuh artinya apaan cuy?

    Saya juga kepikiran buat menerapkan hidup sehat. Semisal, kembali rutin melakukan push up. Karena waktu ngekos dulu, kayaknya lumayan sering. tapi pas balik ke rumah, malah malu sama orang rumah. Hasilnya olahraga hanya wacana saja.

    Dan saya tuh males banget nyiapin air putih di botol padahal sadar kalau air putih lebih menyehatkan dibanding minuman manis. Kayaknya saya juga perlu melepaskan kecanduan saya sama kopi, sebab sehari bisa menghabiskan 4-5 sachet kopi. Sampe dimarahin temen karena nanti lepasnya susah.

    Baca postingan ente kali ini bikian niatan saya tambah gede buat pelan-pelan melakukan gaya hidup sehar. Hatur nuhun....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bahasa negara rumania, Din

      Sebenernya kalo ngopi sachetan sih ga masalah. Tapi ga sebanyak itu. Pelan" aja dokurangin. Pelan" juga untuk lebih sering minum air putih

      Yuk bisa yuk

      Delete
  3. Hi mas Fauzi, terima kasih tips and tricknya hehehe. To be honest, setahun terakhir saya mulai berusaha jaga pola makan saya. Bukan untuk diet sih, tapi lebih ke protect kesehatan. Mungkin pengaruh umur yang sudah nggak lagi muda, saya jadi merasa gampang lelah :))

    Beberapa cara yang mas tuliskan di atas pun telah saya lakukan dan saya merasakan betul perubahannya pada tubuh saya. Namun ada satu kendala, yaitu camilan. Meski saya sudah cutting sangat banyak camilan, tapi dalam sebulan saya masih suka makan 2-3 chips untuk pelampiasan kalau sedang pusing sama pekerjaan hahahahaha.

    Well, semoga ke depannya kita bisa tetap semangat dan konsisten dalam jaga kesehatan yah. Bagaimana pun juga kita hidup bersama tubuh kita, jadi sudah seharusnya dirawat dan dijaga :D

    ReplyDelete

Biar gue bisa baca blog kalian juga, tolong tinggalkan jejak ya!