Alasan untuk mempunyai blog


Awal mula gue memutuskan untuk membuat sebuah blog, mungkin karena alasan sepele, yaitu ingin menjadikan diri sendiri seperti sosok Raditya Dika. Dari menulis sebuah diary, lalu dilanjutkan ke blog, sampai akhirnya dijadikan sebuah buku, bahkan sampai menjadi sebuah film.

Setiap orang mempunyai alasan yang berbeda-beda saat memulai menulis blog. Selain ingin menjadi seperti sosok Raditya Dika, gue hanya ingin sekedar bercerita ke orang lain tentang pengalaman yang gue rasakan. Ditambah lagi, beberapa tahun yang lalu gue sangat aktif di sebuah grup blogger personal bernama Blogger Energy. Membaca cerita orang lain dengan latar belakang yang sangat berbeda, rasanya menyenangkan. Selain itu, gue bisa mendapatkan sudut pandang yang baru.
Dan dibawah ini, ada beberapa alasan lain yang membuat diri gue untuk memulai menulis sebuah blog,

SEBAGAI DOKUMEN PERJALANAN HIDUP
Dengan menulis di blog, gue bisa melihat sejauh mana perjalanan yang telah gue lalui. Hal-hal apa saja yang harus diingat kembali, supaya diri gue menjadi semangat lagi dan tidak terus-menerus hanya bersedih didalam kamar.

BERBAGI PENGETAHUAN
Saat memliki sebuah blog, kita mempunyai ruang untuk berbagi ke orang lain. Setidaknya dengan alasan seperti ini, kita akan lebih semangat untuk mempelajari suatu hal yang baru dan setelahnya bisa kita tuangkan dalam bentuk tulisan dalam sebuah blog. Dan tidak menutup kemungkinan, dengan apa yang tekah kita lakukan, bisa bermanfaat bahkan menjadi sebuah amal jariyah yang pahalanya terus mengalir ke diri kita.

BERKENALAN DENGAN ORANG BARU
Bagi diri gue yang pemalu untuk sekedar menyapa orang asing, menulis blog lalu berkunjung ke blog-blog lain, merupakan salah satu cara untuk berkenalan dengan orang baru. Yang awalnya hanya berbincang melalu komentar blog, lalu beralih ke sosial media, bisa bertemu langsung di dunia nyata. Sekeras apapun diri kita untuk memandang sebuah kehidupan, pasti akan bertemu dengan saat membutuhkan orang lain untuk bersandar ataupun bercerita.
Dan dari berkenalan dengan orang-orang baru seperti itu, tidak menutup kemungkinan untuk membuka peluang rezeki lebih luas, bukan?

MENDAPATKAN PENGHASILAN
Hampir kebanyakan orang yang memulai sebuah blog dengan alasan seperti ini. sebenarnya enggak ada masalah, tapi yang harus diingat, sebuah blog bisa memberikan rezeki dari banyak hal. Ada yang blog nya enggak mendapatkan izin memasang iklan AdSense lalu menyerah, padahal penghasilan itu bukan berasal dari situ saja.
Bisa dari memenangkan sebuah lomba menulis, menuliskan review tentang suatu barang, bisa bekerjasama dengan suatu perusahaan. See, ketika suatu pintu rezeki tertutup sebenarnya masih banyak pintu rezeki lain yang terbuka. Jangan fokus ke satu hal, sampai membuat diri sendiri malas untuk menulis.
Kalau kalian, apa alasan untuk memulai menulis blog?


12 komentar :

  1. setelah lihat film SUNNY CINTA PERTAMA (keliatan tua bgt umur aku hwahaha) aku nulis blog biar ntar misal anak cucuku yg ga gitu kenal aku bisa tahu aku dulu ngapain aja. apa yg di pikiranku. pas mereka baca blog aku. AAAAH SO SWEEEETTTT.

    BalasHapus
  2. Alasan terkuat ku dulu buat aktif ngeblog lagi ada dua : berbagi dan pengen jadi master juara lomba blog (tapi kalau alasan yg kedua ini masih belum terealisasi, sih) hahaha. Ya maklum aja, ikutan lomba banyak kalahnya. Habis kalah ya, semangat buat nulis materi lomba kadang-kadang menurun.

    Kalau yang masalah berbagi dan jadi amal jariyah itu aku setuju. Semoga aja konten-konten yang tak tulis di blog juga ada manfaatnya. Biar bisa jadi tabungan amal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan udah menang pas lomba huawei itu, hei kamu

      :)

      Hapus
  3. kalo saya dulu agar bisa kayakl raditya dika, receh bat ya tapi ini beneran karna dia pernah quote dalam bukunya yg kambing jantan itu "orang-orang hebat orang-orang besar aja punya blog, gue juga harus punya donk"

    BalasHapus
  4. iya. gue dulu pertama bikin blog gak kepikiran sama sekali kalau blog bisa ngasilin duit. dan bisa punya banyak teman juga. gokil ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temen udah lumayan banyak yg kenal dari blog. Duit nya aja belom nih

      :XD

      Hapus
  5. Pertama menulis blog gara-gara tugas komputer sekolah deh dulu, terus lihat-lihat blog lain terutama kak bena. Lanjut deh, apalagi dulu tanpa sadar ortu pernah ingin anaknya bisa menulis, sampai dibeliin buku buat tau caranya segala dan saat itu minat menulis masih belum ada. Kalo sekarang malah ingin lebih serius dan masuk lebih dalam ke dunia tulis menulis, lucu ya. Selain berbagi ilmu dan pengalaman, ingin rasanya kali aja ada rezeki yang menghampiri juga hehehe.

    BalasHapus
  6. Aku ngeblog soalnya butuh. Terus karena suka baca tulisan sendiri, terus jadi inget aku pernah kemana, ngapain, pernah mengutarakan mimpi dan pendapat apaan. Gak pernah ngarep duit dari blog, ini dikasih temen2 blog yang baik2 aja udah uwuwuwu ><

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama uy
      Gue kadang suka ketawa sendiri liat tulisan gue sendiri. Aneh ya?

      Uwuwuwuwuwu
      :XD

      Hapus

Biar gue bisa baca blog kalian juga, tolong tinggalkan jejak ya!

My Instagram

Copyright © Mahasantri.. Blogger Templates Designed by OddThemes