Tips menurunkan berat badan

Saturday, October 20, 2018


Kali ini tulisan ane akan sedikit berbeda dari biasanya. Sama kayak judulnya, sekarang ane mau berbagai beberapa cara ane saat menurunkan berat badan.
Sebelum memulai, ane mau mengingatkan bahwa sebenernya diet itu enggak ada yang paling benar ataupun salah. Selama bisa menurunkan lemak berat badan, bukannya itu bisa disebut sukses ya? Kan ada pepatah yang mengatakan, ‘Banyak jalan menuju Roma’.
https://giphy.com
Perbanyak minum air putih. Karena tubuh manusia terdiri dengan lebih banyak air serta dosa. Dari yang pernah ane baca, terkadang otak manusia memberi sinyal untuk meminum segelas air putih, tapi kebanyakan orang menganggapinya dengan memilih untuk memakan sesuatu. Bisa martabak satu loyang, nasi padang, bahkan menjilati sisa-sisa bumbu rendang di penggorengan. Coba mulai biasakan untuk meminum banyak air putih ya.
Kurangi makan yang mengandung karbohidrat. Kalau biasanya dulu makan nasi dengan porsi segunung dan ditambah dua plastik kripik makanan ringan ataupun cemilan lainnya, sekarang sudah mulai dikurang-kurangi kegiatan tersebut. Dulu sih yang ada difikiran ane, ‘Dari pada gue bolak-balik ngambil nasi, ambil yang banyak aja ah!’ tapi emang dasarnya ane yang berjiwa beruang dan suka makan banyak, kata-kata yang telah terucapkan itu berlalu begitu saja, lalu mengambil nasi dengan jumlah yang sama untuk kedua kalinya.
Karbohidrat ini jenis nya ada banyak. Nasi, kentang, roti, pasta, mie, dan lainnya. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi nasi yang biasa diambil. Pelan-pelan saja, mulai dari mengurangi sedikit sampai setengah dari porsi biasanya.
Gerak. Karena ane tau enggak semua orang suka dengan olahraga, mulai saja dengan membiasakan diri dengan berjalan kaki. Kalau ingin berpergian jarak dekat lebih baik untuk berjalan kaki, dan tidak menggunakan sepeda motor. Apalagi naik motor orang. Kalau sudah suka jalan kaki, tantang diri sendiri untuk melakukan hal lebih. Seperti lompat tali, ataupun dengan push up ataupun bersepeda. Beberapa tahun lalu, ane pun sering dijadikan bahan candaan karena enggak bisa push up sama sekali, padahal sering makan.
Tipsnya hanya tiga itu saja kok.
Tapi kalau kalian masih membaca sampai paragraf ini, ane akan memberi tahu faktor penting lainnya dari menurunkan berat badan. Setiap orang memiliki jatah kalori harian yang dibutuhkan oleh tubuhnya masing-masing. Yang sering beraktifitas menggunakan fisik, tentu membutuhkan kalori yang lebih banyak dibandingkan orang yang kerjaannya hanya duduk-duduk saja sepanjang hari.
Contohnya, kenapa beberapa kuli bangunan memiliki badan bagus padahal porsi makanannya lebih banyak? Karena dia memiliki aktivitas fisik yang lebih banyak sehingga membutuhkan asupan makanan yang banyak juga.
Mudahnya, kalau orang tersebut mengurangi asupan kalori hariannya, berat badan dia akan turun. Dan sebaliknya, kalau orang tersebut memakan lebih banyak ketimbang asupan kalori harian yang dibutuhkan, berat badan dia akan naik. Segampang itu. tapi prakteknya agak ribet. Caranya? Ya dijalanin aja, Jaenal. Untuk melakukan hal ini kuncinya, konsisten dan sabar.
Enggak perlu sampai menghitung kalori setiap makanan juga, karena memang ribet untuk dilakukan. Coba dipraktekan saja tips yang telah ane jelaskan diatas. Ane belum pernah mencoba minuman detox atau obat-obatan yang katanya mempercepat mengurangi berat badan. Tapi dengan menjalankan pola hidup seperti, mengurangi asupan nasi, memperbanyak minum air putih, mengurangi cemilan dan dibarengi dengan olahraga, bisa turun kok berat badannya.
Hal-hal yang telah ane sebutkan diatas enggak ane anggap sebagai diet yang menyiksa, tapi lebih ke pola hidup sehat. Perlahan ane pun sudah mengurangi asupan rokok, dan mengurangi membeli cemilan. Selain bisa menerapkan pola hidup sehat, bisa menghemat uang bulanan juga.
Saat proses menurunkan berat badan seperti ini, kurang-kurangi untuk mengecek berat badan di alat penimbang badan. Bikin stres sendiri nantinya.
Sekarang ini ane sedang bahagia menikmati proses yang telah di jalani sampai saat ini dan harapannya semoga ini bisa terus dijalankan setiap harinya.
Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kalian.
Tos!
Pola hidup seperti ini telah menurunkan berat badan ane dari 105kg sampai 86kg. Rencananya mau menurunkan berat badan lagi supaya bisa jadi model iklan obat cacing nih. Doakan ya!

You Might Also Like

10 komentar

  1. yang ingin turunkan berat badan wajib nich gaez baca artikelnya, kalau saya pribadi malah mau naikin berat badan...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan lebih banyak dari jumlah kalori yang dibutuhkan aja :))

      Delete
  2. yang saat ini gue lakukan adala kurangin makan nasi. Bahkan gak makan nasi sama sekali. 1, 2 hari oke. hari 3 malemnya. perut gue langsung keram X_X

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan karbo perlu kok. tapi secukupnya aja, lam.

      Delete
  3. You rock it!
    Kau membatunya!
    Hahahaha.

    Wah, selamat selamat! Sebagai orang yang juga suka ga jelas nyobain pola diet ini itu, anda berhasil diet. Karena yang kaya begitu butuh niat yang kuat banget dan harus sampai pada tahap aksi nyata, yang mana ssussah banget.

    Tapi gara-gara ngikutin banyak akun kesehatan dan diet di IG nih, jadi dapat beberapa info penting. Seinget gue nih, ada 3 tujuan; sekedar ilangin lemak (berat badan) doang, sekalian bentuk lekuk tubuh, yang terakhir paket lengkap -> bentuk keindahan otot.

    Nah gara-gara itu gue jadi terpikir, yaudah yang sekalian aja...jadi ga sekadar ilangin lemak. Tapi ya kok males wkwkwkw. Pelan-pelan sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue udah sampe ke tahap celana yang dulunya gue kecilin malah jadi ga muat. Kayaknya krna itu deh jdi semangat buat nurunin berat badan. Ehehe

      Syukron, ra!

      Delete
  4. xixixi
    sayangnya sekarang saya gak lagi sedang ingin menurunkan berat badan
    malahan pengen naikin
    bellum ideal sih

    ReplyDelete
  5. Patah hati adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah beda.
      Patah hati bikin diri gue buat ngerokok. Lagi.

      Ehe

      Delete

Eettt..... Mau kemana?
Komen dulu dong okeee :))

Community