Alasan Mengapa Bangunan di Timur Tengah Berbentuk Persegi

 Hampir satu dekade Saya hidup di Timur Tengah. Sepanjang mata memandang, hanya bangunan persegi yang rapat antara satu bangunan dengan yang lainnya. Dan mobil-mobil mewah yang biasa diparkirkan di depan bangunan dengan debu tebal yang menutupi body mobil serta penyokan di sudut depan serta belakang. 

Dalam konteks arsitektur Timur Tengah, penting untuk memahami mengapa banyak bangunan di kawasan ini berbentuk persegi. Bangunan yang sempat Saya tinggali pun juga paling tinggi hanya lima lantai.


Alasan Mengapa Bangunan di Timur Tengah Berbentuk Persegi


Tapi kalian pernah penasaran enggak sih, mengapa bangunan rumah yang berada di Timur Tengah, seperti Yordania maupun Mesir berbentuk Persegi?


Bangunan di Timur Tengah sering berbentuk persegi karena ini mengakomodasi iklim panas dan kering dengan lebih baik, mengurangi paparan langsung terhadap sinar matahari dan menjaga suhu interior lebih sejuk. Tradisi arsitektur, kepraktisan, dan pertimbangan agama juga memainkan peran dalam pemilihan bentuk persegi. Meskipun demikian, variasi desain arsitektur di kawasan tersebut cukup beragam, mencakup bentuk-bentuk lengkung seperti kubah dan elemen-elemen artistik yang rumit pada bangunan-bangunan tertentu.

**


Beberapa waktu lalu Saya baru saja selesai pindahan rumah. Jika dibandingkan dengan kehidupan di Mesir, total Saya pindahan rumah di Yordania lebih banyak ketimbang di Mesir. Namun, kali ini ada hal yang menarik di rumah yang akan saya tempati.


Biasanya para pelajar Indonesia akan menempati sebuah rumah bersama mahasiswa Indonesia lainnya. Begitu juga orang Malaysia ataupun pelajar lain. Ini kita sedang membicarakan rumah loh ya, bukan asrama yang dicampur antara pelajar Indonesia dengan pelajar asing lainnya.


Di rumah Saya kali ini terdapat tiga kamar. Di isi oleh dua orang Indonesia, salah satunya adalah Saya, dan satu kamar lagi di isi oleh orang Arab, bernama Abu Jahal.


Enggak, saya becandi.


Apa sih gak lucu



Alasan Mengapa Bangunan di Timur Tengah Berbentuk Persegi


Di awal kepindahan rasanya berat bagi Saya, karena si Hasyim, si warlok ini, suka ngobrol. Dan ya terkadang Saya sering diajak olehnya untuk berbicara. Hasyim merupakan calon pelajar di kampus, dan waktu luangnya di isi dengan bekerja di salah satu toko di daerah sini. Sebenarnya Hasyim berasal dari luar kota, yaitu kota Mafraq. Sebagai gambarannya, mungkin seperti orang Bandung yang tinggal di Jakarta.


Beberapa kali berpapasan dengannya di dapur, dia suka mengajak Saya berbicara.


“Kapan kamu ke kampus, Zi?”

“Saya kerja dekat Kerfur, kabarin saya saja jika kamu sedang berada di sekitar sana ya”

“Air rumah kapan menyala lagi, Zi?

“Wajah kamu kok seperti genderuwo, Zi?”


Terkadang saya menjawab pertanyaannya, dan terkadang saya tendang lehernya. Yah, tergantung kondisinya serta Pertanyaan yang dia ajukan aja lah ya. 


Baca juga: Krim Wajah Pria Mesir


**


Suatu waktu kunci rumah milik saya hilang, sehingga saya menggunakan kunci cadangan yang terletak di dapur.


Malam itu saya merasa sangat lapar, sehingga memutuskan untuk keluar rumah mencari makanan. Jaraknya tidak jauh, dan kondisi di Yordania pun terhitung aman saat di malam hari. Karena tidak pernah ada berita mengenai warga Yordania yang membegal warga asing di jalanan. Toh, kalau pun terjadi sesuatu yang mengharuskan saya untuk kontak fisik dengan orang lain, saya lumayan percaya diri dengan postur badan yang bongsor ini.


Mungkin lebih tepatnya Gemuk.


Iya, Ibu negara mengatakan saya gemuk di saat melakukan Video call beberapa waktu lalu. Dan menyuruh Saya untuk menguruskan badan, karena pipi Saya yang sudah terlihat seperti perut.


Yaa enggak gitu juga dong anjing


Apaan sih marah-marah sendiri enggak jelas


Padahal dalam kenyataan saya tidak segemuk yang dibayangkan oleh Ibu negara, karena saya sering berolahraga angkat beban. Bahkan sudah memasuki 7 tahun. Jadi untuk dasar Diet saya sudah mengetahui hal tersebut.


Mungkin di kesempatan berikutnya ketika video call, saya menyalakan filter agar wajahnya lebih kotak seperti Ivan Gunawan.



Alasan Mengapa Bangunan di Timur Tengah Berbentuk Persegi



Oke, lanjut ke cerita sebelumnya.


Sepulangnya saya dari membeli makan, saya mulai merogoh kunci di kantong celana. Tapi kok sulit buat dimasukin kuncinya. KOK ENGGAK BISA DIPUTER KUNCINYA ANJENG.


Sabar.


Saya mencoba untuk mengatur nafas. Dan untuk mengembalikan mood, saya membuka salah satu camilan yang berada di plastik.


Oke, Saya coba lagi biar pintunya bisa kebuka.


Bismillah.


KOK TETEP ENGGAK BISA SAT!


Mulai gondok. Kunci cadangan yang saya gunakan sulit untuk diputar, padahal ketika saya pergi, aman-aman aja kok. Kuncinya bisa, meskipun agak seret ya. Mau dipaksa takut kuncinya patah. Ketukan pintu yang berkali-kali saya lakukan juga tidak kunjung mendapat respon dari orang yang berada di dalam.


Setelah berusaha sekitar 15 menitan, akhirnya pintu berhasil dibuka. Dan setelahnya pintu tersebut saya tinggalkan dalam keadaan terkunci, melainkan saya slot dari dalam.


**


Saya bangun kesingan di hari tersebut. Setelah ritual bengong yang telah dilakukan, saya beranjak dari kasur menuju dapur untuk membuat segelas kopi.


Saya menyapa Hasyim yang baru saja keluar dari kamar mandi. Setelah sapaan saya ucapkan, dia mulai bertanya ke diri saya.


“Semalem pintu rumah kamu slot dari dalam ya, Zi?”

“Iya, soalnya kuncinya enggak bisa. Kenapa memangnya?”

“Semalem saya enggak bisa membuka pintu. Saya sampai rumah dari tempat kerja jam 3 pagi. Dan baru bisa masuk ketika jam 5 subuh”


Sumpah yaa di saat itu saya langsung merasa tidak enak dengan Hasyim. Saya kan hitungannya anak baru yang tinggal di tempat ini, terus kok ngeselin. Ini kalau kejadian seperti ini menimpa diri saya sendiri, akan saya tebalikin tuh kulkas yang ada di dapur.


“Duh, maaf banget. Saya enggak tau kalau kamu belum pulang, Syim. Maaf banget ya”

“Iya sudah, lain kali pintunya jangan kamu slot dari dalam ya, Zi”

“Iya. Maaf banget ya, Hasyim”

“Wajah kamu kok seperti genderuwo, Zi?”


Perasaan tidak enak yang sebelumnya saya rasakan, sekarang tergantikan dengan rasa tertawa sambil mukul dikit leher Hasyim.

21 Comments

Biar gue bisa baca blog kalian juga, tolong tinggalkan jejak ya!

  1. Bangunan timur tengah lebih ke warna yang lebih natural dan bentuk simetris.

    ReplyDelete
  2. pernah baca tentang mesir kuno katanya bangunan memang modelan bgitu krn jarang hujan ya mas? terus krn panas mereka sering duduk2 di atas situ spy sejuk

    ReplyDelete
  3. berarti bentuknya lebih untuk menjaga suhu ya. aku baru tahuuuu hehe. menarik juga

    ReplyDelete
  4. Oalah gitu toh malah nggak ngeh kl bangunan mereka kotak2 gitu, tp nais jg sih ya

    ReplyDelete
  5. Lagi fokus baca cerita serius tapi bercanda eh kenapa tiba-tiba ada anjing lewat sih 😅 pasti seru sekali ya kak tinggal di sana. Banyak hal yang bisa dipelajari, seperti sejarah rumah di Yordania yang berbentuk persegi.

    ReplyDelete
  6. Oh iya, selama ini memang lihat bangunan di timur tengah itu bentuknya kotak-kotak ya. Tidak pernah memperhatikan dengan detil. Tenyata memang ada tujuannya dibuat bentuk seperti itu yaa..

    ReplyDelete
  7. Wah Iya ya. Menarik sekali bangunan-bangunan di Timur Tengah. Yang Aku suka itu warnanya lho. Natural. Jadi kayak kembali ke tempo dulu.

    Ada gak sih bangunan rumah-rumah warga biasa yang di cat warna-warni mas?

    ReplyDelete
  8. Jadi di sana iklimnya kalau pas panas lebih panas dari Indonesia ya mas? Keren banget nih bisa lekas beradaptasi sharing rumah gitu ya? Krn pasti gak mudah tinggal ma orang asing.
    Kayaknya makanannya cocok yaaa, jadi lebih sejahtera di sana, atau mulai jarang gerak aja hehe sampai diprotes ibu negara :D

    ReplyDelete
  9. Meminimalisir panas ya berarti. Pengalamannya bagus ini dibagikan terus. Semoga makin menginspirasi pembaca lebih luas.

    ReplyDelete
  10. Ah, waktu umroh pun kami bertanya-tanya begini. Maklumlah, di Indonesia kan bentuk rumah beraneka ragam, jadi aneh aja ngelihat rumah di sana kotak-kotak begitu.

    Btw, diksi "tendang leher" itu sungguh mengerikan :(

    ReplyDelete
  11. Dari segii cuaca mereka lebih panas, makanya dibuatlah rumah yang kotak, untuk mengurangi panas.

    ReplyDelete
  12. Kirain hanya sekadar selera arsitekturnya aja ternyata ada goals yang memang dirancang selain sebagai seni bangunan. Baru tau, thanks tulisannya.

    ReplyDelete
  13. Sy pun sering bertanya-tanya kenapa arsitektur bangunan di Timteng bentuknya kotak2 gitu. KIrain mmg tren di sana aja, ternyata ada alasan krn masalah suhu juga toh

    ReplyDelete
  14. Begitulah adanya. Arsitektur bangunan di sebuah wilayah tentu saja menyesuaikan dengan situasi iklim dan cuaca. Kalau di Jepang yg sering gempa, banyak bangunan berbahan kayu yg bisa bongkar pasang.

    ReplyDelete
  15. Belum ngerti kenapa kalo rumah bentuk kotak bisa mengurangi panas. Bentuknya kotak, atasnya tetap ada gentengnya atau bagaimana?

    ReplyDelete
  16. Loh iyaaa kenapa bentuknya persegi yaa nggak kaya disini ada genteng, hehe. Warnanya juga kalem seperti coklat atau crem gitu. Udah serius baca ehh ada cerita kocak wkwkwk ngeselin emang kalau punya temen kaya gitu yaaa

    ReplyDelete
  17. Wah iya ya, aku baru sadar lo. Dulu sering banget buka² buku ensiklopedia dan sadar kalau bangunannya kotak² gt. Ternyata alasannya menyesuaikan dengan iklim dan kondisi ya kak. ❤️❤️

    ReplyDelete
  18. oh jadi terjawab rasa kepo saya kenapa bangunan di TimTeng berbentuk kobus atau kotak ternyata untuk menghindari panas ya,, bener juga

    ReplyDelete
  19. Emang penasaran juga sama bentuknya, tapi ngga cuma itu. Kalo bentuk kan udah terjawab. Nah, kalo warna gimana? Dibahas juga dong.

    ReplyDelete
  20. Wow dapat pengetahuan baru nih. Btw sudah berapa lama tinggal disitu? Kapan balik ke Indonesia?

    ReplyDelete
  21. Emang setiap bangunan di berbagai negara konsepnya berbeda-beda. Karena menyesuaikan kondisi iklim dan cuacanya di sana. Yang penting nyaman buat dihuni

    ReplyDelete
Previous Post Next Post

Ads

Ads