5 hal yang tidak boleh dilakukan saat pertama kali pergi ke gym


Hampir dua tahun, gue membiasakan diri untuk olahraga di gym. Olahraga angkat beban, lebih tepatnya. Tapi selama itu juga, mungkin baru sekali gue menunjukkan video saat gue melakukan satu gerakan olahraga. Alasan gue untuk enggak pernah mau meng-unggah hal tersebut, itu semua karena gue takut dengan pendapat orang lain.
‘Masih gendut aje tengil’
‘Mana, enggak ada perubahannya?’
‘Alay banget, Nying’
Padahal yang gue tau, belakangan ini gue sudah berusaha untuk tidak peduli dengan omongan orang lain. Tapi kenyataannya enggak seperti itu juga.
Ehe
Pertama kalinya posting video di Insta story, kejadian selanjutnya adalah bagian muka gue dipotong, lalu dijadikan bahan becandaan temen tongkrongan. Emang anying. Dan setelah itu, gue enggak berani untuk memposting segala kegiatan yang gue lakukan di gym.
Kebalikkannya dengan diri gue, tiap kali temen-temen gue datang ke tempat gym, pasti mereka akan meng-upload minimal satu foto atau video di Insta story. Padahal mereka datang hanya sekali, itu pun dapat gratisan karena menggunakan identitas orang lain. Orang Mesir, kadang susah membedakan wajah-wajah orang asia, begitupun juga dengan kita, yang kesulitan membedakan wajah-wajah mereka.
Setelah gue fikirkan lagi, seharusnya gue enggak perlu malu ataupun takut dengan pendapat orang lain. Siapa tau diluar sana, ada orang yang mendapatkan semangat ataupun manfaat dari postingan yang gue unggah di sosial media. Sekecil apapun itu. Mungkin saja, suatu hal remeh yang telah kita ketahui, merupakan suatu hal baru yang bermanfaat bagi orang lain. Benar enggak?
Beruntungnya setelah sekian lama mengikuti olahraga ini, gue hanya punya satu pengalaman buruk yang pernah gue ceritakan di tulisan ini.  Sisanya, hanyalah hal remeh. Seperti perlakuan beberapa orang disini yang menganggap orang Asia lemah, ataupun mendengarkan suara teriakan-teriakan enggak jelas yang mengisi ruangan.
Salah satu tujuan gue membiasakan diri dengan olahraga seperti ini selain untuk menguruskan badan yang buncit, adalah menghindari pandangan remeh orang lain terhadap penampilan diri gue. Suatu hal yang manusiawi, saat orang lain menilai penampilan fisik sebelum berkenalan dengan orang baru. Dan seharusnya, hal seperti itu enggak dilakukan, karena manusia seharusnya tidak di nilai dari penampilannya. Beruntungnya, setelah mencoba sekian banyak program latihan, badan gue mulai menunjukkan perubahan.
Saat memulai olahraga angkat beban, tujuan gue hanyalah untuk menguruskan badan. Tapi setelah rutin menjalankannya, gue mulai sadar kalau olahraga itu dilakukan agar tubuh kita selalu dalam kondisi yang sehat. Dan dengan keadaan tubuh yang sehat, berarti kita bisa beraktifitas lebih banyak dan beribadah dengan lebih baik lagi, bukan?
Gue baru sadar, ternyata pernah sekurus ini pas di pondok pesantren

**
Dari pengalaman gue selama di tempat gym, ada beberapa hal sebaiknya kalian tidak lakukan saat di tempat gym:

Jangan bau ketek
Enggak ada masalah bagi mereka yang belum mandi untuk datang ke gym dan berolahraga. Tapi yang harus diingat, jangan membawa aroma laknat (baca:bau ketek) ke dalam tempat gym. Karena apa? Karena yang olahraga disana bukan anda saja, anak kuda! Ada manusia-manusia lain yang memiliki indra penciuman, dan tentu saja kalian enggak ingin di doa kan hal-hal buruk, bukan?
Cara mengeceknya, angkat lengan ke atas, lalu hirup udara di sekitar ketek. Kalau bau, pakai lah balsem deodorant.

Membiarkan dumbell setelah menggunakannya
https://giphy.com/
Mungkin hampir seluruh tempat gym, akan ada manusia seperti ini. Membiarkan dumbell yang telah digunakan bergeletakan di lantai, sehingga menutup jalan dan membuat orang yang ingin menggunakannya kebingungan, karena kesulitan mencarinya.
Kalian jangan masuk ke dalam golongan orang seperti ini ya!

Menggunakan kaca terlalu lama
https://giphy.com

Gue selalu gondok dengan kelakuan orang seperti ini. Terutama di ruang ganti. Yang biasanya gue temui disini adalah mereka yang baru datang, kemudian berdiri didepan cermin. Kemudian segala kegiatannya di mulai dari mengganti pakaian ganti sampai mengenakan sepatu, semuanya dilakukan didepan kaca. Seolah kaca yang mereka gunakan adalah khusus untuk mereka, padahal kan kenyataannya bukan seperti itu, Jamal!
Terlebih lagi, bentuk badan orang Mesir yang rata-rata berukuran besar serta tinggi, gue enggak akan berani untuk melihat kaca. Badan besar berotot, brewok tebel, salah ucap, bisa-bisa dibanting nanti.
Hal ini sebenarnya berbeda disetiap tempat gym. Kalau di ruang ganti tempat gym kalian hanya ada satu kaca, baiknya jangan dipakai terlalu lama. Yang mau berpenampilan keren kan bukan kamu saja.

Marah-marah
Ini lebih ke prilaku orangnya sih. Tapi sebaiknya, saat di tempat gym, kemarahan yang dipunya sebelum datang ke tempat gym, dilampiaskan dengan olahraga sampai mau mati. Jangan dilampiaskan dengan memarahi orang lain, ataupun teriak-teriak engga jelas di gym. Marah-marah ke orang lain, enggak ada gunanya kok.

Nyolong treadmill
Ya jangan dong, Bujank...

Itulah beberapa hal yang sebaiknya jangan kalian lakukan di tempat gym. Apakah ada yang tertarik, atau mungkin dari kalian sudah memulai olahraga ini? Latihan bareng dong.

19 komentar :

  1. rang orang mah gitu, antara basa basi atau mau nyinyir beda-beda tipis, tuman!

    aku bukan penikmat gym sih, paling banter olahraga tuh jogging sama renang. eh g bisa disebut olahraga juga, soalnya niatanku buat refreshing, hahaha.. jadi g punya pengalaman di gym.

    bagian bau ketek, kayaknya semua hal yang berakhir dengan ekstrak keringat emang harus diperhatikan banget. aku sendiri sadar diri banget dan selalu hati-hati sama bau yang satu ini, pengalaman jaman puber dulu bau ketekku g enak dan diminumin jamu sama emak. aku wanti-wanti ke semua temen sama keluarga, ingetin kalau bau ketekku udah g enak, malu coy kemana2 bau ketek!

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang

      dan beneran diingetin gitu kalo hal itu beneran terjadi?
      teman sejati itu namanya. mantap!

      Hapus
  2. Gila, megang botol minum aja, uratnya sampe keliatan lho

    Gue malah takut kalau masuk ke gym. Takut lagi jalan terus senggolan ama orang berotot, gue langsung mental 7 meter

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kalo enggak dipaksa mah enggak keluar
      ehe

      enggak mental sejauh itu sih, rasanya kayak kepentok pintu aja gitu. sakit.

      Hapus
  3. Saya enggak suka olahraga. Pol-polan juga jogging. Itupun sekarang udah enggak pernah. Haha.
    Misalpun suka ngegym dan anda mengajak latihan bareng, lha kita (baca:pembaca blog mahasantri) kan sebagian besar tinggal di Indonesia, situ di Mesir? Latihan bareng e bagaimana, Malih? Streamingan? ('-')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betewe, logo blognya bagus yang dulu *hahaha komentar ngasal

      Hapus
    2. hayolah olahraga lagi

      nah itu gue juga masih belom tau caranya. nanti gue fikirin lagi, Nu.
      ehe

      logo blog yang mana tuuh?

      Hapus
  4. Emang ngeselin tuh si Jamal sama si Bujank.

    BalasHapus
  5. gmn caranya keringetan tapi ga bau? :-S

    BalasHapus
    Balasan
    1. bau keringet, enggak semenyiksa saat hidung lu mencium aroma ketek busuk, git

      Hapus
    2. HA GIMANA GIMANAAAAAAAAAAAAAAAAA????????????????????

      Hapus
  6. Saya olahraga paling lari atau ga main badminton~

    Selain memperhatikan penampilan, biasanya cowok ngapain lagi sampai bisa lama sih buat diem depan cermin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak tau.
      gue juga bingung sama yang punya kelakuan kayak gitu

      Hapus
  7. Seumur-umur gue baru sekali ke gimnasium. Itu juga karena dibayarin temen (yang bayarnya harian). Enggak lagi-lagi dah. Mending gemukin badan dulu. Kasihan tubuh ini dikasih beban berat. Itu pulang-pulang buat ngangkat gayung pas mandi aja sakit banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehehehehe

      beban yang lu angkat, terlalu berat mungkin, Yog.
      tapi wajar sih, gue juga klo setelah beberapa bulan enggak pernah latihan, sekalinya latihan lagi, juga langsung pegel-pegel. belom terbiasa aja

      Hapus
  8. gue fikir lo takut update wktu lg ngegym gara2 takut di katain " Homcess " LOL
    hati hati fauzi ada yg berotot diem2 merhatiin lu, kali aja dia terpesona liat badan lu udah berurat kek gitu.

    BalasHapus

Biar gue bisa baca blog kalian juga, tolong tinggalkan jejak ya!

My Instagram

Designed By OddThemes | Distributed By Blogger Templates