Wednesday, 13 May 2015

Mamahku yang amat .....

Mungkin masalah yang sering dialami oleh mahasiswa perantuan luar negri  adalah komunikasi dengan keluarga yang berada di rumah. Alhamdulillah, gue berda di zaman sekarang yang serba canggih. Sehingga masalah komunikasi dengan orangtua, nggak sesulit pada zaman dulu. Yang kalo mau nelpon rumah, harus beli kartu khusus.
Orangtua gue, termasuk yang memang telat menggunakan hape canggih. Intinya, punya hape itu, bisa buat nelpon, sms, dan sekedar foto-foto pas acara arisan atau nikahan, udah cukup. Tapi makin berkembangnya tekhnologi, orangtua gue mau nggak mau harus bisa menggunakan aplikasi seperti Whatsapp ataupun Line, untuk tetap menjalin komunikasi dengan anak-anaknya. Gue dan adik gue, Faizah.
Nyokap, tipe orangtua yang jago masak soto betawi dan makanan-makanan enak lainnya. Disamping itu, beliau juga posesif. Banget. Kebetulan, saat ini gue mau membahas sifat posesifnya sih, bukan tentang kehebatan beliau dalam dunia masak-memasak. Karena nggak ada gunanya juga sih membahas makanan nyokap, karena Faizah nggak mau bikin makanan rumah juga untuk gue. Padahal harapan gue sebagai kakaknya yang bersama-sama tinggal di negara orang lain adalah adik yang rajin masak - adik yang empat hari dalam seminggu, membawakan makanan ke rumah kakaknya, yaitu gue sendiri - kakaknya kenyang - adik senang, karena masakannya habis - kami berdua hidup bahagia. Kenyataannya? JAUUU BANGETTT TJOOY!! JAUUUH. ASELI DAH!!
Gue, masak sendiri? Nggak deh kayaknya. Masak nasi aja masih gosong. Masak air, kompornya dibiarin nyala semaleman, gue asyik tidur. Beruntung, nggak kebakaran rumah gue. Makanan yang saat ini bisa gue masak hanyalah Indomie goreng double, ditambah dua telor. Porsi untuk dua orang, tapi gue makan sendiri. Ganteng kan gue?
Makanan internasional
Kembali ke sifat posesif nyokap.
Hampir setiap malam, nyokap chat ke gue via Whatsapp. Menyuruh gue untuk tidur.
‘Fauzi anakku, jangan tidur malam-malam ya sayang’
Dan gue nggak membalas chat beliau.
Karena menurut gue, di Indonesia sudah tengah malam, dan beliau pun pasti sedang tahajud. Sebagai anak yang baik, gue nggak mau menganggu ibadah nyokap. Sehingga, gue berencana untuk membalas chat beliau, pagi di esok harinya.
Oke, itu alasan aja sih. Sebenernya, kalo gue bales disaat itu juga, gue ketahuan belum tidur. Hehe... he.. hee.
MAH, MAAPIN, MAH. INI LAGI USAHA BIAR NGGAK TIDUR MALEM KOK. MINTA DOANYA, MAH YA. UANG KIRIMANNYA JUGA YA, MAH JANGAN LUPA. LLLL
Pagi ke-esokan harinya, gue lupa untuk membalas chat beliau. Pagi itu, gue disibukkan dengan pengambilan hasil tes darah, untuk kemudian hasil tes darah itu sebagai syarat pembuatan kartu mahasiswa Al-Azhar.
Siang harinya, nyokap mengirim chat lagi,
Nyokap: ‘Fauziiii’
Gue: ‘Mamaaahh.... maahh... maahh... maah’

*ini kenapa jadi teriak-teriak gini sih ahelah!!*
Nyokap: ‘Kamu kok nggak bales Whatsapp mamah sii?’
Gue: ‘I-iya, mah. Lupa. Baru aja mau bales, eh mamah duluan yang nge-chat’

Dan setelah itu, gue menelpon beliau via Line.
Bercerita tentang segala hal apa saja yang gue lakukan minggu ini. Bercerita, kalo saat ini gue benar-benar meminta doa restu dari mereka untuk menghadapi ujian. Bercerita, kalo Faizah nggak memberikan gue makanan, tapi lebih sering meminta uang dan minta traktiran kepada gue. Bercerita, kalo gue ingin kurus, tapi jawaban orangtua gue hanyalah suara gelak tawa. Seolah,
‘Mah, uzi mau kurus’
‘HAHAHAH’
Tawa mereka yang gue artikan dengan, ‘SUSAH, MAS UZII. SUSAAAHHH!! MENDEKATI NGGAK BISA!!’
Dibalik ke-posesifan dari orangtua, khususnya nyokap, gue merasa bahagia. Karena masih ada orang-orang yang selalu mendukung gue. Dan di lain sisi gue sadar, bahwa segala hal yang gue lakukan untuk kebahagian mereka. Se-nggaknya, kalo pun nantinya gue belum bisa memenuhi harapan mereka, gue nggak mau menyerah. Karena mereka selalu mendukung dan berdoa untuk kesuksesan anak-anaknya setiap saat.
**
Hampir sebulan nggak nulis, rasanya aneh. Bulan ini memang lagi masa-masa ujian bagi seluruh mahasiswa Al-Azhar sih. So, gaes.... sekarang gue dan temen-temen Masisir lainnya, minta doa untuk dipermudah menghadapi ujiannya ya! Hehe. Supaya, semua ilmu yang dipelajari berkah. Syukron, gaes!

66 comments:

  1. sama bro emak gue juga agak posesif gitu, tapi gue seneng karena ada orang yang tulus perhatian sama gue, trus makanan Emak memang ngangenin,
    semangat ya ujiannya, semoga lulus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seseorang yang paling tulus memberikan perhatian. tapi bahagia kkok, emak gue posesif gtu juga, heheh

      amiiin. thank you, sob :))

      Delete
  2. Dan Indomie, teman pengisi perut seluruh mahasiswa seantero dunia.

    ReplyDelete
  3. Duh, kok ngiri sih lihat kedekatan ibu anakyang romantis begitu. :D
    Seriusan nggak bisa bikin nasi? Hhehee... Beruntung ya kamu, ada LINE, eh LINE itu boros batre, Call via wasap aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuh, jadi maluuu. hahha

      kadang'' bisa kok, gue ga mau sombong aja gtu.
      klo wasap biasanya kurang jelas sih.

      Delete
    2. Jangan malu. >.< Jadi anak mama itu malu atau nggak? Kayanya lebih keren kece anak mama deh. Anak yang berbakti sama mama. Keren kaaan. :D

      Delete
  4. Lebih baik diposesifin orangtua daripada diposesifin pacar sih. Hehe.
    Oh iya, sukses ya buat ujiannya. Moga ujiannya berjalan lancar kayak habis minum diapet pas BAB mampet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah, dia malah curcol, hahaha

      amiiin.
      yah, walaupun definisi lulus mnrut lu, kya minum diapet gtu sih - -"

      Delete
  5. wah emak abang sama seperti emak ane, posesif banget deh , kalo ada ngak bener dikit langsung, ngoceh tiada henti :D tapi itu yang membuat q bahagia, ada orang yg sangat perhatian sperti ibu..
    btw ternya indomie jadi makanan para mahasiswa di luar negeri juga yaa :D hehe
    sukses bang buat ujiannya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok kita samaan? kita bukan kan? kita bukan sodara kandung kan? #EEEH

      iya, bedanya pake tulisan arab aj.
      amiiinn. thank you :))

      Delete
  6. keren, indomie tulisannya pake bahasa Arab
    adik yang baik, wkwk
    Aamiin, semoga ujiannya dapet hasil yang memuaskan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan internasional emang gtu. tapi ad tulisan indonesianya kok di bungkusnya

      BAIK DARI MANA, HAH?!!
      amiiin. thank you, vroooh :))

      Delete
  7. Punya orang tua yg perhatian itu pasti kitanya seneng bgt, apalagi ibu! <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, bersyukur aja dengan segala hal yg dipunya saat ini sih

      Delete
  8. gimanapun nyokap walo cerewet tapi suayaang ma kita ya
    itung itung latian jadi chef

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dia. cara sayang beliau, kadang diluar perkiraan anaknya.

      chef ya? iya, smoga. amin

      Delete
  9. Dibalik sifat posesif nyokap lo artinya beliau perhatian. Ya, meskipun terkadang kita sbg anak merasa terganggu dan risih

    ReplyDelete
  10. Keren bro... kuliah di luar negeri, makannya indomie lagi... wkwkwk... indomie emang enak sih, tp ga boleh sering2 kayaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ga sering'' kok. klo di rumah pasti di marahin.

      NAH, MUMPUNG GUE LAGI NGGAK DI RUMAH. MAKAN YANG BANYAK AAAH!!

      Delete
  11. Emakku juga gitu, aku sampe dibilangin anak mama karena Ibu yang perhatian bukan main.
    Tapi, itulah orang tua gan. Beruntung kalau hubungan keluarga itu harmonis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah, emang tiap orang anak mamanya kan ya? hehe. he.. he

      alhamdulillah, mensyukuri sgala yg dipunya

      Delete
  12. ternyata makanan anak kosan indomi sampe juga ke mesir ya, gue gak nyangka, ternyata mahasiswa mesir uga kalau dikosannya suka benget makan indomie, emang bener dah indomie itu makanan yang paling ngerti dengan kondisi anak-anak kosan. hehehe

    semangat ya gan ujiannya, gue doakan smeoag dapet nilai yang memuaskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang bener'' makanan mahasiswa. MERDEKAA!!

      amiiin. thank you, sob :))

      Delete
  13. Gimana mau kurus lu? Makan mi instan 2, telor juga 2. Enek woi! Nggak sekalian pake nasi?

    Ternyata Indomie sudah go internasional. KEREN!

    Anjir, posting-an ini ngingetin gue supaya nggak tidur malem lagi. :( Susah banget mau tidur normal. Huft. :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. ssst.... lu jgan ngomong bgtuan dikomen, yog. ntar ketauan

      kemana aja lu, baru nyadar
      tidur normal, yog. seringin untk ber-isitigfar, yah anak muda

      Delete
  14. Buat Kartu Mahasiswa pake tes darah. Lu gak digrepe-grepkan zi? Hahaha

    Emang ya, zi. Hidup jauh dari orang tua itu, banyak banget tantangannya. Lagian, selain uang. Keadaan hati juga sering baget jadi bahan yang patut dibahas.

    Kadang, sering banget kangen mereka, kehangatan keluarga. Eh, tertanya malah menjadi seperti rindu yg tak terjawab.

    Gue yg bisa tempuh pulang 4 jam aja, jarang pulang. Gimana Mesir, zi.

    Tetep semangat, ya zi. Gue juga dukung, lu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillahnya ga sampe segitunya juga kok

      bang heru, ga usah curhaat disini tentang hatinya ya/ gue jadi geli'' bahagia gtu, liat lu galau.

      amiiin. thank you, bang :))

      Delete
  15. Wah iya nih temenku juga ada di Mesir, kamu kenal Muhammad Alfuqair Ilaar Rahman gak? (seakan-akan kelas cuma satu doang) hehehehe. Goodluck ujiannya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ga kenal tuh, tingkat berapa, ga?

      angkatan gue ada empat ratusan lebih, hahah

      Delete
  16. Waih, di mesir pun ada indomie. Salut deh sama makanan yang satu ini.

    Oh iya, sukses bang ujiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan internasional, by. hehe :))

      amiiin. thank you :D

      Delete
  17. Orangtua mah emang gitu, apalagi kalau anaknya jauh, sampai ke luar negeri, saking sayangnya jadi cenderung kita artikan posesif, nikmatin aja dah, anggap aja itu sebagai bentuk perhatian mereka yang menunjukkan mereka masih sayang sama kita ^_^

    Oh iya, good luck ya buat ujiannya untuk lu dan seluruh temen lu, semoga aja kalian semua bisa dapat yang terbaik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ini juga nikmatin. beliau memang tulus perhatian sih sama anaknya. disyukuri aja

      amiiin. thank you :D

      Delete
  18. Saat-saat seperti ini kita pasti bakalan bilang kalo emak kita itu posesif. Tapi gue yakin, ketika beliau sudah tidak ada, kita pasti akan rindu keposesifannya itu. So, mumpung emak masih sehat, yuk sering-sering komunikasi sama emak, pancing kebawelannya biar gak nyesel nantinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue masih mau lama'' juga kok diposesifin sama nyokap, hahah

      siaap, bang!!

      Delete
  19. Hai Zi apa kabar? Lama ga ke sini. Aku mau nanya dlu:
    1. Km emg skg tinggal dmna? Kok luar negeri? Mesir?
    2. Km skg jd mahasiswa Al-Azhar?
    Sory krna bner2 ga tau hehehe

    Ikh km ya Zi sama mamah km sndr gt. Awas lho tar km ga dpt jatah kiriman dan yg pasti km makan indomie terus hahahaha. Mamah km keren jg bisa pake WA dan Line. Ibuku bisanya cm smsan huuuuu

    Mg2 sukses deh ujiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, ka mei :)

      lagi di Mesir, ka.
      alhamdulillah kyak gtu, hehe :D

      jgan gtu, ka. becanda doang kok :(
      mau ga mau harus bisa sih, ka. biar pulsanya juga ga kebuang bnyak.

      amiiin thank you, ka mei :))

      Delete
    2. Oalah sekarang lagi di negeri orang, keren hehehe

      Baiklah ntar ibuku aku ajarin juga pake line deh biar hemat pulsa kyk km heee

      Delete
  20. kirain mau basa seluk belum indomie gitu, ternyata cuma tempelan doang haha

    slalu seru nih kalo baca tulisan tulisan lu tentang anak perantauan di luar negeri, unik aja gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan internasional. mau pamer, kalo disini ada indomie juga :D

      AZEGH. jdi terharu gue :))

      Delete
  21. Mamah memang begitu sedari dulu gak cuman mama lo doang Zi tapi keknya mamah-mamah yg lain juga posesip apalagi lo di luar negeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya, jiz.

      nyokap lu jg gtu kan ya?
      kbnyakan pda ga mau ngaku aja sih, hahah

      Delete
  22. Semoga sukses ujiannya mas Fauzi,

    ReplyDelete
  23. Ternyata indomie di Mesir bentuk bungkusnya kayak gitu ya, rasanya sama kayak yang ada di Indonesia nggak?

    Diposesif;in sama mamah kita emang harusnya bersyukur, karena itu tandanya mamah kita sayang banget sama kita. Apalagi kalo kita di luar negeri. Jauh dari orang tua. Udah merupakan hal yang wajar kalo orang tua kita posesif sama kita.

    Semoga sukses ya ujiannya bang ! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bedanya, ga ada sambelnya aja. hahah

      betuul. gue juga bersyukur kok sama nyokap yg posesif. tambah sayang, kalo skkrg juga dikirimin duit #EEEH

      amiiin, thank you, ri :D

      Delete
  24. Gitu lah ya, Mamah. Selalu perhatian sama anaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, posesif mnjurus ke sayang gtu :D

      Delete
  25. Ibu, satu2nya orang yg tulus mencintai kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali.

      SELAMAT ANDA MENANG KUIS!!
      *apasih

      Delete
  26. kapan lo balik zi? kalo lo balik kabarin gue yah mau gue tutup bandaranya biar lo nggak bisa pulang ngoahahaha

    asik yah, tinggal di negri orang. makannya juga indomie. asik banget. btw, nggak disini nggak disana makannya mie lagi-mie lagi. nggak ada yang lain apa. abon onta kek.

    ibu gue nggak gitu sih , tapi kayaknya kalo udah kenal teknologi bisa juga kayak emak lo zi. syukron semoga ujiannya lancar. salam untuk mahasisiwi di sana. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. lu ga ada baek''nya amat sama gue, fik. hahah :D

      gue belom nemu tuh. klo nemu, bakalan gue tulis kok, tenang.

      NAH, MAKANYA LU KASIH TAU KE BELIAU TENTANG APLIKASI BEGITUAN, FIK!!!

      amiiin. thank you :))
      mahasiswi sini, udah pada punya calon suami loh. ga mau salam ke calonnya juga?

      Delete
  27. Posesifnya ortu emang kadang bikin kesel sih, tapi itu tanda kalau mereka sayang sama anak-anaknya. Eh, hati-hati lho, entar Indomie minta jadi sponsor di blog lo ini.. hihihi.. Gw nitip cewek sana ya, bungkus!

    ReplyDelete
  28. Mungkin karena kamu cowok, jadi Mama kamu cenderung posesif.. Kan katanya wanita kalok punya anak cowok sayangnya kebangetan.. :P

    ReplyDelete
  29. Mamah nya so sweet ih. Warbiyasakh.

    ReplyDelete
  30. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/eQV9d3 | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/CI4bLf | http://bit.ly/1IAMpsv | http://goo.gl/lNMX3D | http://bit.ly/1NM7v7j | http://bit.ly/1VxDjyt | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://bit.ly/1VxDjyt | http://goo.gl/RkuB4G | http://goo.gl/8rM20b | http://goo.gl/5dAkJO | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1IAMpsv

    ReplyDelete

Eettt..... Mau kemana?
Komen dulu dong okeee :))