Friday, 17 April 2015

'Serba salah gue disini'

Banyak hal-hal yang terkadang nggak masuk akal. Satu contoh kecilnya, ketika kita berniat baik, tapi di mata orang lain, ‘Lo ngapain? Sok asyik lau’. Kadang hal seperti ini yang bikin kita, gue terutama, males untuk berbuat baik. Seolah niat baik kita, hanya dianggap perbuatan yang salah di mata orang lain.
Yah, namanya juga manusia. Kita yang kerja susah payah, mereka dengan santainya menjelek-jelekkan diri kita. Untung gue tomat. *apasih.
Kalo boleh flashback sebentar, sebenernya tulisan gue yang kemarin-kemarin itu membahas temen-temen gue. Membahas kejelekan temen gue sih lebih tepatnya. Dan memang nggakada baik-baiknya yang gue tulis. Secara nggak langsung, sama halnya gue menggibahkan atau menjelek-jelekkan mereka di tulisan gue. Kemudian gue posting di blog, posting di Facebook, dan terakhir posting tentang kejelekkan mereka di Facebook mereka sendiri. Yap, gue bajak Facebook mereka, kemudian gue posting tulisan itu.
Gue mah gitu orangnya.
Sebenernya sedih juga sih menjelek-jelekkan temen sendiri. Tapi, kok rasanya seneng aja gitu ya. #BHAHK
Di almamater gue, ada jadwal rutin sholawatan. Setiap hari selasa malam. Sebenernya yang diharapin sih bukan sholawatan, tapi makanannya. Bukan gue aja sih yang mengharapkan hal itu, temen-temen gue yang lain sama aja. Walaupun sampai kapan pun gue tanya, perdebatan kita akan seperti ini,
Temen: ‘Gue tuh niat sholawatan, ji. Bukan cari makan’
Gue: ‘Yaudah, nanti lo nggak usah makan ya. Jatah lo buat gue. Liat perut gue? Emang cukup cuman satu porsi bakso? Nggak kan?’
Temen: ‘Jangan gitu juga dong, ji. Setiap orang kan udah dikasih jatah makanan masing-masing. Lo nggak boleh ambil jatah orang lain. Nanti dosa. Masuk neraka.
Gue: ‘Bawel lu, kaya janda. Gue becanda, nyet’
Siang sebelum acara di mulai, senior-senior yang menjabat sebagai home staff sibuk dengan acara masak-masak. Sebenernya nggak senior-senior banget sih, tapi supaya keliatan gue lebih muda aja sih intinya. Kebetulan malam ini rencananya masak soto. Gitu.
Entah kebetulan atau memang ada panggilan khusus, yang selalu menghadirkan teman gue ketika acara masak-masak seperti ini. Temen gue bernama Adi selalu datang ketika acara makan-makan. Benar-benar seperti makhluk perusa suasana, dan pegurang jatah makanan orang lain.
Kedatangannya akan selalu seperti ini,
Dia masuk rumah – berkata ‘Apa kabar nih, ustad? Baik kan?’ – kemudian duduk, padahal nggak ada yang menyuruh dia sama sekali. NGGAK ADA SAMA SEKALI – mencomot makan dengan biadab – dan diulangi setiap rumah lainnya.
Bisa dibilang, gue bosen juga sih ketemu sama manusia ini. Awal perjumpaan gue dengan Adi, ketika kami masih kecil. Tepatnya, ketika kita satu kelas bareng di kelas empat SD. Kemudian perjumpaan itu berlanjut ketika gue masuk pondok. Sampai kita lulus, satu angkatan juga. Ketika datang waktu masa pengabdian pondok, kita ditempatkan di satu tempat yang sama. Sebelum kita pergi ke Mesir, kita menetap di kampus inggris bersama. Dan pada akhirnya, kita kuliah bareng di Mesir. BERSAMA LAGI. Astagfirullahaladzim, KENAPA HARUS YANG SESAMA JENIS SIHH?!!
Bayangkan, seberapa sering dia menghabiskan jatah makanan gue? Banyak banget kan? Emang kampret.
Tapi berbeda dengan hari selasa kemarin. Berhubung makanannya belum jadi, dia berinisiatif untuk membantu para senior untuk memasak. Sebetulnya para senior sudah menyuruh gue untuk membantu mereka masak, berhubung kemarin itu gue sedang dalam keadaan yang kurang baik, makanya gue lebih memilih tidur ketimbang sekedar membantu masak. Ini alasan basi banget sih.
Dan seperti jagoan yang terlambat datang, adi berkata,
Adi: ‘Parah lo, ji. Mau enaknya doang. Emang otak perut doang lo, hahah. Kalah sama gue. Eh bang Jeki, ini cuman cabutin daging dari tulangnya doang kan?’
Bang Jeki: ‘Iya. Dagingnya nanti taruh sini ya’
Adi: ‘Iya, bang’
Bang Jeki: ‘Astagfirullahadzim.... lo makanin tulangnya ya?’
Adi: ‘Iya. Emangnya kenapa?’
Bang Jeki: ‘Itu kan tulangnya mau dimasak. Biar kaldu ayamnya terasa nanti di soto’
Gue: ‘TUH LU LIAT KAN, JEK? NOH KAYAK GITU TUH DIA. EMANG BIASANYA CUMAN MAKAN DOANG. UDAH TULANG MASIH AJA DI ISEP-ISEP. MARAHIN AJA, MARAHIN, JEK. MAMAM TUH, MAMAM DIMARAHIN SAMA SENIOR. BEHAHAH’
Adi: ‘Ji, lo mau pulang kan? Gue ikut pulang ke rumah lo aja ya. Jadi serba salah gue disini’
Gue: ‘Iya, tapi nanti, di. JEK, MARAHIN LAGI NIH ORANGNYA, CUUK!! HAHAHA’

39 comments:

  1. Hahaha kasihan si adi mau makan di marahin terus. Emang doyan makan ya tu orang?

    Waduh.... Bsok lagi jngan adi deh yg jadi korban di tulisan. Tambah kasihan hahahahaha....
    Gmana mesir? Masih aman2 aja ya... Kuliahnya lancar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang bawaannya darisana, dia suka makan sih

      iya, tapi asyik sih. hahah
      alhamdulillah lancarrr

      Delete
  2. memang terkadang orang lain begitu, kalau kita niatnya baik, eh malah dianggap aneh, atau sok asik lu. Tapi menurut gue, sebaiknya perbuatan baik itu jangan males hanya karena omongan orang lain. Keren juga sih temen lu, salam, duduk, langsung makan dengan lahap, pastinya makannya banyak, kalo menurut gue, dia jangan disuruh masak, soalnya kalo masak, nanti makannya bisa dua kali lipat dari biasanya, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, emang lebih baik gtu sih. kerjain sebaiknya aja sih. masa bodo sama perkataan orang.

      dia bukan keren, emang ga tau malu aje ituuuh

      Delete
  3. Kamu sama Adi persahabatannya udah kayak lagu Kepompongnya Sindentosca. Cieee cieee. Hati-hati loh, benci bisa jadi cinta. Eeeh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga mau. gue nggak mau ada rasa. dia cowo, cak. BULUNYA BANYAAAK

      Delete
  4. paling males sama orang kaya gtu niat baik dalam hati malah ngomongnya gimana gtu
    kalau punya temen tukang makan makanan orang enaknya di kasih trap th makannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. manusia emang sifatnya macem'' jga sij

      pengennya gtu tuh. tapi dia udh kebal :(

      Delete
  5. Jadi tulisan yg kemarin bongkar aibnya temen, aku kena dosanya gak ya?

    Itu tulangnya udah mateng atau masih mentah sih, kok bisa dimakanin. Terus tulangnya tulang ayam apa tulang sapi?

    Ya udah deh semoga temen lu segera mendapatkan hidayah ya bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. smoga nggak. amin

      udah mateng, tapi emang dianya yg doyan makanin jatah orang lain.
      amiin. semoga ya

      Delete
  6. Sekarang lo masih jelek - jelekin orang Zi. Temen lo sendiri lagi, jangan gitu dong Zi. Jangan tanggung - tanggung maksud gue.

    Tapi emang kampret sih kalo soal teman yang suka ngabisin makanan milik kita dengan biadab. Apalagi tinggal sedikit dan kita segan makan depan dia, eh malah dia yang nyomot itu makanan. Marahin aja itu si Adi, biar dia sadar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kok. gue nggak akan tanggung'' juga

      gue juga bingung. pengen ditabok tapi... tapi lebih serem badannya.

      Delete
  7. Baru di awal-awal bilang nyesel jelek-jelekin temen sendiri di blog. Eh, nggak taunya di akhir-akhir malah jelek-jelekin lagi. Hadeuhh.. pusing pala barbie. :D

    Kayaknya kalian berdua emang jodoh deh. Bayangin aja, kalian udah bersama selama itu. Apa masih belum tumbuh benih-benih cinta diantara kalian? Apa kalian masih malu mengungkapkannya? *apasih

    Intinya, temen yang rakus itu emang kampret. Dia nggak mandang kita temen lagi kalo udah ngeliat makanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eini enak kok. srius. cobain deh

      ga. ga akan. ga minat juga
      emang kampret. tiba'' lupa temen gtu

      Delete
  8. nahhh sering juga ngalamin kayak gini
    kalo ada yang nyinyirin rasanya pingin nampol huahuahua sadiiss

    ReplyDelete
  9. klo ngomongin makanan emang paling nyenengin. itu si Adi kasihan bgt jd bahan tulisan di sini, udah ijin belum sama orangnya? haha

    btw, paragraf paling atas yg soal berbuat baik. yaudah sih omongan orang nggk usah diurusin, jgn sampe males berbuat baik bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada niatan buat izin sama dia juga sih. haha

      yap, emang sharusnya berbuat baik kan? tapi sekali' ngomongin orng gpp juga si

      Delete
  10. Dan.... 1 hal yang gw suka dari tulisan lo kali ini. Menjelek2kan temen itu gak baik, tapi lo seneng aja.
    Wkwkw.. Sabar yah adi yang posisinya di bully...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia. maapin :(

      gapapa. dia emang shrusnya digituin kok

      Delete
  11. Tipe yang seperti Adi nih yang bakal bisa survive semisal dia jadi anak kost, haha dengan kemampuan toleransi malu yang besar dia bisa kenyang dengan berkeliling ke rumah orang lain :D

    Penasaran nih ky gimana si adi orangnya, ahaha
    Dan hebat bener bro bisa bareng mulu dr SD ama si adi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia udah dari dulu gitu. dia kampret. pokoknya dia yg salah lah

      gue nggak merasa hebat sama sekali. asli deh

      Delete
  12. Hahaha, menjelek-jelekkan itu emang gak baik, tapi entah kenapa rasanya seneng banget buat melakukannya. Emang manusia, suka banget balas dendam ya xD

    ReplyDelete
  13. Ini pos-nya kena banget.
    Pernah nih kejadian ama gue.
    Sering malah..
    Jadi sekarang guenya yang ogah-ogahan.
    "Daripada nanti ini... daripada nanti itu..."

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgan gtu, neng. ga baik
      klo kmu ngelakuin yg baik'', abang nggak akan komen yg aneh'' kok. sriusan.

      *iniapasih

      Delete
  14. Waparah, ini kalo Adi dan Deva baca bisa marah-marah. Eh, namanya doang yang sama. Hahahaha.

    Gue kalo menjelekkan orang lain pasti gue kasih nama samaran. :D
    Oiya, kalo udah jelek, jangan dijelek-jelekin lagi. Kasihan, Zi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoga: ga kok. mereka nggak akan marah'' kok. srius. gue mah susah buat ngasih nama samaran'' gtu

      deva: ga boleh gtu, nyet.

      Delete
  15. Sebenarnya ngga masalah jelek-jelekin temen, asal dianya ngga tersinggung aja.. Ahahah.. :D

    ReplyDelete
  16. Pertama-tama, gue cuma mau bilang, 'SOK ASIK LAU, JI."

    Ngahahaha jengkelin banget tuh orang kayak Adi. Nah kalo udah diembat juga tulangnya sama dia bisa kali diganti pake tulang si Adi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. LAH, BODO AMAT, NYEEET

      iye, si adi emang gtu dia, dep. hih. dasar adi!!

      Delete
  17. kalimat... pembukanya, ajib.. nih. save ya bang?

    ReplyDelete
  18. Hahaha ... ya ampun konyol banget nih si Adi.

    ReplyDelete
  19. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/lNMX3D | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://goo.gl/RkuB4G | http://bit.ly/1Mwgw3U | http://bit.ly/23ABPpR |

    ReplyDelete

cara bersedekah paling mudah, berkomentar di Blog ane ini