Thursday, 3 July 2014

Supaya Ramadhan tambah seru!!

Waktu berlalu begitu cepat. Nggak terasa, sekarang udah memasuki bulan Juli aja. Padahal baru kemarin rasanya bulan Juni. Cepet banget memang. Dan bersyukur banget, di bulan ini bertepatan dengan bulan Ramadhan juga. Bulan dimana, dibukanya pintu keberkahan, pintu ampunan. Luar biasa memang di bulan Ramadhan. Tapi hanya satu pintu yang kurang. Pintu hati kamu yang tak kunjung membukakan agar diriku bisa menemanimu. Aiih... sedaaap. Yang mau muntah tahan.
Bulan ramadhan kali ini, mungkin bulan Ramadhan paling sempurna untuk keluarga gue. Secara, gue dan adik gue, ketika awal-awal Ramadhan dihabiskan di pondok. Dan baru kali ini, lengkap semuanya. Alhamdulillah.
Puasa di pondok dan di rumah, punya perbedaan yang sangat signifikan untuk diri gue. Ketika gue puasa di rumah, pasti berat badan gue nambah. Itu pasti. Jadi ketika libur telah selesai, dan para santri-santri kembali ke pondok, celana bahan gue selalu kesempitan ketika gue pakai. Itu pasti. Berbeda ketika gue puasa di pondok.
Ketika itu, perpulangan pondok gue bertepatan di pertengahan bulan Ramadhan. Kalo liat badan gue, pasti lo kasihan. Liat badan gue yang kurus. Ini kurus yang versi gue. Kalo menurut orang lain sih, badan gue tetep aja subur.
SUBUUUURRR.... INI KAN GAYA KAMUUU
Yah, gue sih nggak percaya sama orang lain. Lagi pula, kan yang ngejalanin hidup kan gue, bukan mereka. Ah.. semasa bodo deh. Lagi pula, kalo gue percaya sama mereka, rukun iman gue nambah. Nggak deh, makasih. Rukun iman gue cukup enam aja.
Dan saat itu, yang menjemput gue adalah nyokap. Ketika turun dari bis, nyokap gue masih belum sadar, kalo dari tadi anaknya melambai-lambaikan tangan. Masih tetep nggak ngeh. Baru, ketika gue berdiri didepannya, baru nyokap sadar kalo yang berdiri didepannya adalah anaknya. Aah... tragis.
Bulan Ramadhan kali ini, gue lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Udah jarang jalan-jalan keluar. Kalo pun jalan keluar juga, bakalan sendirian. Kan nggak ada... ah, nggak usah di lanjutin juga. Bikin nyesek doang.

Nah, ini target gue di bulan puasa kali ini. Gue juga nggak tau siapa yang buat gambar ini, tapi beribu-ribu ucapan terimakasih, untuk dia yang membuat gambar ini. Senggaknya, kita punya target yang harus dituntaskan di bulan puasa kali ini. Puasa tahun ini, harus lebih baik lah, ketimbang bulan puasa tahun lalu. Coba kita menyendiri sebentar, mengingat betapa banyak kesalahan yang telah di perbuat. Lebih banyak menghabiskan waktu bersama temen, dan bersama hal-hal yang nggak penting lainnya, menghabiskan waktu, tenaga, dan fikiran, untuk peduli kepada orang yang salah. Serta lupa akan kewajiban kita kepadaNya.
Gue punya beberapa saran, untuk kalian di bulan puasa seperti ini. Yah, mungkin nggak terlalu bermanfaat sih, siapa tau kalian khilaf dan melakukan saran gue. Who know’s?
Jujur, diri gue pribadi, kalo misalnya menghabiskan seharian untuk baca Al-Qur’an, mungkin nggak akan kuat. Perlu beberapa refreshing, supaya otak bisa relaks, dan semangat lagi untuk baca al-qur’an.
So, check it out, guys...
1. Baca Al-Qur'an
Nah, kalo ini nggak usah gue jelasin deh. Pasti udah tau semua manfaatnya. Dan pasti tau dong, kalo pahalanya bakalan di lipat gandakan di bulan Ramadhan. Nah, yang satu ini, kudu nggak boleh dilewatin. Buka akun sosmed, bacaain TL mantan aja kuat, masa baca Al-Quran aja nggak mampu?
2. Nonton film
Di tahun ini, banyak banget film-film keren yang harus di tonton. Kalo nggak bisa nonton di bioskop, ya bisalah download di internet. Salah satu mood booster gue, ya nonton film ini. Biasanya setelah gue nonton film, gue jadi semangat lagi. Apalagi yang gue tonton siksa alam kubur.
Gue punya beberapa film rekomendasi yang mungkin kalian suka. Beberapa film barat dan Indonesia. Sedangkan film korea, gue nggak punya rekomendasi untuk kalian, karena gue sendiri nggak suka sama film begituan. Jujur, gue paling males sama film korea. Tapi kalo terpaksa sih... apa daya.
Dan ini listnya:
·         The Raid 2
·         Luntang-lantung
·         Marmut merah jambu
·         Transformer 4
·         The Amazing Spiderman 2
·         Wolvrine
·         Man of steel
3. Baca buku
Buku yang gue maksud disini adalah buku novel, komik ataupun sejenisnya. Gue nggak menyarankan kalian baca buku Fisika atau Kimia, karena hanya bikin perut kalian laper. Pengalaman gue baca buku seperti itu, sepuluh menit kemudian lapar. Yah, otak gue kalo terlalu lama dibuat mikir jadi laper sih.
Dan ini beberapa buku yang saat ini gue baca

4. Blogging
Nah, ini bagi kalian yang memang punya blog. Waktu puasa gini paling enak untuk otak-atik blog. Mulai dari bikin target posting tulisan di bulan Ramadhan, sampai ganti template. Di bulan-bulan kemarin, gue nggak aktif di blog, karena memang ada kesibukkan di dunia nyata. Jadi, bulan ini sebagai ajang pembalas dendam gue, untuk menulis di blog. Gue menargetkan, untuk posting lima tulisan di Ramadhan ini. Bagaimana dengan kalian?
Template blog juga baru gue benahin kemarin. Bersyukur, karena temen gue yang baik membantu gue. Lebih tepatnya sih, gue dikasih template sama dia. Baik banget memang. Semoga orangnya makin cakeep deh. Hahah
Hal-hal ini hanya berlaku ketika gue liburan. dan nggak akan pernah mungkin gue lakukan di pondok, kecuali baca Al-Qur'an. Mungkin hanya saran-saran ini yang bisa gue berikan. Kalo ada yang mau nambahin saran, bisa tulis di kotak komentar yak. Byee...

31 comments:

  1. cie yang udah pulang, gue juga suka nunggu buka pake cara di atas. apalagi yang blogging dan nonton film download-an (sukanya gratisan) hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah iya nih

      nah, itu gue banget. kok kita samaan gini yak. jodoh mungkin *eeh

      Delete
  2. Gue paling seneng nongkrong di depan laptop, waktu jadi nggak berasa kalo udah di depan laptop. :3

    ReplyDelete
  3. Bener bangeett puasa jadi gak berasa kalo udah menghabiskan waktu dgn hal-hal yg kita sukai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, thats the point. tapi harus yang positif

      Delete
  4. Yuk kita tambah amalan kita di bulan puasa...

    ReplyDelete
  5. bener bener... dari pada waktunya nggak kepakai karena katanya kan dibuang buang tuh, kasiin vina aja waktunya *lah :3

    bulan puasa bulan penuh berkah, jadi kerjain hal yang bisa berkah juga,, biar makin berkah berkah dan berkah..

    selamat berpuasa, semoga berkah ya :) aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasyaaah -,,-

      nah, setujuh tuh sama yang itu.
      amiin. kmu juga ya, say *eeh

      Delete
  6. Haha, lama banget gak kesini, banyakbanget yang berubah ternyata.

    Semuanya udah pernah gue lakuin pas puasa, cuma yang bca al-quran itu yang udah jarang banget beberapa tahun ini. Padahal udah janji mau baca al-quran tapi pas mau baca jadi males, mungkin niatnya gue yang kurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah, iya bang. udah lama bangettt.

      nah itu dia, bang. perbarui niat. sama'' sih, gue juga sering khilafnya

      Delete
  7. Semuanya udah gue lakuin kok, tapi yang paling seru sih emang nonton film dibioskop sama orang terdekat alias gebetan, eh boleh gak sih bulan puasa? #ciegitu

    ReplyDelete
  8. Hmm, tipsnya bagus...

    Templatenya bagus juga, tapi sayang agak berat dikit.. mungkin koneksi gue yang lagi lemot ya ?

    ReplyDelete
  9. wuidihhh keren templatenya. tapi font size yg buat komentar ini nggak terlalu small ya?

    kok tidur nggak masuk list kegiatan di bulan ramadhan ? padahal itu wajib banget loh wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, yam. ntar gue otak-atik lagi deh.

      haha, iya lupa gue yam

      Delete
  10. Tips bagus untuk mengisi ramadhan. Otak terus dibikin giat plus jangan lupa sedikit gerak. Lebih baik baca Quran, baca-baca, nonton daripada bengong atau tidur. Baru tahu kalau santri juga bisa jenuh dengan rutinitas di pondok. Baguslah bisa pulang rumah, bisa nambah berat lagi alias isi ulang agar tak kekeringan, hehe.
    Bukunya gak disebutun karya siapa dan terbitan mana. Gak ada modus promo, ya? Padahal jadi kepo.
    Soal template blog ini, hurufnya dibikin dalam font besaran agar nyaman dibaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, bener banget. padahal kebanyakan tidurnya.

      nah itu dia, mbak. perbaikan gizi. ga ada promo, mbak. heheh
      oh,, okee deh, mbak. ntar coba d otak atik

      Delete
  11. Kamu lagi rajin nulis kayaknya nih. Bagus bagus, konsisten ya.

    Eh aku setuju banget loh kalo di rumah pasti badan melar lagi. Pipi ikut menggembung. Pas pulang ke Bandung dibilang gendutan sama pacar. *eh maaf, gak bermaksud menyakiti* hahaha

    Waaahhh setuju banget sama semua tipsnya. Bener kok. Sehari aku bisa ngelakuin itu barengan. Waktunya diatur juga sih. 2 dari list film kamu udah aku tonton, yang MMJ sama Amazing Spiderman 2. Itu keren banget. The raid 2 nggak mau nonton sih. Yang lainnya belum, mungkin donlot aja deh.

    Waaahhh itu Love Lock buku yang masuk listku bulan ini tapi belum kesampean beli. Gimana Zi? Seru nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, heheh

      okeh, IM FINEEE

      sama dong, gue juga lebih milih nonton dirumah sih
      belum dibaca nih. heheh

      Delete
  12. Di pondok itu enak gak sih??

    Tipsnya bagus. Tapi, kalo yang gue suka Baca Al-Qur'an, Baca Buku, sama Blogging. Udah itu aja. Kalo nonton film, males ke bioskop karena gak ada duit sama karena sendi.. ah sudahlah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung segi pandangnya juga sih. hee

      gue jgua nnton di rumah. filmnya boleh download. haha

      Delete
  13. Weh long time no see nih bang zi, udah lama balik dari kediri ya? Yah bakal susah kalo mau kopdar lagi dong..

    Tapi iya ada benernya juga sih, kalo mau baca quran seharian gak bakal kuat, ada kalanya kita butuh refreshing.. ya bisa lah, mainin ujung-ujung sarung, diplintir-plintir, terus dijilat, lumayan bisa nambahin mood baca quran *eh..

    Temanya bagus, fresh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oii, hud. iya nih, udah balik ke jakarta gue. hahah. iya kapan'' deh, kopdaran lagi.

      nah, bener kan. tapi ga gitu juga, hud-,,,-

      makasih :)

      Delete
  14. Mad, yang poster itu apaan kagak keliatan nggak bisa bacaaa...tapi Mad, bagus tipsnyah!! aku udah ngelakuin semuanya termasuk yang nonton film. Cuman, aku nontonnya film Korea, hahaha....dan nontonnya nggak pas puasa sih tapi abis taraweh sambil leyeh leyeh buat film pengantar tidurrr...kalo puasa tapi liat film Korea tuh agak gimanaaaa gitu, behehehe. bagus Mad. Semoga di tahun ini keberkahan bulan Ramadhan jatah kita semakin dignifican naik dari tahun sebelumnya ya..Aaamiiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih ga keliatan??

      gue anti nonton korea. ceritanya begitu'' doang. tapi kalo dipaksa sama orang lain, ga nolak juga sih.
      amiin

      Delete
  15. Nonton tv, dengarin lagu, nonton video, cari referensi, dll. Banyak banget sih hal positif yg banyak didapat. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidur juga dapat membuat badan lebih seger. buktinya, gue tiap siang tidur, malemnya pasti seger

      Delete
  16. Walaupun gua ga merayakan Ramadhan, tapi kayaknya target no 2 sampai 4 itu juga harus gua lakukan deh, Saking sibuknya menuntut ilmu, udah lama ga ada waktu untuk nonton film, baca buku, atau nulis blog...

    ReplyDelete

Eettt..... Mau kemana?
Komen dulu dong okeee :))