iPad Air 4 Sebagai Pengganti Laptop

 iPad sebagai pengganti laptop apakah bisa?


Berikut ini adalah pengalaman saya menggunakan iPad, yang saat ini saya gunakan adalah iPad Air 4, sebagai pengganti laptop yang sudah hampir berjalan selama satu tahun.


Kebutuhan saya sebagai mahasiswa dan menggunakan produk dari Apple ini sebenarnya tidak sesuai seperti yang saya harapkan. Tapi, bukan berarti tidak bisa digunakan sama sekali.


iPad yang digunakan sebagai pengganti laptop ini masih berfungsi dengan baik. Terlebih lagi dengan bobot nya yang jauh lebih ringan, pengalaman menggunakan produk Apple ini sejujur nya terasa menyenangkan. Jauh merasa lebih baik ketika menggunakan iPad sebagai pengganti laptop, dibandingkan menggunakan laptop secara langsung.


iPad Pengganti Laptop

Untuk mengetik bahasa Arab, karena saya sedang belajar di Timur Tengah, masih bisa dilibas dengan lancar. Dan juga, untuk kebutuhan saya mencatat materi yang ada di perkuliahan, saya lebih nyaman menggunakan iPad Air ini.


iPad sebagai pengganti laptop dengan mempunyai bobot yang ringan biasa saya bawa saat ke kampus. Dengan hanya ada iPad serta buku pelajaran, tas yang saya bawa menjadi lebih ringan sehingga saya bisa membawa air putih serta beberapa camilan dari rumah.


Tidak semua mahasiswa yang mempunyai kesempatan berkuliah di luar negri itu mempunyai uang yang banyak. Contoh nya, ya saya ini. Kalau kamu mau berdonasi, bisa di Saweria Mahasantri.


Karena saya menggunakan iPad sebagai pengganti laptop dan juga sebagai alat untuk mencatat pelajaran kampus, hal ini membuat saya bisa membaca ulang pelajaran sambil rebahan.


Kelebihan iPad sebagai pengganti laptop


Pengganti buku tulis

Selain digunakan untuk kebutuhan belajar di kampus, iPad menjadi sarana saya untuk memulai kebiasaan yang baru yaitu membuat jurnal. Sebelumnya saya lumayan sering membuat jurnal saat menggunakan buku tulis. Tapi, karena batasan buku tulis yang bisa habis, dan akan susah untuk dibawa kemana-mana, iPad bisa menggantikan peran tersebut.


Selain membuat jurnal, hobi saya dalam menggambar saat masih kecil pun, bisa tersalurkan menggunakan iPad ini. Meskipun memang harus beradaptasi dari menggambar dengan kertas, dan sekarang harus menggambar di atas layar.


Membaca buku

Dengan layar iPad yang jauh lebih lebar, saya merasa lebih produktif dalam hal membaca. Entah itu dengan membaca pelajaran yang telah saya tulis ketika di kelas. Atau pun membaca buku digital.


Apalagi saat ini saya sedang sering membaca komik. Sehingga pengalaman membaca menggunakan iPad terasa lebih menyenangkan.


Mengedit foto

Selain menulis, saya memiliki hobi lain yaitu fotografi. Berhubung iPad merupakan produk Apple yang pertama kali saya cicipi, kualitas warna yang dihasilkan rasanya berbeda ketika saya menggunakan smartphone Android yang biasa saya gunakan.


iPad  Sebagai Pengganti Laptop

Bukan hanya warna saja, work flow menggunakan iPad untuk mengedit foto pun lebih terasa enak. Karena bisa lebih detail lagi dalam mengedit foto yang sedang saya kerjakan.


Baca Juga: Hunting Foto di Blok M

Bermain game

iPad  Sebagai Pengganti Laptop


Sama seperti mahasiswa lain nya, saya pun juga suka bermain game. Dan berhubung sekarang ini banyak game seru yang bisa dimainkan di smartphone, iPad merupakan gadget yang enak untuk digunakan.


Memiliki layar yang lebih lebar, kapasitas baterai yang lebih banyak, serta menggunakan prosesor yang setara seperti iPhone 12, seperti nya dengan alasan tersebut pasti akan lebih memilih menggunakan iPad sebagai gadget untuk bermain game.


Menonton film

Nikmat nya menggunakan iPad sebagai pengganti laptop adalah pengalaman dalam menonton film. Saat menggunakan smartphone berasa kekecilan karena ukuran layar nya. Sedangkan menggunakan iPad jauh lebih enak. 


Selain karena ukuran nya, iPad lebih flexible saat digunakan untuk menonton.



**


Setelah saya menjabarkan pengalaman yang enak saat menggunakan iPad, sekarang saya akan memberikan hal yang kurang ketika menggunakan iPad sebagai pengganti laptop.


Kekurangan iPad sebagai pengganti laptop


Manajemen file

Tidak seperti Android yang biasa saya gunakan. Manajemen file di iPad terasa lebih rumit, apalagi ketika sesimple melihat file yang telah di download.


Mungkin hal ini disebabkan oleh faktor saya yang pertama kali menggunakan produk milik Apple, yaitu iPad, sehingga hal seperti ini harus disesuaikan serta dibiasakan.


Microsoft Excel

Untuk saya sendiri, menggunakan aplikasi berupa Microsoft Excel di iPad tidak seluasa saat menggunakan Microsoft Excel di laptop maupun pc.


Karena beberapa fitur yang ada, tidak tersedia di dalam iPad. Jadi, jika kamu yang sering berkutat dengan Microsoft Excel, hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk digunakan.


Fitur Extension di Google Chrome

Sebenarnya hal ini sepele, tapi karena sebelum nya saya menggunakan pc dan dimudahkan dengan adanya Fitur Extension di Google Chrome, hal ini terkadang menyulitkan saya ketika menggunakan Google Chrome.


Tapi, lagi-lagi di setiap pengalaman orang memakai iPad akan berbeda-beda.


Lalu, apakah kamu punya pengalaman saat menggunakan iPad sebagai pengganti laptop?



Post a Comment

0 Comments