Makanan Sesuai Untuk Diet Saat Cutting Dan Bulking

 Makanan sesuai untuk diet tiap orang, akan berbeda dalam setiap individu nya. Kali ini saya akan membagikan pengalaman ketika saya sedang Cutting dan juga Bulking.


Menurut KBBI, pengertian Diet adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan dan sebagainya (biasanya atas petunjuk dokter). Jadi jika kita merajuk pengertian Diet dari KBBI, tujuan kita melakukan diet adalah untuk memiliki badan yang ideal.


Dari pengalaman saya sendiri setelah rutin olahraga angkat beban, pola makan yang saya lakukan pun juga selalu berubah. Ada kala nya saya memakan porsi makanan lebih banyak dari batas kalori harian selama tiga bulan. Dan di waktu yang lain, saya memakan di bawah jumlah kalori harian selama tiga bulan.


Tujuan saya melakukan hal tersebut, agar supaya massa otot yang dimiliki menjadi lebih baik dibandingkan dengan awal-awal ketika saya memulai untuk nge-gym.


Diet Saat Cutting

Diet cutting dan bulking

Semasa jangka waktu ini, makanan yang sesuai untuk diet adalah mengurangi jumlah makanan di bawah batas kalori harian yang saya miliki.


Biasanya saya akan menerapkan untuk melakukan Inttermitent Fasting atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan Diet ala Dedy Corbuzier.


Makanan yang sesuai untuk diet saya ketika cutting akan dibagi menjadi tiga bagian.


Pagi

Di pagi hari saya hanya akan mengkonsumsi kopi hitam, biasanya adalah Ice Americano. Jadi segala pekerjaan yang biasa dilakukan, akan saya kerjakan dengan kondisi perut belum terisi makanan. Dan biasanya, setelah satu jam meminum Ice Americano, saya pergi ke gym untuk olahraga.


Baca juga: Cara Untuk Memulai Pola Hidup Sehat


Tapi, bisa jadi hal ini akan tidak cocok di kamu. Terlebih lagi jika kamu memiliki masalah dengan asam lambung.


Siang

Direntang jam 12 sampai 2 siang, saya akan memulai makanan pertama. Dan tentu saja yang akan saya pilih adalah nasi putih sebagai karbohidrat nya, dan memilih jumlah protein yang banyak. Saat melakukan Diet, mengkonsumsi protein sangat penting. Karena selain membuat diri kita kenyang lebih lama, protein juga mempunyai andil besar untuk me-recovery otot yang kita latih saat berolahraga.


Malam

Saat jam 8 malam menjadi waktu terakhir untuk saya bisa memakan berbagai makanan. Karena prinsip dari Intermittent Fasting atau pun Diet ala Dedy Corbuzier adalah mengatur jendela makan. Dan yang biasanya saya gunakan adalah jendela makan dengan waktu selama 6 jam.


**


Diet Saat Bulking

Diet saat cutting dan bulking

Makanan sesuai untuk diet ketika semasa bulking jauh terasa lebih menyenangkan.


Tujuan dari melakukan bulking agar supaya massa otot yang dimiliki menjadi lebih banyak dibandingkan sebelumnya.


Baca juga: Cara Mudah Membentuk Otot


Contoh yang mudah adalah ketika saya memiliki berat badan 105 kg saat 4 tahun lalu, perut saya akan terlihat sangat buncit sekali. Tentu saja tidak nyaman ketika memakai kaus, dan merasa kurang percaya diri ketika berjalan di tempat ramai atau saat bertemu dengan teman.


Berbeda dengan sekarang ketika saya memiliki berat badan 105 kg. Perut saya akan masih terlihat rata, dan juga otot yang saya miliki justru menjadi lebih enak dilihat.


Makanan yang sesuai untuk diet ketika bulking memang lebih banyak yang bisa dikonsumsi. Tapi, bukan berarti saat saya melakukan diet saat cutting menjadi tersiksa.


Rumus yang terpenting dari makanan yang sesuai untuk diet bulking adalah memakan melebihi batas kalori harian. Dan makanan ketika melakukan diet cutting adalah dibawah batas kalori harian.


Hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menambah porsi makan dan jam makan. Jika saat diet cutting hanya makan tiga kali, di saat bulking biasa nya saya akan makan 5-6 kali dalam sehari.


Semoga membantu ya

Post a Comment

0 Comments