Thursday, 19 July 2018

Fitur smartphone yang menyebalkan


Selain komputer, serta beberapa buku-buku yang gue miliki disini, smartphone adalah benda penting serta berharga buat diri gue. Selain karena memang belinya menggunakan hasil uang tabungan yang gue miliki, terasa hampa aja gitu kalau hari-hari gue enggak bisa digunakan untuk stalking insta stories mantan.
Saat ini smartphone yang gue gunakan adalah Samsung Galaxy Note 4, dan masih bisa digunakan dengan baik sampai saat ini, di tahun ketiga. Foto-foto gue di Instagram pun juga sering menggunakan hasil kamera dari hape ini. Cek aja coba, abis itu di follow yak. Meskipun beberapa kali sering lag atau tiba-tiba mati sendiri, gue masih bisa memaklumi hal itu. Tapi sering kali yang gue dengar adalah smartphone dengan operasi sistem berbasis Android itu jelek, jika dibandingkan dengan iOS.
Ah, semasa bodo amat lah. Kalau pun gue ada uang, lebih baik gue membeli lensa 23mm f1.8 beserta kameranya, ketimbang membeli smartphone. Toh hape yang sekarang ini masih baik-baik saja. Kegunaannya untuk bermain game serta memantau kegiatan mantan, berlangsung dengan lancar.
https://tenor.com
Tapi dari sekian banyak aplikasi maupun sistem yang dimiliki oleh smartphone, gue masih enggak paham dengan sistem bawaan smartphone yang bernama talk back. Yang gue tahu dari aplikasi itu hanya membuat pemilik hape menjadi panik dan juga cemas. Apalagi kalau kondisinya sedang dalam suatu meeting yang bersifat formal. Diliatin oleh setiap pasang mata dalam satu ruangan, duh... jangan sampai kejadian di gue aja deh. Malu banget pasti.
Bagi yang belum tau apa itu talk back, sebaiknya kalian mengaktifkannya terlebih dahulu. Kalau sudah aktif, jangan panik sendiri. Nanti gue temenin. Biar barengan :(
Kejadian ini juga dialami oleh temen rumah gue. Dia yang terkenal dengan paling tua diantara temen rumah gue yang lain, serta terkenal dengan paling kalem, tiba-tiba datang ke kamar gue dengan suara aneh yang keluar dari hapenya.
“Eh eh mat, ini gimana dah matiinnya. Bunyi-bunyi kayak gini terus”
Dengan kesotoyan yang gue miliki, gue ambil hapenya sambil berkata,
“Gampang ini mah. Liatin gue nih biar lu tau”
“Hmmm hmmmm hmmm hmm”
“....”
“Lu kalo nyanyi kayak Nisa Syaban lagi, gue tebalikin nih meja komputer lu”
“Mendingan kita liat tutorial dari Youtube aja deh, gue lupa caranya. Ehe”
Dengan sigap, ditambah rasa takut akan rusaknya meja komputer, gue menyalakan komputer. Tapi kita sama-sama enggak tahu dengan kata kuncinya.
“Ini keywordnya apaan dah ya”
“Sini, biar gue aja”
“Lu mau tulis apaan emang?”
“Ya bukan itu juga keywordnya, gembel. Masa keywordnya, ‘cara mematikan hape yang ngomong sendiri’ aneh lu”
“Nyoh liat, nyoh... bener kan gue. Sini hape gue”
“Hmmm hmmm hmmm”
**
Ternyata selain bikin panik, sistem talk back ini membuat pemilik hape naik darah. Keren ya.

17 comments:

  1. Gue ada juag nih aplikasinya di hape Samsung Galaxy J. Gak tahu fungsinya apaaan, yaudah gak usah pake aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain dong. kan biar ngamuk kayak temen gue jadinya nanti
      ehe

      Delete
  2. Saya tidak pake talkback. *lalu digampar oji

    ReplyDelete
  3. Baru tahu soal fitur talk back. Apa aktifnya otomatis atau harus diaktifin? Kalau harus diaktifin masih bisa ada opsi untuk menonaktifkan? Atau tetap sulit dinonaktifin? Yah, klalau gitu, jika lagi ngoceh sendiri tinggal matiin ponsel. Bisa?
    Soal ponsel lag, saya juga tak paham napa Amnromax Prime suka gitu. Kirain cuma saya satu-satunya doang. Atau memang semua ponsel berbasis android gitu? Mati sendiri.
    Kalau ada aplikasi yang tak dimanfaatin atau cuma mengganggu, yang harus disalahin produsennya, 'kali. Maksain gitu. He he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya rangorang yang menyalakan talk back ini karena emang engga sengaja deh.
      katanya sih klo iphone jarang, bahkan hampir ga pernah. katanya.
      ga pernah nyobain juga sih

      Delete
  4. Memang betul sih, Mas. Banyak apk yang gak tau fungsinya apa, tapi ada..he Dan apk talk back ini aku baru denger lho, atau memang akunya ketinggalan. Dan jadinya belum pernah aktifin deh dan sepertinya gak juga sih, cukup tahu aja dari sini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo fitur ini enggak perlu sampe di install juga kok. ada di settingan, di aksesibilitas itu.
      cobain aja. biar greget

      Delete
  5. Asssuu, kirain bakal dijelasin itu tlak back apaan. Hmmm mmmm mmm udah seriius bacanya.

    Lucu, joke nya dapet, keren cuy. Cuma terlalu singat buat pembaca yg benar2 tertarik.

    ReplyDelete
  6. Hapeku aja, setelah dua tahun baru tahu ada fitur rekam layarnya. Hmm. Dunia sungguh sempit.

    ReplyDelete
  7. Gak pernah pake samsung android mas. Jadi gue gak tau aplikasi itu. Tapi sepertinya gak ada faedahnya dah aplikasi itu. wkwkwwk

    ReplyDelete
  8. Hm... setelah membaca ini saya jadi makin penasaran dengan fitur yang satu ini. Kan.. saya jadi kepo tapi saya takut kalau tiba-tiba pas ujian bunyi gak jelas hpku. Kan gak seru pada lagi panik ngerjain soal malah bunyi ._.

    ReplyDelete
  9. Fitur macam apa itu kok aku baru tau hhmmm hmmm

    ReplyDelete

Eettt..... Mau kemana?
Komen dulu dong okeee :))