Saturday, 22 July 2017

Duhai kuota internet...

Sudah sebulan gue liburan. Sebulan, gue nggak mendengar teriakan ammu penjual es tebu yang menyuruh untuk mampir di kedainya, ataupun teriakan ammu supir angkot yang menyuruh gue untuk memasuki kendaraannya. Kalau gue piker-pikir lagi, ternyata orang sana memang senang menyuruh-nyuruh ya. Tetangga, bukan. Mertua, bukan. Sembarangan aja nyuruh-nyuruh. Tapi kenapa gue nurut-nurut aja ya(?)
Tapi ada satu hal dari Mesir yang membuat gue ingin kembali kesana. Makanan? Tentu makanan disini jauh lebih enak di lidah gue. Pacar? Kayaknya nggak usah kita bahas tentang itu ya. Laa astahiq ana pek, huhuhu. Ammu-ammu yang gue sebut tadi? Oh tentu saja bukan. Pelajaran? Iya, tapi yang gue bahas bukan itu. Yang gue ingin bahas adalah betapa mahal dan ribetnya paketan internet di Indonesia.
http://downloadlogovektorgratis.blogspot.co.id

Ketika masa-masa UAS di kampus kemarin, gue sempet baca berita tentang dibajaknya situs proveider Indonesia. Tulisannya lucu, tapi menurut gue agak berlebihan. Tapi setelah gue merasakannya sendiri, gue setuju sama tulisan si hackernya. Kalau gue kenal sama hacker nya, gue peluk deh tuh. Mahal atau enggak, mungkin itu berbeda-beda untuk setiap orang. Tapi yang enggak gue mengerti, kenapa ribet banget sih paketan internetnya.
Kemarin, gue memilih untuk menggunakan provider telpon sejuta umat. Provider telpon yang mempunyai menara BTS banyak. Provider telpon yang juga digunakan oleh kedua orangtua gue. Jadi nggak perlu takut mahal kalau nelpon orangtua karena masih satu provider. Tau kan? Enggak tau? Yang warna merah itu loh. Udah tau kan? Udah? Nah iya itu.
Awalnya gue paketan yang 4GB, bonus 4GB untuk 4g. Seharusnya paketan itu habis untuk sebulan, tapi hanya perlu 3 hari, gue bisa menghabiskan kuota itu. Aneh? Enggak kan? Iya engga aneh sih, gue nya aja yang terlalu boros. Keseringan stalking cewe taksiran di Instagram.  
Setelah gue cari-cari lagi, ternyata ada paketan yang menyediakan kuota 45GB. Tapi sama seperti yang gue bahas diatas. Ribet! 45GB itu ternyata dibagi-bagi. 5GB untuk 3g, kemudian 10GB untuk 4g. kalau enggak salah. Engga tau kenapa, kok sepertinya 4g lebih mulia ketimbang 3g ya. Terus bagaimana nasib orang yang mempunyai hape, tetapi belum bisa 4g-an? Kenapa ribet kayak gitu ya. Apa itu hanya perasaan gue saja? Belum lagi ada sekian GB untuk tengah malam. Iya, kuota paling banyak ya ketika tengah malam itu.  Baru kali ini gue niat begadang, supaya bisa merasakan kuota internet. Hina banget. Bukannya digunakan untuk tidur, kemudian bangun di sepertiga malam untuk sholat tahajud, ini malah internetan. Goblok.
Dari 45GB itu ada juga kuota internet yang bisa di gunakan untuk streaming film. Padahal gue lebih sering nonton Youtube. Lebih sering nonton tutorial instalasi game di komputer. Lebih sering nonton review hape mahal yang nggak bisa gue beli. Lebih suka nonton pemakaian hijab. Gue memang suka nonton, tapi lebih baik kuota internetnya bukan digunakan untuk hal itu. Yang lebih berguna mungkin. Kuota internetnya dialihkan ke aplikasi Instagram, supaya gue bisa lebih leluasa stalking cewe taksiran gue. 
Kayaknya lebih engga berguna ya?
http://rhinetex.com

Dan gue baru tau juga, ternyata kuota yang gue biasa beli itu, engga bisa dibeli sama temen gue. Padahal kartunya sama. Katanya, karena kartu gue itu baru, makanya bisa menggunakan paketan tersebut.
Di Mesir nggak seribet itu. Dari yang gue rasakan. Kalau dapet jatah kuota 12GB, dipakai kapan pun bisa kok. Mau 3g, 4g, bisa. Jadi enggak ada alasan begadang supaya bisa menggunakan jatah kuota internet tengah malam.
**
Sesampainya di Jakarta, gue sudah engga punya minat lagi untuk main Mobile Legend. Padahal game ini yang bisa mengalihkan perhatian gue dari stalking cewe taksiran di Instagramnya. Tapi ketika disini, semua berubah. Sinyal yang muncul di layar hape gue, kuat. Bar-nya penuh. Tulisannya 4g. Tapi kenyataannya malah berbeda. Permainan yang seharusnya saling menghancurkan tower musuh ini berakhir dengan jagoan gue yang lari di tempat, kemudian tiba-tiba sudah mati. Wasu! Kalau terus-terusan main game ini, gue takut kena darah tinggi deh. Bukan asik nyerang tower musuh, malah asik teriak-teriak sendiri sambil banting hape.
http://www.mobandroid.web.id
Yaaah…
Yaudahlah ya. Ini mungkin hanya secuil hal yang engga gue suka ketika berada di Indonesia, tapi masih buanyak kok hal-hal yang bisa gue nikmati dari negri ini. Engga guna juga karena satu hal kecil ini bisa merusak mood diri gue seharian, lebih baik fokus untuk menikmati berbagai hal-hal menyenangkan yang engga ada di Mesir. Bener kan?  
Kayak misalnya, ketemu dengan cewe yang gue taksir itu.
Siapa tau bisa.

Sapa tau.  
Amin.

19 comments:

  1. NGAHAHAHA
    Welcome back in Indonesia, dimana kuota internet dibagi-bagi 2,5% nya adalah hal anak yatim dan fakir miskin. wkwkwkw

    ReplyDelete
  2. ikut paytren biar bisa isi kuota sendiri dan bisa jual ke orang. wkwkwk blh juga tuh buat sedekah... kwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang benran bisa ya? gue malah baru tau. hahah

      Delete
  3. Suka kali Kak! True story banget. Ngakak

    ReplyDelete
  4. Itulah alasan gue males pakai paket provider di kartu sebenarnya. Belum 4G hape gue. Akhirnya, gue pakai Bolt. Tapi, ya begitulah. Sama aja, ada pembatasan kuotanya. Kalau beli yang 50k bisa dipakai kapan aja itu cuma sekitar 3 GB apa. Nggak sampai sebulan pasti habis kalau Youtube. Mau nggak mau gue kudu hemat, cuma browsing secukupnya, Twitter, IG, dan ngeblog aja. Malah selalu sisa. :D

    Jadi sampai kapan nih di Indonesia? Kapan mau ngasih pembatas buku? *malah itu yang diinget anjir Yoga* XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya uy. gue yang udah dapet 8gb aja masih bisa abis seminggu doang. ini mah emang guenya yg harus hemat sih

      Delete
  5. AKHIRNYAAAA....

    AKHIRHNYA LU NGERASAIN GIMANA MENDERITANYA PAKETAN INTERNET DI INDONESIAAAAA...

    Makanya lu jangan suka ngehina gue pas telfonan trus signalnya bapuk. Karma kan lu!!

    Gue juga sama kasusnya tuh. Gak bisa ngaktifin paket yang sama kayak elu karena kartu gue lama. Huft banget emang.

    Cewek taksiran? GUE NIH PASTI.

    ReplyDelete
  6. Knp fauzi nonton tutorial pemakaian hijab? Fakta ini lbh mbingungkan drpd soal provider itu :D. Sudahlah, udah betul bgitu, nikmati aja Indonesia yg begini aneh apa adanya. Dan g usah begadang demi kuota, bangun utk tahajud udah betoooll ituuu. Drpd jengkel, Gadget nya kesiniin aja ke saya ya... Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu mah kan kadang aja, teh
      ehe he he

      siaappp. emang ga guna sih begadang klo ga ada kepentingannya

      Delete
  7. baru tahu ya mas wkwkwkwkw. kalau aku sih udah terbiasa, namanya kita yang butuh kuota, meskipun dibagi-bagi gak masalah asalkan cinta si dia gak dibagi-bagi wkwkwkwk

    tapi harga kuota di Mesir 1 GB berapa mas? jadi penasaran nih kalau dirupiahin jadi berapa?

    Semoga layanan perkuotaan di Indonesia nantinya bisa lebih baik daari sekarang, dan bonusnya bisa dipakai 24 jam, gak cuma jam tengah malam aja.

    katanya begadang gak bagus buat kesehatan, lha ini bonus kuota malah nyuruh kita buat begadang, aku jadi bingung nih hahah malah curhat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sumpah. gue beneran baru tau.
      amiiiin, smoga kuota tengah malam itu udahan binalnya. dan insaf. biar bisa dipakai kapan aja, jgan tengah malem doan

      Delete
  8. itu di Jakarta lho, bayangkan kalau di kampung aku...mlipir dikit ke Bekasi aja sinyal hilang timbul

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh bekasi kan termasuk kota kali, na. masa ga ada sinyal.
      sama kayak gue dong :(

      Delete
  9. wah masih libur ini ternyata ya..kayaknya liburnya agak lamaan gitu...tapi emang ya gitu...ribet kalau mau daftar kuota. kalau gue sih bukan apke yang merah, tapi yang kuning..kalau buat tab yang providernya kayak nama angka itu..lumayan sih dia di jakarta cepet dan ga begitu mahal..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. liburan musim panas, kebanyakan pada lama semua kok

      emang. ternyata seribet itu uy kuota internet disini

      Delete

  10. Gpp paket dibagi-bagi, yang penting hatinya engga #eeeaaa


    Ji,


    KETEMUANNNNNN WOYYY ELAHHHHH TOMAT SOMBONG AMAT AIHHH...

    ReplyDelete
  11. ehehe, aku juga pernah pake kartu yg lo ceritain.. dan emang bener sih ribet banget, dibagi2. tulisannya sih 4gb tapi nyatanya masih dibagi2 nggak jelas.. emang sih sinyalnya bagus banget tapi kalo dibagi2 gitu jadinya ada kuota yang gak kepake..dan gampang cepet habis..btw itu serangga aku kira serangga beneran, hampir aja layar komputer mau aku gaplok, oh iya ammu tuh apaan sih? aku kok gak paham yak?

    ReplyDelete

cara bersedekah paling mudah, berkomentar di Blog ane ini