Saturday, 21 November 2015

Kisah sang penyiar radio

Suka denger siaran radio?
Suka dengan musik-musik yang sering diputar dijilat lalu dicelup dari radio?
Suka sama gue?
Yakin?
Ah jadi maluk.
Geli banget, nyet. Pembukaannya.
Selasa kemarin mungkin pengalaman pertama gue menyiarkan radio. Beruntung, almamater gue menyediakan wadah radio seperti ini, sehingga gue dan teman-teman yang lain bisa menikmati fasilitas ini. Yah, hitung-hitung mencari pengalaman. Tapi nggak semua dari teman-teman gue mengikuti kegiatan seperti ini. Dari mereka juga ada yang mengikuti kegiatan menulis majalah bulanan, kajian, fotografi, dan kayaknya masih banyak sih yang lainnya.
Jadi, ketika pembagian jadwal siaran, gue diberikan tugas di hari selasa bersama makhluk bernama Anita. Namanya cantik ya? Hm... Ta... Tapi...
Gue membawakan acara yang bernama ‘Masau’ singkatan dari ‘Masih bersama Soutika’. Sebetulnya gue ingin membawakan tema lain. Ketika kumpul pembagian tugas pun,
Si pembagi jadwal(Sambal): Sekarang, ana bagi jadwalnya ya. Yang membawakan tema tentang kejadian-kejadian baru seputar Mesir, Faruq sama Nida. Tema tentang bla... bla... bla... blaa...
Gue: “Gue apa nih?”
Sambal: “Oh iya, elu tentang apaan ya?
Gue: “Lah si kambing. Gue nanya bukannya dijawab, malah dibales nanya. Minta dilempar tombak nih” kata gue dalam hati.
 Gue: “Tentang keilmuan gitu dong”
Sambal: “Jangan elu, ji”
Gue: “Bisa aja lu becandanya. Hahaha”
Sambal: “Lah, gue serius. Siapa yang bilang becanda”
Gue: “TOMBAK MANA TOMBAK... WAH EMANG MINTA DIRAJAM PAKE TOMBAK NIH SAMBEL. eh, ORANG”

Dan pada akhirnya, jadwal siaran gue jatuh di hari selasa. Dengan tema yang aduhai sekali. Tema yang tidak berkaitan dengan keilmuan, melainkan tema yang teramat santai. Misalnya, tentang meng-gibah-kan orang selama dua jam kedepan. Ataupun tentang tips-tips nggak nyambung. Yah, seperti itu. Sedih ya? ketika gue tanya, alasan gue nggak diberikan tema yang berkaitan tentang keilmuan,
Sambal: “Jangan, ji. Gue nggak mau lu menyesatkan orang-orang lain. Cukup lah temen-temen deket elu aja ya” ucapnya. Santai. Santaaaii banget kayak lagi di pantai.
Fauzi, yang sabar ya. Harus sabar. Walaupun orangnya minta digampar. Tapi sabar ya.
Ketika selasa sore...
Kira-kira materi yang gue siapkan ketika itu hanya berupa tips-tips sesat menghadapi musim dingin, dan tentang bulan November gembira. Karena di bulan ini, banyak banget yang ulang tahun. Fikiran gue ketika itu, ‘Ah cukup lah ini. Nanti kan ditambah sama materinya si Anita’. Begitu gue Whatsapp Anita,
Gue: “Posisi?”
Anita: “Di lapangan. Masih ada lomba nih, ka” padahal umurnya lebih tua dari gue.
Gue: “Ok. Eh, udah ada materi?”
Anita: “Belom, ka. Kaka sendiri?”
Gue: “Hahah. Sama gue juga belom” padahal gue mau nangis.
Gue: “LAH SI POKEMON!!! TERUS KALO GINI, MAU NGOMONG APAAN PAS SIARAAAN NANTI BANCAAATTT!!!” teriak gue dalam hati.

Satu jam belum ada tanda-tanda kedatangan Anita. Si Sambal tadi pun juga belum datang. Si Sambal memang hampir setiap hari datang untuk membimbing para junior-junior yang baru masuk.Tepat sepuluh menit sebelum siaran, mereka berdua datang. Kompak. Keringat segar masih mengalir dari dahi mereka berdua, mereka memang peserta lomba. Tapi, gue juga keringatan juga sih. Keringat karena belum makan, dan ditambah partner gue nggak punya persiapan apa-apa.
Anita: “Ka, gue grogi nih”
Gue: “Yaelah, santai aja kali”
*dalam hati: “LAH ELU KIRA GUE KAGA?!!”

Siaran itu akhirnya dimulai. Pembukan dibuka oleh omongan gue pertama kali, meskipun agak sesat tapi niatnya nggak mau menyesatkan orang lain kok. Seriusan deh. Kemudian Anita pun berbincang-bincang juga. Jujur, gue sama makhluk bernama Anita ini belum pernah ngobrol sama sekali, tapi disuruh untuk siaran berdua.
Anita: “Ka, lagu pembukanya ini aja. Asoy nih lagunya”
Gue: “Mana coba denger?”
*setelah mendengarkan beberapa saat*
Gue: “Nit, lagu pertamanya jangan itu ya. Lagu itu lo puter sendiri di rumah aja”

Siaran gue dibuka dengan tips sesat untuk menghadapi musim dingin. Walaupun nggak nyambung, tapi bodo amat. Yang siaran gue ini. Obrolan selanjutnya adalah Anita menyampaikan salam-salam yang masuk di Twitter dan juga di hapenya. Ada salam untuk seseorang yang sedang ulang tahun, ada juga yang salam sekaligus request lagu Gigi yang berjudul Akhirnya. Dan salam itu tertuju kepada gue. Apakah se-hina itu diri gue?
Siaran ini berakhir dengan damai dan tenang. Meskipun terjadi beberapa kali kesalahan, semoga itu terakhir kalinya. Meskipun kita kurang materi, tapi Alhamdulillah masih bisa membicarakan hal-hal yang nggak jelas dan hal-hal sesat lainnya.  Yah, minggu depan semoga bisa lebih baik. Semoga.
Bagi yang ingin mendengarkan siaran radio gue bisa dibuka http://ikpmkairo.com disitu nanti ada gambar nya kok disebelah kanan. Atau bisa juga download Tune-in di Google playstore maupun di Appstore.
**
Btw, gue rencananya ingin membuat domain. Kasian juga sih sama blog ini, hampir tiga tahun belom pernah dikasih domain ataupun mengadakan Give away sama sekali. Kalo kalian ada saran untuk nama domain gue, komen aja ya. Ekekek.


41 comments:

  1. Asik Fauzi jadi kang siaran, btw lo emang keknya gak cocok deh Zi buat berbagi keilmuan kalau lagi siaran wkwk

    afauzii.com udah bagus ko

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah thank you banget, jiz. SAMA AE LAU

      hmm.... boleh tuh. siap ditampung. thank you, om

      Delete
  2. widih bang jadi penyiar

    suara lo lebih terkenal dari muka lo bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, na.

      makasih loh. terharu gue pen nangis

      Delete
  3. Pengin juga gue siaran gitu. Pengin bikin sesat orang, pengin suara gue didengar. Halah~
    Bikin GA dong! Hadiahnya jalan-jalan ke Mesir gratis. Hehehe. (sumpah ini gatau diri)
    ontamesir.com atau fauzinah.com (Fauzi suka berbuat zinah) Beeehhh cakep itu, Zi!

    *kabur naek onta*

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgan, yog. kyaknya elu pas siaran ada omongan mesumnya. jgan ya.
      enak ya tuh kayaknya. ya boleh lah, dua abad lagi smoga bisa tercapai.

      ga ada yg bagus, njiiir. yoga kampret

      Delete
    2. Huahaha. FAUZINAH. HUAHAHAHA. Ketawa sampe mencret nih! :D

      Delete
  4. Wah jadi penyiar ni gan. :) bw gan ke blog saya Kutipan Sang Remaja

    ReplyDelete
  5. ahh dengerin ah..

    idenama domain: UjiKambing , OziOz, UjiNyali, apalagi yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengerin dong, tiap hari selasa yak... hahaha

      thank you, sarannya ga ada yg bagus yak. yawla

      Delete
  6. Replies
    1. berapa lagu? di makan disini atau dibungkus nih?

      Delete
  7. Wih keren jadi penyiar radio. Gimana perasaannya pas udah pertama kali siaran tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak geli'' jijik gitu, pas denger suara rekamannya

      Delete
  8. Aku tiap hari denger radio. Bangun tidur dan mau tidur pasti denger radioooooooooooo #gaksantai

    Kalau ide domainnya, gaktau apa. Aku serahin dan percayain aja sama kamu #lah hahaha

    ReplyDelete
  9. Catatan mahasantri. Zi, sebenatnya levek kegesrekan otak lo itu, udah sampe berapa sih? Hampir di beberapa postingan lo nyariin tombak mulu. -_- Mau jadi penombak masa lalu ya??? CIyeeee "Abaikan."

    Kok asoy gitu, jadi pembaca acara di Radio. Emang pas lo yang siaran, masih ada yang mau dengerin ji? Atau parahnya, selesai lo siaran, tempatnya ditutup. :D Sukses deh, buat siarannya. Semoga gak ada lagu cabe-cabean yang lo puter.

    Ow, ya. Gue kok penasaran sama lagu yang lo gak boleh puter sama si anita itu? Emang lagu apa zi?

    Kalo nama domain, ya yang skarang ganti jadi afauzii.com aja. Simple

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue juga ga tau, bang. emang sebenernya dulu mau jadi atlit pelempar tombak gtu

      wah telat, bang. gue malah menyesatkan mereka dengan lagu'' cabe'' an gtu. bhahahk

      gue ga tau juga judulnya, tapi asli. mendingan ga usah d denger yak, bang
      hmm.... boleh lah. dtampung. thanks bang

      Delete
  10. Bangcaat!! lu jago bangetsih bikin dialog dialog kocak kayak gitu. Nice!

    Yah gue dengerin orang siaran mah di Indonesia juga banyak, coba biar beda pas lu siarin dikasih suara suara gurun atau onta gitu. Biar kita orang Indonesia ngerasain suasana Mesirnya ahahk

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa maap. ga menyesatkan banget jg kan yak. muhuehue

      nah boleh tuh. abis siaran bakalan d tuntut gara'' bkin pendengaran mereka k ganggu kli yak.

      Delete
  11. Udah jadi penyiar radio yo.
    Nama domain pake nama yang sekarang aja udah bagus kok \o/

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiiih... siap d tampung sarannya bang onyols

      Delete
  12. kereen. dulu waktu smp gua pengeeen banget jadi penyiar radio.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk atuh, lgsg bikin radio sendiri. lgsg siaran lah.

      radio streaming gtu aja

      Delete
  13. Itu siarannya pake bahasa Indonesia? Itu stasiun radionya khusus buat mahasiswa/mahasiswi dari Indonesia ya? Itu selain titip salam, juga bisa titip doa cepat dapat jodoh gak, Zi?
    Aku gak bisa ngasih saran buat nama domain, takut ntar nama domain kamu jadi alay kayak nama akun Facebook jaman dulu, Zi. Huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkadang ada bahasa kongo juga
      bisa jadi, ca
      bisa juga, ca. tergantung pesenannya apa

      akun facebook lu kan, ca. gue ga pernah kok. anti. *asik *yakali

      Delete
  14. wih keren jadi penyiar radio... itu radio di mesir ya...
    ikpm cabang kairo... radio soutika.... keren2...
    jadi pengen tahu gmn rasanya jadi penyiar radio...
    belum pernah nyoba soalnya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain lah. siapa tau betah.

      kyaknya banyak juga deh yang bikin radio streamingan gtu. hahah

      Delete
  15. Widih siaran dia... keren tuh.. baru tau ternyata kalo siaran nyiapin materi dulu. Kira in langsung siaran berdasarkan tema aja.. hehehe..

    Sukses buat siaran kedepannya ya.. kalo buat domain bingung juga mo kasih ide apa.. semoga ada temen lain yang bisa kasi ide ya.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, seharusnya nyiapin materi. tapi gue kaga. _ _"

      amiiin.

      hahah, oke, rum

      Delete
  16. Keinginan gue banget tuk jd penyiar radio..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat!! bikin dong. nanti siaran juga, ehehe

      Delete
  17. HAHAHAA LAGU ITU LO PUTER SENDIRI DI RUMAH AJA. NGAKAK GUEEEE. TOLOONG !

    Widihh nyiar euy. Keren. Bahas tentang November gembira, asoooyy.
    Gue setuju sama si Sambalado. Jangan elu kalo bahas tentang keilmuan Ji. Bahaya. Bisa rusak moral bangsa seluruh dunia.

    Ngasi saran nama domain yaa? hmm gimana kalo AfauziiYhangcLaludiCakitioLechdiRinyAh.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini'' gue tolong, lan. kacian amat sih elah nih jomlo

      EMANG KAMBING!! KAGAK ADA BEDANYA

      ga, lan. makasih. mata gue perih baca tulisan lu

      Delete
  18. postingannya bagus :D
    mampir juga ya kak di blog aku ekienglandmuse.blogspot.co.id
    salam kenal
    followback ya blognya :)
    makasiiii

    ReplyDelete
  19. YA AMPUN GUE KALO JADI PENDENGAR RADIONYA WAKTU ITU PASTI LANGSUNG BERUBAH MENUJU KE JALAN YANG SESAT. WONG PENYIARNYA KAYAK PIKOLO GINI SAOLOH..
    Eh itu Anita beneran manggil lu kakak? BHAHK. Harusnya opa yah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue gampar nih. brantem ae sini lu

      AUK AMAT.

      Delete
  20. Wah keren, gua sampai sekarang pengen banget jadi penyiar radio.
    Tapi kayanya kalau jadi penyiar radio lebih seru ngasih yang sesat-sesat deh, soalnya kalau yang bener itu berita. lancar ka untuk siaran selanjutnyaaa..

    ReplyDelete
  21. Artikelnya sangat bermanfaat gan..
    trimakasih.. sukses selalu...

    ReplyDelete

Eettt..... Mau kemana?
Komen dulu dong okeee :))