Wednesday, 28 October 2015

Renungan di malam hari

Sekarang ini, gue sedang duduk tepat di tempat hits para mahasiswa Indonesia yang, beruntung, kuliah di Mesir. Tempatnya sederhana kok. Hanya toko yang menjualkan beraneka ragam jus dari buah-buahan. Tapi entah kenapa, tempat ini menjadi salah satu tempat ternyaman untuk ketawa bareng teman-teman, kumpul-kumpul kepanitiaan, sampai tempat untuk menyendiri memikirkan hal-hal yang telah terjadi maupun yang belum.
Ditemani satu gelas jus alpukat plus eskrim coklat yang belum dicicipi sama sekali, gue sedang duduk sambil sesekali menggosokkan kedua telapak tangan. Pandangan gue tertuju ke langit, tanpa bintang, hanya bulan yang dilewati oleh awan-awan. Apa hidup gue sama halnya seperti bulan itu ya? Sendiri, tanpa ditemani oleh bintang-bintang. Sendiri, dan hanya dilewati oleh awan-awan yang se-enaknya saja jalan. ‘Haaaah… kenapa hidup gue gini amat sih?
Terkadang gue benci dengan salah satu kebiasaan yang gue miliki. Membuat orang lain untuk tersenyum kembali, membuat orang lain melupakan kesedihannya sejenak, membuat orang lain agar tidak berburuk sangka terhadap orang lain. Kayak motivator gitu ya? Padahal sejatinya sih, gue dan orang itu berada diposisi yang sama. Sama-sama memiliki permasalahan. Dan bodohnya, ketika telah selesai melakukan hal itu terhadap orang lain, tanpa disadari gue seolah meminta balasan dari mereka. Bego banget kan? Seharusnya kita hanya berharap kepada Allah saja bukan?
Hampir sejam, gue duduk disini. Gue mencopot headset yang menggantung ditelinga. Sejam ini ditemani oleh lagu-lagu Indie yang entah apa nama judul dan bandnya. Gue terlalu tidak peduli dengan judul lagu-lagu maupun band yang terlist didalam hape gue. Selama dentuman drum, petikan gitar, dan liriknya bagus akan gue download kemudian disimpan di hape.
Gue jadi ingat dengan film Paper Town. Film yang melatarbelakangi tentang kisah persahabatan, kekaguman dalam diam, dan tentang cinta. Entah kenapa gue kepedean, merasa bahwa kisah si cowo pemeran utama ini ada persamaannya dengan hidup gue. Bedanya, dia punya sahabat yang meskipun sudah mempunyai kekasih, tapi masih bisa diajak gila bareng. Dia punya seorang gadis yang ditaksirnya dari masa kecil sampai sekolah menengah atas. Dia… kayaknya, perbedaannya banyak sih. Nggak usah dilanjutin ya.
Banyak sih, pelajaran yang bisa gue ambil. Contohnya, ketika mendapatkan suatu masalah yang sekiranya susah untuk dihadapi oleh seorang diri, coba berbagi ke teman yang dipercaya. Dengan begitu, mungkin saja bisa ditemukan jalan tengahnya. Syukur-syukur orang itu mau menolong kita. Masalahnya, gue belum nemu sih. Nggak tau deh, seperti kekurangan rasa kepercayaan terhadap orang lain. Apa karena kenangan buruk di masa lalu masih teringat sampai sekarang? Hm… bisa jadi sih.
Seorang cowo harus memiliki planning untuk masa depannya. Entah itu lima tahun atau beberapa tahun kedepan. Gue udah punya kok, tinggal actionnya aja. Semoga bisa. Doain ya, gaes. Kemudian pelajaran, tentang persoalan menganggumi orang lain. Nggak ada salahnya untuk menganggumi orang lain, sekarang gue juga seperti itu juga kok. Tapi ketahuilah, bahwa orang yang dikagumi itu bukan segalanya. Tetap mandiri, dan bapernya dikurangi, toh orang yang kita kagumi itu tidak tahu dan meminta untuk dikagumi, bukan? Dia hanyalah seorang gadis, sama halnya seperti yang lain.
Di saat sudah tidak ada lagi orang yang bisa dipercaya untuk menjaga suatu cerita, dan seorang gadis itu hanyalah gadis biasa, yang sama seperti dengan gadis-gadis lainnya, kenapa nggak berharap kepadaNya. Toh semua yang ada didunia ini milikNya, bukan?
Kemarin sempet baca jawaban di ask.fm/bramantyo17 jawabannya seperti ini,
Gw butuh ketemu sm pencipta gw 5-6x dalam sehari. Gw butuh jadi cengeng 5x10 menit sehari setelah 24 jam sok tangguh di hadapan dunia.
Dari sekian banyak jawaban di ask.fm nya, yang ini sih yang paling bagus menurut gue. Jawaban-jawaban lainnya agak-agak semi-sesat soalnya.
 Jus alpukat pesanan gue telah habis, dan sepertinya renungan malam ini pun telah usai. Sekarang gue ingin bergegas pulang, menutup diri dengan selimut tebal. Yah, musim dingin telah dimulai.  Mesir sudah dua hari di guyur hujan, bahagia sih. Jarang-jarang hujan turun di negri ini.
Udah dulu ya.

23 comments:

  1. Semua orang pasti punya permasalahan hidup masing-masing, dan ngga akan ada yang ngerti sedalam apa masalah kita selain kita sendiri (subyek yang ngejalaninnya). Bener tuh yang ditulis di atas: "Seharusnya kita hanya berharap kepada Allah saja".

    Sharing masalah ke temen deket yang udah dipercaya juga manjur kok ngusir kegalauan hehe. Setidaknya beban kita berkurang, meskipun belum tentu ada solusi berarti. Sulit emang nemuinnya, toh kalo masih bingung, serahkan semuanya pada Allah.

    "Seorang cowo harus memiliki planning untuk masa depannya" --> mantap. Oke sip, semoga actionnya bisa terlaksana :-)

    ReplyDelete
  2. Gue belom pernah nonton film Paper Town. Jadi nggak tahu, deh. Huwahaha. XD
    Yep. Cowok harus punya rencana untuk masa depan. Ya... meskipun gue juga masih gini-gini aja. Haha. Semoga planning lu lancar, Men! Aamiin. :)

    Sekuat-kuatnya manusia saat menghadapi dunia, pasti ada masanya dia lemah. Misal pas bersujud dan berdoa. Kemudian diam-diam menitikkan air mata. :')

    Btw, kenapa jus alpuket, Zi? Udah gemuk juga. Aturan mah gue yang cocok minum itu. Halah.

    ReplyDelete
  3. Ciyeeeeeeeee Paper Towns, Cara Delevigne jadi tersanjung nih filmnya dsebut-sebut sama kamu :$

    Bukannya mau ngebelain atau mau bikin seneng, tapi kayaknya kamu memang mirip sama si Quentin. Anaknya gak macem-macem, nurut sama orangtua, rajin belajar, ngerasa hidupnya gitu-gitu aja, pipinya tembem.... eh yang terakhir itu mirip gak sih? Yah, semoga di Mesir sana ada Margo Roth Spiegelman versi arab. Hehe :))))

    Aku juga udah ada planning buat lima tahun ke depan, tapi action-nya gak ada buat ngewujudin itu :( Ibaratnya udah belajar teori berenang eh gak bisa berenang juga. Tapi kalau kamu sih, kayaknya masa depannya bakal cerah-cerah aja. Kuliah, kuliah di tempat bener, jadi salah satu bekal yang bisa bikin cerah masa depanmu nanti, Zi.

    Postingan ini sama jawaban ask fm itu sendu ya. Itu jawaban ask.fm waras ya, menyentuh juga, gak kayak jawaban yang lain-lain. DItanya apa jawabnya apa -__- Banyak kan akun yang begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa ya Allah, Icha. Cara Delevigne tersanjung :'D

      Delete
  4. kamu bakal nemuin sahabat yang kamu inginkan yang selalu bikin harimu terasa baik-baik saja mas..biasanya dia akan muncul saat kamu mengalami sebuah krisis. semoga segera ketemu ya. atau kita sahabatan aja gimana hahahhaha..

    ReplyDelete
  5. Semua orang sebenernya harus punya rencana masa depan..
    Sebenarnya memang iya sih hanya kepada Allah pantas berharap karena semua yang ada di bumi dan langit milik-Nya..
    Tapi entah mengapa aku juga kadang berharap pada orang lain, ya wajar sih kan mungkin orang orang itu utusan dari Allah untuk membahagiakan kita atau membantu urusan kita.. entahlah kadang aku memang meringankan beban orang lebih mudah daripada masalah sendiri..

    ReplyDelete
  6. Entahlah... aku blum mengerti sob

    ReplyDelete
  7. Film paper town? Hmm belum pernah nonton. Penasaran :(
    Sama. Gue juga punya rencana untuk beberapa tahun ke depan. Tapi nggak begitu yakin semuanya bisa tercapai. Huhuuu lemah ya -__-
    Widiih itu keren banget answeran ask fm bramantyo. Otewe stalking ask fm. Hahaa

    Pas awal baca ini, kok gue jadi haus ya Zi. Lu sih bawa-bawa jus alpukat segala. Kejam lu. Bikin pembaca ngiler haus.

    Hmmm sepertinya gue tau dengan gadis yg sedang lu kagumi. Gadis yg berkerudung hitam bukan?

    ReplyDelete
  8. Kalimat-kalimat akhir keren abiss. Seringkali kita lupa ya sama yang nyiptain Kita. Padahal Dia tidak pernah jauh dari kita. Dialah yang lebih tau diri kita daripada diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  9. Yoi, kita dilahirkan untuk mencintai dan menyanyangi. Tapi kita juga tidak bisa memaksa orang yang kita sayang untk sayang kepada kita, kalau pun bisa, seberapa lama ?

    ReplyDelete
  10. saya sendiri belum pernah nonton film paper town.

    eh, semoga saja ya kamu bisa ketemu sama sahabat yang juga bisa ngehibur kamu.
    soal menganggumi itu, akan lebih baik jika ada usaha tuh, kita nggak tahu di waktu kapan usaha itu akan berhasil jadi coba aja

    ReplyDelete
  11. Kayaknya, permasalahan lo masih gak jauh dari yang pernah lo ceritain ke gue dulu itu ya? Syemangat, Ojiiii :*

    ReplyDelete
  12. Suka banget dengan jawaban si ask.fm kalau kita butuh cengeng setelah sok tangguh di hadapan dunia. Meski sering merenung sendirian, nggak bisa disangkal pasti ada kalanya butuh someone untuk berbagi. But, Allah is the best where we can share anything about ourselves. Tentang plan masa depan.. good luck ya!

    ReplyDelete
  13. Renungan yang bermanfaat sob, penuh dgn berbagai makna... thanks udah berbagi...
    terkadang memang kita butuh waktu untuk sendiri dan memikirkan semuanya...
    quote yg terakhir sangat inspiratif... karena memang, manusia itu ada batasnya...
    semua kembali ke diri kita masing2, kita harus punya tujuan hidup dan tentunya mencapai tujuan tersebut :)

    ReplyDelete
  14. Semua orang juga pasti sudah punya rencana untuk beberapa tahun kedepan, tapi tidak semua rencana tersebut dapat berjalan dengan lancar

    ReplyDelete
  15. Sepertinya ini yang aku rasain juga, krisis kepercayaan. Aku juga sering ngasih nasehat ke orang, sering dengerin cerita mereka, pokoknya jadi pendengar yang baik. Tapi sebenernya aku juga punya masalah. Dan saat mencoba nyeritain ke orang yang mulai dipercaya, ternyata dia bukan pendengar yang baik, dan malah penyebar cerita.

    Semoga kedepannya dapet seorang pendegar yang baik, yang bisa menjaga rahasiamu. Dan semoga orang yang dikagumi itu mulai melihat ke arahmu, mulai sadar kehadiranmu. Eaaaaaaaaa~

    ReplyDelete
  16. seseorang memang butuh banget me - time untuk merenung sejenak. merenungi tentang hidup, merenungi tentang alam dan lingkungan sekitar. tentu saja hal ini penting banget. aku pun sering ngelakuinnya.

    ReplyDelete
  17. ref filmnya kayaknya okay, tapi berbagi masalah ya... itu yg agak susah.. cari temen yang mau berbagi masalah...

    kalo kue enak baginya gampang, ini masalah susah dibagi bagi... harus bener2 temen yg ikhlas bukan temen yg sekali dayung 3 pulau terlampaui

    ReplyDelete
  18. SOLAT LO WOY SOLAT!! *ngusir pake sapu ijuk*

    ReplyDelete
  19. gila ah gue udah komen panjang pajang eh malah error, jadi mesti ngulang ketik lagi hahah

    kita hampir sama kok gue juga sampai sekarang blm nemu orang yang bener2 bisa jadi tempat buat cerita. karna kadang kalau gue ada masalah yang bener bener pribadi gitu atau masalah dalam lingkup keluarga, gue biasanya malah curhat dan ceritanya ke diri gue sendiri. jadi gue duduk terus menjelaskan awal mula pernasalahaan yang gue hadapi itu, gue ngejelasinnya ke diri gue sendri. setelah itu gue merenung dan mencoba nyari solusi. dan sejjauh ini cara ini sih work di gue haha

    ReplyDelete
  20. Bonus Deposit 50% & 20% untuk member baru

    Axioobet,com Agen Bola & Casino Terpercaya

    1 Username untuk semua permainan :
    - Sport
    - Casino
    - Keno
    - Number Game

    Contact kami:
    YM : cs1.q8bola
    BBM : 2B277E26
    Atau di : bit.ly/1SaCfyp

    ReplyDelete

Eettt..... Mau kemana?
Komen dulu dong okeee :))