Wednesday, 12 August 2015

Arti tangisan yang tak terlupakan

Kalo sebelumnya yang gue pahami arti tangis seseorang itu hanyalah bersifat kesedihan, bersifat kehilangan, tapi sekarang tidak. Perlahan, gue menyadari bahwa suara tangisan itu bukan karena hal-hal yang sedih saja.
Contohnya,
Ketika seseorang telah meraih apa yang diinginkannya, orang tersebut bisa saja menangis. Tapi tangisannya bukan karena kesedihan yang dirasakannya, melainkan tangisan bahagia. Bahwasanya dia bisa meraih hal yang dia impikan. Tangisan bangga, karena dia bisa menunjukkan bahwa dirinya bisa mewujudkan harapannya.
Aiiih... sedap.
*kibasin rambut.
Salah satu temen cewe gue, Nanda, mempunyai masalah dengan tangisan juga. Setiap dia berbicara ke gue, mendadak suaranya melemah kemudian perlahan seperti orang yang ingin menangis. Padahal sebelumnya teriak-teriak sama temennya yang lain,
‘WOI, GUE MESEN BAKSO HOY!! MANA KRUPUK PANGSITNYA, HOY!!’
Ngomongnya nge-gas, tapi nggak nyambung. Minta ditabok gitu. Untung cakep, makanya bisa nahan emosi.
Tapi anehnya ketika dia bicara ke gue kenapa mendadak seperti orang mau nangis ya? Anehnya hal ini hanya terjadi ketika dia sedang berbicara ke gue, bukan ke orang-orang lain. Padahal ketika itu gue sedang khusyuk makan bakso, nggak mengusik Nanda sama sekali. Seriusan deh. Ya, sadar sih muka gue memang serem, dikit, tapi ya nggak gitu juga kaliii.

Bicara tentang tangisan, jadi inget kejadian di sekertariat almamater kemarin.
Jadi, malam itu gue berniat untuk menginap di kantor kesekertariatan setelah pulang dari acara pencoblosan presiden PPMI Mesir tahun ini. Tapi karena faktor udara yang panas, sehingga mata gue belum bisa tertutup ketika jarum jam mengarah mendekati angka satu.
Berhubung sudah tidak ada yang mengajak ngobrol ataupun chat, perlahan gue memaksakan diri untuk tidur. Terkadang gue sering mengkhayal sebelum tidur. Membayangkan diri gue saat itu telah berada di rumah, bangun pagi karena siraman air segayung yang diberikan oleh nyokap ke arah muka gue, dan yang tersisa hanyalah bekas air di sprei kasur dan gayung kosong yang tergeletak di atas lantai. Kemudian perlahan, samar-samar gue mendengarkan suara abang-abang yang setiap pagi selalu terdengar dari kamar gue,
‘‘Sari roti... roti sari roti... teet teet tet teet tet tee tet’’
Suara rekaman sih memang, tapi kenapa sekarang gue malah kangen denger rekaman itu ya. Yah, mungkin karena suara rekaman disini semuanya berbahasa arab, jadinya kangen sama rekaman abang-abang tukang sari roti. Abang-abang susu murni juga sih. Suara teriakan abang-abang ketoprak, nasi uduk, odong-odong, juga kangen. Apa ini berarti gue jatuh cinta sama abang-abang itu ya? Ini sebenernya gue nulis apa sih? GUE SIAPA? DIMANA GUE? DIMANAAAA?? KYAAAAA... KYAAAA.
Astagfirullahadzim, kenapa gue jadi ngondek gitu?
Oke, fokus.
Ketika asyik tidur, samar-samar gue mendengarkan suara tangisan. Bedanya, tangisan ini adalah tangisan cewe. Dan nggak ada sama sekali cewe yang tidur di kantor kesekertariatan. Awalnya gue fikir, ini hanya mimpi. Tapi ketika gue cubit pipi.... temen, kok dia gerak-gerak. Pas cubit pipi sendiri, kok sakit juga. Makin lama suara tangisan itu semakin kencang.
“Ini siapa yang nangis sih malam-malam gini, ganggu orang tidur aja” kata gue setengah sadar. Padahal aslinya takut juga sih. Dikit. Serius, dikit doang.
Gue beranggapan suara tangisan ini berasal dari temen gue yang sedang sholat tahajud, tapi yang gue liat hanyalah badan teman-teman gue lainnya yang sedang tertidur pulas. Ketika hendak pergi meninggalkan kasur tempat gue tidur, beberapa teman-teman gue sudah ada yang bangun dan ingin melaksanakan sholat shubuh.
“Do, denger suara orang lagi nangis nggak?”
“Iya nih”
Setelah lampu dinyalakan, ketemu lah ponsel laknat yang mengeluarkan suara tangisan itu. Suara tangisan seorang cewe yang sejak setengah jam lalu tidak mati-mati.
“Buset ini alarm hape, ji. Hahahah. Takut ya lu?”
“Gue takut? AHAHAHA. GUE TAKUT? NGGAK SALAH NANYA LU? HAHAHA”
“Dikit doang sih”

Setelah diselidiki ternyata hape itu punya temen gue, Alip. Anaknya rajin ngaji, tapi entah kenapa punya selera dengan suara tangisan cewe, untuk dijadikan alarm hapenya. Suara tangisan alarmnya sukses membuat gue bangun ketakutan, tapi sang pemilik hape belum juga bangun. Mau gue banting hape nya, tapi nanti ketauan kalo gue ketakutan.
Yah, ternyata suara tangisan itu tidak selalu karena sedih bukan?

54 comments:

  1. duh jadi pengen makan bakso nih -___-
    serem tuh kalau alarmnya suara tangisan cewe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, gue juga. mau makan temen *eee

      Delete
  2. hahahaha itu percuma dong alarmnya.. oh ya mungkin lo pernah sakitin Nanda makanya dia bawaannya nangis terus ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue pernah sih sekali, dua kali, tiga kali, empat kali an lah ya.

      lah, bnyak juga ternyata

      Delete
  3. Alarm pake suara gituan. serem juga sih bang. hahaha

    Si Alip kreatifnya kebangetan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia ga kreatif, tapi emang sifatnya pgen ngerjain temen, makanya gitu

      Delete
  4. Apa-apaan alarm kayak gitu wakakak sekalian aja rekam suara gue ngomel-ngomel jadiin alarm biar makin horror -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau gue suruh gitu, tapi belom nemu file nya

      Delete
  5. Bangkeeeeeee. Alarm macam apa itu woy? Waakakaa.

    Padahal gue kira itu kuntilanak pas baca udah tegang. Kena twist gue. XD

    Halah. Oji mah cemen, suara tangisan cewek malem-malem aja takut. Sama aja lu kayak gue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. auk dah, emang kampret dia.

      ELU LEBIH'' CEMENNYA KETIMBANG GUE YOGA, GA NYADAR LAGI

      Delete
  6. alarm suara orang nangis, bangun2 langsung melow deh ya -_-
    sekalian aja bikin alarm dangdutan bang, biar bangun2 langsung goyang oplosan wkwkwk

    ReplyDelete
  7. Wakakakakkak! Aduuh gak tau dah ini hrs bilang apaan, ketawa ngakak yak baca ini drtd! Dari yg bgn tdr diguyur aer segayung, ama abang sari roti, dan abang-abang lainnya... Ternyata suara abang2 disini bikin ngangenin yak? Wkwkw.

    Stuju tuh sama kak Yoga, udah tegang2 pas baca ada yg nangis, kirain mah iya mbak kun.. atau gak yg Nanda td yg nangis. Ehhh ternyata alarm hape! Kamvret! Mgkin niatnya pake alarm suara cewe nangis gtu biar ktakutan trs bangun kali... Etapi percuma jg sih klo udh pasang alarm kyak gtu msh kaga bangun jg! Emg dasarnya kebluk ajatuh-__-wkwk. Mending mana, suara tangis atau suara ktawa cewe tengah malem? Kyaknya duaduanya samasama horror yak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. knapa rata'' pada bahagia ketika orang lain tertimpa musibah gitu _ _"

      emang dasarnya dia kebo, ya gitu

      Delete
  8. "Sari roti... roti sari roti... teet teet tet teet tet tee tet"
    kalau tiap pagi yang lewat rumah saya suara'a
    "Roti.. Roti.. Lemona Roti.."

    Bisa tuh suara alarm'a buat ngerjain temen hahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue malah blom prnah denger lemona roti dah, ahahha

      Delete
  9. Alarm tujuannya kan mengingatkan tapi ko................ ah sudahlah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dia niatnya memang untuk menakut-nakuti sepertinya

      Delete
  10. kok nyaman ya tuh orang pasang alarm hp sama suara yg aneh kayak gitu... cewek nangis? hadeh... gmana kalo dia terbiasa sama suara alarm itu dan lama2 mengabaikannya lalu tiba2 suatu malam ibu nya atau siapanya yg cewek.. nangis tengah malem krna terjadi suatu hal atau apa pokonya membutuhkan pertolongan tapi dia ngga bangun2 soalnya ngira itu cuma suara alarm... hadeh.. tolong marahin temen kamu itu ya haha..

    oh iya.. buat cewe yg km ceritain diatas.. mungkin dia suka sama lu bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyaman darimananya, dia juga ga bangun pas alarm nyala

      semoga dia beneran naksir. amin.

      Delete
  11. Ahahaaaa sumpah, gue kira diawalnya ini tentang horror. Udah lumayan takut banget gue,
    Ternyata alarm hape.
    Itu temen lo apaan, alarm hp pake suara tangisan cewek. wkakaa

    Gue tau alasan kenapa Nanda kalo ngomong ke lu kayak orang mau nangis. Itu karena muka lu memelas iba gitu kali, jadi dia ikutan kasian.
    Hahaa oke terimakasih klinik tongfang !
    wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgan baper gtu, lan. ahaha

      oh, terimakasih pujiannya. sangat membantu sekali

      Delete
  12. hahah, gue kira suara penampakan tuh. Ternyata suara alarm. buset dah.
    itu jg malah elo yg bangun, bukan si empunya hape. Itukan namanya ganggu juga tuh. Belum lg kalo yg denger alarm itu orang penakut kayak... kayakk... oke. udah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku mah penakut.da aku mah apa atuh

      Delete
  13. iya nangis tuh bukan berarti sedih kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. bisa jadi karena bahagia.

      gitu.

      Delete
  14. Gimana biar gak kangen sama abang-abang sari roti dkk, suaranya abang rekam terus dijadiin alarm deh. Jadi tiap bangun pagi berasa di Indonesia, yang tiap bangun disambut sama suara abang-abang sari roti tercinta, btw abang sari rotinya cakep ngga (?)

    Baru tau kalo bakso udah go internasional, sudah sampai Mesir. Pasti dagingnya pakai daging unta.. Emang temennya greget tuh, apa faedahnya dia nyetel alarm tengah malam gitu mana suaranya cewek nangis. Pasti di Indonesia dia kebiasaan dibangunin sama mbak kunti kali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emangnya ada rekaman suara abang'' sari roti di yutub? hahah

      ga sampe daging onta juga sih. yah, kebanyakan disini pake daging tapir atau buaya gitu lah

      Delete
  15. Huahaha ngakak gue Zi, download ah suara tangisan cewek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aziz: lu jomlo kan? udah donlot ae udah gih.

      Azizah: nah, ini biasanya yg ngatain org lain jomlo, ga punya pacar juga. dah jadian ae lu bedua

      Delete
  16. Boleh juga tuh alarm cewe nangis, besok besok ga sekalian pake suara kunti lagi ketawa biar lebih cepet bangunnya huaahaha :D . tapi kalo sendirian bisa parno abis dah itu gue..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cepet bangunnya kok. yg bngun dluan palingan orangtua lu gara'' kget, trus nyiram elu gara''' tau klo anaknya suka denger suara bgituan

      Delete
  17. aseem banget dah temen loo.. :v
    kalo gue jadi lo langsung banting aja tu HP

    ReplyDelete
    Replies
    1. pgen gue banting sih. tapi ga tegaan aja

      Delete
  18. aseemm banget itu ... gue juga pernah suara mbak kunti jadii alarm .. membuat heboh serumah :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung ga sampe diguyur sama nyokap elu ya

      Delete
  19. saya kira ceritanya mau beper-an gitu nyeritain temen ente yang nada bicaranya kayak mau nangis eh malah komedy juga nih ujungnya.

    mungkin itu suara ringtone cewek nangis yang dulu sempet heboh kali ya. karena temen saya juga punya. rekaman cewek nagis sedu abnget terus akhiny ketwa ketiwi.
    mungkin temen ente niat ngerjain tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga deng. entar blog gue penuh dngan aib smua tmen gue dong. ahaha

      kyaknya sih beda. ini suara orang bneran nangis. ga serem sih sbnernya. tapi jdi serem krena bunyi jam dua pagi

      Delete
  20. Iya, menangis tidak hanya identik dengan kesedihan, tapi juga kebahagiaan atau kebanggaan

    Eh btw si Alip kok rese juga ya, ahli ngaji tapi suara hapenya kayak suara hantu gt aduuuh hahaha
    bikin semua temen jadi takut, termasuk km kan Ziii,, ngaku aja gak hanya dikit takutnya tp banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikit kok ka mei.
      sbnernya pgen dibanting sih tuh hapenya. tapi aku mah ga tegaan orangnya

      Delete
  21. Wah di Mesir ternyata. Jauh bgt ye.
    Disana selai rotiny pake selai kurma, ya?

    Hmm. Bisa nih dicoba utk nakut2in temen. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga juga sih. ada rasa lain juga. tapi emang bnyak rasa kurma sih. ahaha

      cobain. paling hape lu d banting, man. haha

      Delete
  22. Rupanya, gue bukan orang yang pernah merasa anehnya hidup dikerjain. Kebayang sih, kalo sampe pas bangun tidur, rupanya ada lagu yg nangis gitu yaa?

    Kebayang sih, kalo sampe bangun diguyur gitu zi. Gue gak pernah soalnya. Nyokap gue gak setega itu. Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bukan lagu, bang. tapi tangisan. kampret bener dah tuh eang

      ga usah d bayangin juga kali, bang. shrusnya mah turut perihatin -,-

      Delete
  23. Buset alarm hapenya suara cewek nangis. Gue sih kalo ada suara itu malah jelas gak mau bangun. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain, di. pasti bangun ketakutan lu. hahah

      Delete
  24. ppffff....
    Apah pula itu? Aku udah merencanakan skenario ada perempuan yang duduk di pojokan sambil nangis. kemdian lenyap saat elu bangun.

    Dan sialnya emang sih elu bangun, dan perempuan itu enggak ada. cuma suaranya aja. Tapi kok alarm sih? -_-
    Njeglag banget. Temenmu tuh ya, hahaha, parah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga seserem itu. gue juga ga mau ksampean sih liat bgituan.

      pgen gue tabok sbnernya, tapi ga tegaan. hahha

      Delete
  25. HAhahaha gak bisa kebayang sih... kenapa si Nanda bisa berubah suaranya jadi pengen nangis, emang muka lu seserem apa, Bro..

    Btw kreatif banget alarmnya, bisa banget buat ngerjain orang.. wkwk, suatu saat gue coba ah... :D

    ReplyDelete
  26. hahaha, udah mikir yg horor2 eh ternyata

    betewe di arab emang ada hantu masbro?

    ReplyDelete
  27. Yaelah tmn lo jugagitu abis, ringtone alarm masa suara tangisan mana cewek lagu, coba cowok...kan makin serem. Wkwkwkkww..jadi inget sama ayah gue juga, duou ringtone hpnya masa sura kuntilanak ketawa terus dia bunyi pas ayah gue lagi genduren, lagi berdoa malah...jan...jan.

    ReplyDelete

Eettt..... Mau kemana?
Komen dulu dong okeee :))