Saturday, 6 December 2014

Uniknya belajar di Al-Azhar Kairo

Dinginnya malam Kairo, memang lebih enak untuk dihabiskan dengan berdiam diri di kamar. Gue lebih memilih untuk tidur di atas kasur, pake selimut motif bunga-bunga *antimainstream, di temanin dengan segelas teh anget, sambil streamingan nonton film horor. Ketimbang harus jalan sama pacar. Udah dingin, dikit-dikit minta di beliin minuman anget, minta beliin kaos, sweater, jaket, sarung tangan, syal, penutup kuping, penutup kepala, gadget. INI PACAR ATAU PERAMPOKK, WOYY!!
Tentunya, yang jalan sama pacar itu, bukan gue. Ini lebih untuk sindiran aja, buat mereka yang lagi pacaran ataupun PDKT. Semoga gagal, akhi. Amiin.
Nikmat yang sampai sekarang gue syukuri selain bisa kuliah di salah satu universitas tertua di dunia, adalah dengan bertemu temen-temen baru, sahabat-sahabat baru. Yah, walaupun belum ketemu perempuan khilaf yang naksir sama gue, tapi gue masih tetep bersyukur kok. Akuuh kuat, kok. Akuuh kuat kok, mah, pah.
TISUUU MANA TISUUU!!!
Mereka, temen-temen baru gue ini adalah contoh mahasiswi rajin. Sahabat baru gue itu kebetulan perempuan. Walaupun sifatnya memang agak sedikit jantan sih. Selain kuliah, mereka juga sering talaqi sama syekh-syekh Azhar. Mulai dari pelajaran Fiqh, Hadits, Mawaris, Sirotu an-nabawiyah, sampai hal-hal yang berkaitan dengan pernikahan pun, mereka ikutin. Yang paling semangat sih, tentang pelajaran pernikahan itu kayaknya. Mereka ini lah, yang sering jadi Mood booster gue untuk semangat belajar, ketika gue males. Masa sebagai cowo ganteng, gue kalah sama perempuan. Masa sebagai calon imam rumah tangga di masa depan nanti *amiin, kalah sama ma’mum nya. MALU!!
Emm... yang bilang gue ganteng saat ini baru empat orang aja sih. Nyokap, bokap, sama dua adek perempuan gue. Iya, baru itu doang. Temen gue nggak ada yang bilang. Kamfret kan mereka? Mereka memang perempuan-perempuan jantan. Jahat iih...
Astagfirr... kenapa gue jadi ngondek giniii!!

Mereka perempuan jantan. Tapi, ketika mereka nraktir gue, mereka adalah bidadari :*
Oke, sekarang fokus sama judulnya.
Cara pembelajaran di Al-Azhar Mesir itu ada dua. Pertama, belajar di kampus seperti layaknya mahasiswa-mahasiwa lainnya. Dan yang kedua, adalah belajar langsung dengan para syekh-syekhnya yang bertepat di masjid Azhar. Sebenernya sih, apa yang diajarin oleh syeikh-syeikhnya itu nggak termasuk pelajaran yang nantinya di ujikan di kampus. Jadi bagi yang berminat, bisa ikut belajar dengan syeikhnya (dibaca: Talaqi), kalo nggak mau, ya nggak usah dateng. Kalo niat belajar lo hanya sekedar  untuk mendapatkan nilai yang bagus ketika ujian, lebih baik nggak usah dateng. Tapi, kalo niat lo memang untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan keberkahan dari syeikhnya, sangat amat dianjurkan untuk mengikuti Talaqi. Keren ya, bahasanya? Jadi berasa ganteng gue.
Yang mau muntah silahkan...

Tapi kalo ngeliat foto ini, gue beneran ngerasa jadi cowo keren
Zaman sekarang, orang-orang itu mengikuti arus perkembangan, dan perlahan-lahan melupakan kewajibannya sebagai seorang muslim. Contoh kecilnya, seorang muslimah nggak mau pake kerudung, dan lebih milih untuk mempercantik rambut, memputihkan kulit dan lain sebagainya. Maklum gue cowo, dan nggak tau kebutuhan cewe. Tapi kalo malem udah berubah kok... *maapinAimYaaOwooh.Gue pribadi malah mau pake kerudung. Kalo perlu, pake cadar sekalian deh. Tapi itu semua dilarang sama adek gue. Coba bayangin? Niat baik gue dilarang sama adek gue. Emm.. emang nggak boleh sih, cowo pake kerudung. Sebenernya, tujuan gue supaya bisa masuk kampus perempuannya aja. Biar bisa selfie sama perempuan-perempuan Mesir. kan cucoook tuh, cyiinn....
*Kemudian ada hening yang panjang. Panjaaanggg banget....
Kalo perempuan mau kulitnya jadi lebih putih, gue nggak mau. Gue bersyukur dengan kulit gue yang coklat manis kayak sekarang ini. Kayak susu coklat bubuk gitu lah. Tapi perempuan malah mau kulitnya berubah jadi putih. Mikir dong... MIKIR?!! Eemm... Jujur. Sebenernya gue udah nyoba sih, tapi yaa kenyataannya... ya gitu. Emang susah dirubah. Cakiiiit tau, qaqa. CAKIITTT!!
Geli, nyeet
Nggak usah gue sebutin dalilnya, kalo pake jilbab itu wajib kan? Udah gede semua kok. Pasti tau, mana yang harus dikerjain dan mana yang harus dihindarin. Perempuan cantik itu nggak usah beli alat kecantikan mahal-mahal kok. Cukup wudhu dan jaga pandangannya, udah bikin lemes cowo yang ngeliat.
Selain ilmu yang dicari di Talaqi, orang-orang ingin meminta keberkahan oleh syekh-syeknya. Oleh guru-gurunya. Dan pemikiran ini mungkin udah jarang ditemuin oleh para anak muda.
Logikanya gini....
Kita belajar oleh syekh, yang ilmu agamanya nggak usah diragukan lagi. Dan InsyaAllah, beliau-beliau ini mempunyaii amalan yang lebih banyak ketimbang diri kita. Bahkan memiliki hubungan dengan Sang Pencipta lebih dekat, ketimbang kita ini yang masih sering kelupaan untuk sholat tepat waktu. Kalo sudah deket dengan Sang Pencipta, sebuah doa akan lebih mudah untuk dikabulkan, kan? Kebayang dong gimana mujarabnya sebuah doa, ketika beliau-beliau berdoa untuk para murid-muridnya, ‘Permudahlah murid-muridku dalam belajar, dan menghadapi ujian’. Dan diri kita termasuk murid-muridnya yang di doakan itu? Ampuh banget, men.
Masjid Al-Azhar

Contohnya Talaqi kayak gini. Tapi ini di masjid lain
Dan belajar di kampus itu butuh perjuangan berat. Mungkin hanya di kampus gue aja, jumlah bangku yang ada, lebih sedikit ketimbang jumlah muridnya. Sekarang, gue akan tunjukin sedikit fotonya aja deh. Untuk kisah pertama kali gue masuk kelas, akan gue ceritain nanti. Pokoknya nanti. Entah itu tulisan depan, atau kapan. Pokoknya nanti deh ya....
Ini belom yang lesehan di lantai dan samping dukturohnya (baca:dosen) ya....

Perempuan itu, emang beneran naik di atas meja. CATET!
Oh iya, satu lagi.... Jangan lupa buat saling mendoakan. Ketika diri lo mendoakan hal yang baik untuk orang lain, maka diri lo sendiri akan mendapatkan kebaikan itu. Yang pernah gue denger sih gitu. Kalo salah mohon di koreksi. Doain buat ujian gue nanti ya.... dan doain, supaya si ‘dia’ juga naksir sama gue. Emmuuachh...

46 comments:

  1. di temanin dengan segelas teh anget, (DITEMANI)

    ReplyDelete
  2. Selalu suka membaca kisah orang yang belajar di luar negeri. Aissh.. aku pengeeeen.

    ReplyDelete
  3. mblooo mbloo doain yang pacaran atau pdkt gagal wkwk... itu sampe ada yang lesehan ? wah boleh sambil gelaran sekalian ga tuh jual nasi kucing :D haha...

    yo gue doain yang terbaik ya :D aminn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga usaha....
      lah, gue ga sampe kepikiran ituh...

      amiiin. thanks dim

      Delete
  4. Semoga dilancarkan ujiannya bang, dan semoga si dianya bisa khilaf naksir sama bang fauzi *ampun

    ReplyDelete
  5. Temenku banyak yg kuliah di Azhar..
    Dulu aku diminta bapak untuk kuliah disana, tapi baru sadar kalo gak berbakat di bahasa Arab, akhirnya malah nyasar di negara antah berantah ini.. *hedeh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, bisa tuh kenalan. hehehe

      yah, rencanaNya pasti lebih baik dari rencana kita. percaya deh. bijak banget kan gue

      Delete
  6. Semangat yaaa qaqa....jangan blajar buat ujian loe!!!!!!!
    Blajar yg bener buat bekel di dunia yg sementara dan akhirat yg kekal....
    Ganbatte eeuyyhhh... :*:* hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapppp, nengg!!!

      iya'', neng. lo juga.

      hiiiih, geliiiii

      Delete
  7. itu masuk kelas atau lagi antri TPS,, speechless gue
    tapi sekilas gue tau kehidupan kawan-kawan yang lagi di sana, salam gue buat semua ya maat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu belom semuanya lo liat, nda. masih lebih paraaah....

      siaapp, nda. ini kenapa lo ikut''an manggil gue pake laqob _ _"....

      Delete
  8. lama gak blogwalking ke blog lo sob, eh tau taunya udah sampe timur tengah :D hati-hati dengan konflik di timur tengah sob!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahah iya, sob. gue juga ga ngenalin.

      siap, sob

      Delete
  9. wah keren ceritanya! udah belajar aja dulu yang rajin, nanti kalo udah lulus insyaallah bakal gantengan............dikit. hahaha.. peace! salam kenal! nunggu cerita-cerita lainnya dari al azhar nih! ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap'' heheh...
      klo doain yg langsung biar ganteng maksimall dong _ _"

      salam kenal juga. hee

      Delete
  10. Fokus gue yang pertama adalah kenapa cewek itu nyampe berdiri? "Haruskah??"

    Kedua, itu keyeeenn beut (pake y dan u biar keren)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, gue juga ga paham dah tuh. hahah

      Delete
  11. Bisa kuliah di Al Azhar.. seru bisa belajar langsung ke syekh.
    Bea siswa apa gmn bro? Keren..

    Emang di sana boleh pacaran ya? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih biaya sendiri nih, tapi doain aja biar dapet beasiswa di tingkat selanjutnya.

      yah, begitulah, bang. hahha

      Delete
  12. iya bang fauzi, elo bisa nyampe belajar ksana gimana tuh ? bukan jadi TKI kan ? wkwkww

    ReplyDelete
  13. wih sedap nih sekolah di al-azahr, keren lu brooo :))
    Tapi emang segitunya ya belajar disana? ampe ada yang naek naek meja gitu ahha
    Cerita disana pasti banyak yg absurd, bakal sering nih gue mampir disni kayanya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kayak gtu. rame banget, ngalahin pasar.

      siap'', bro. thanks. insyaallah update tiap minggu laah... hahah

      Delete
  14. kalo aku taunya istilahnya halaqah nih, broo... kayaknya hampir sama ya kaya talaqi hehehe
    seruu banget ya, bisa kuliah di kairo, jadi pengeeen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, bisa disebut itu juga sih, bro.

      semangat broo...

      Delete
  15. Wah subhanallah.. emang gak salah nama blog lu Mahasantri. Kuliahpun lu tetep belajar ttg agama. Jadi ngiri gue..hahah. lama gak kedengeran lu udah di mesir aja.. kuliah di al-azhar pulakkkk! Kerenn.. :D

    Eh itu kenapa foto ukhti-ukhtinya di blur akhi? Kan ane pengen kenalan sama mahasiswa mesir.. ta'arufan gitu.. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, udah lama ga maen ksni lo, rik. durhaka. hahah

      sengaja, biar lo ga bisa ngeliat

      Delete
  16. Maa sya Allah keren bingit... di postingan ini baru jelas klu kmu kuliahnya di Al-Azhar Kairo... apalgi belajarnya langsung sama syaikh2 di sana yang ilmunya meluber... jd ingat fahri di A2C... heheh smg kmu ketemu Aisyah di sana atau ketemu Anna #Eh... but postingan yg kyk gini yg suka... share ttg pengalaman belajar di sana lumayan kn sbgaia pembaca sy bisa menerawang sdkt ohh.. jd sistem belajarnya di sana ada dua toh selain di kelas langsung jg sm syekh2nya... good... mumpung kul di sana serap ilmu sebanyakbanyaknya :) oia itu modusin ceweknya kok makin menjadi'jadi.... hahaha... udah .. fokus aj ama kuliahnya . :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap ka, zi... modusin cewe buat selingan aja kok. hahha

      mnta doanya aja

      Delete
  17. Subhanallah kerennya. Aku dari dulu juga pengen banget menimba ilmu ke luar negeri. Semoga sukses terus ya masfauzi. Aamiin. Oh iya salam kenal ya. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga....
      semangat terus buat ngegapi mimpinya

      Delete
  18. Kadang nggak suka baca post yg ceritain tentang sekolah d luar negri. Kenapa? Karena gue ngiri. Udah gitu aja :|

    ReplyDelete
  19. Widih... bisa kuliah di Al-Azhar, keren banget bro! Jadi iri ih, semoga aja suatu saat bisa bikin postingan yang nyeritain kuliahku di luar negeri juga, aamiin :)

    ReplyDelete
  20. Semoga ada ceweKhairo yang khilaf yah :D hahaha

    ReplyDelete
  21. coba aja bang pake kerudung
    pasti cucokkkk :D

    ReplyDelete
  22. gue doain dia suka sama lo , tapi lo doain mantan gue putus sama pacarnya.
    gimana? :)

    ReplyDelete

cara bersedekah paling mudah, berkomentar di Blog ane ini