Thursday, 19 June 2014

Masih zaman yaa, sabar?

WAZAAAAPPP...!!
Setelah sekian lama, menghilang akhirnya dateng lagi ya gue. Hufft.... dua bulan kemarin lagi sibuk-sibuknya di dunia nyata. Dilain kesempatan gue akan nulis ceritanya oke. So, disini ada yang kangen sama gue nggak? Ada dong... ya kan... Memang susah sih, jadi orang yang sering dikangenin sama banyak orang di luar sana. Aduuh.... maafin qaqa yaaak. *Yang mau muntah silahkan ya.
So, check this out

Salah satu sifat manusia yang terpuji adalah sabar. Dan ini gue dapatkan berdasarkan survey yang telah dilakukan. Tentunya bukan gue yang melakukannya, tapi orang lain. Soalnya ketika itu gue lagi sibuk. Entah sibuk apa gue juga nggak tau, pokoknya waktu itu gue lagi sibuk titik. Kayaknya sih waktu itu gue lagi sibuk makan. Atau gue sibuk tidur. Atau sibuk.... ah, pokoknya diantara itu lah. Makan dan tidur.
 Dari seratus orang, delapan puluh dari mereka meng-‘iya’-kan, kalo sabar itu adalah salah satu sifat terpuji dari manusia. Dan dua puluh orang lainnya menjawab kalo sabar itu ‘bukanlah’ sifat tercela. Jadi intinya, seratus orang itu setuju kalo sabar itu adalah sifat terpuji.
Di dunia ini nggak mungkin ada manusia normal, yang nggak pernah mengalami sebuah masalah. Pasti semua manusia normal, mempunyai masalah. Entah itu masalah dari keluarga, masalah teman, masalah pacar, ini bagi yang punya aja. Yang nggak punya, GA USAH NGAKU-NGAKU, WOYYY!!. Sorry, gue kebawa suasana. Kemudia ada masalah ekonomi juga, masalah fisika, masalah matematika, masalah biologi. Ini kenapa jadi ngebahas mata pelajaran untuk ujian  -,,,-”??
Akhir-akhir ini, gue merasakan kalo sifat sabar gue lama-lama menjadi berkurang. Yang tadinya bisa menahan diri untuk nggak makan banyak, sekarang udah nggak. Yang dulunya gemuk sekarang, makin gemuk. Nggak ada bedanya sih.
Kalo ketika dulu, gue harus bersabar menghadapi temen gue yang mikirnya lama, sekarang gue udah nggak terlalu bisa sabar lagi. Temen gue ini memang kadang-kadang ngeselin juga sih. Ketika gue lagi nge-lucu dan udah ketawa, temen gue baru bilang, ‘hah?’. Temen-temen gue yang lainnya udah ketawa, dia sendiri yang masih mikir. Susah memang.
Masalah yang gue hadapin sekarang hanya sebatas persoalan pertemanan dan kuliah. Pacar? Nggak deh. Gue mikirin diri sendiri aja masih belum bener, gimana gue bisa mikirin anak orang? Duit aja masih minta sama orangtua, masa gue buang-buang untuk nraktir pacar? Mikir, nak. #EEaaa. Lebih baik perbaikin diri menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, ketimbang sibuk mikirin pacar-pacaran nggak jelas. Lebih baik berteman dengan rasa pacaran, ketimbang pacaran dengan rasa temenan. Setuju? Nggak usah tepuk tangan. Apalah arti dari tepuk tangan kalo nggak ada yang mau jadi pacar gue. Tariiikkk, manggg.....
Balik ke judul.
 As-sobru yu’inuu alaa kulli amalin yang artinya Kesabaran menolong segala pekerjaan. Itu salah satu kata mutiara dalam bahasa arab. Menurut kalian, bener nggak perkataan itu? Diri kalian sendiri lah yang menentukan jawabannya.
Gue pernah denger cerita orang yang masih berkaitan dengan sabar. Ini gue ceritain versi singkatnya aja ya. Soalanya kalo versi panjanganya, sama aja kayak versi singkatnya sih. jadi poin pertamanya, cerita ini pendek. Ituh poinnya. Paham kan? Masih belum paham juga? Sama kalo gitu.
Jadi gini. Ketika orang itu masih sekolah dasar, dia sering di hukum sama gurunya. Karena apa? Karena sifat sabarnya lah, sampai dia di hukum oleh gurunya. Jangan langsung nge-judge gurunya galak dulu, baca dulu ceritanya biar paham. Galak atau baiknya guru di cerita ini, kalian yang menilai.
‘KAMU!!’ teriak gurunya. Anggap aja nama orangnya ‘kamu’.
‘Iya, bu. Ada apa ya? Ada yang bisa di banting? Eh, ada yang bisa dibantu, bu?’
‘empat dikali empat, masa hasilnya sepuluh. Kamu belajar nggak? Siapa sih guru kamu itu?’
‘Loh, ibu sabar dong. Nanti kan dari sepuluh juga bisa sampai duapuluh. Ibu nggak sabar nih. Saya aja yang ngomong, bisa sabar. Saya belajar lah, bu. Kan ibu, gurunya’
*Nyemil kapur
Kat-kata mutiara arab lainnya juga masih banyak yang menjelaskan arti tentang sabar. Kalo diri lo, mau untuk bersabar di waktu yang sebentar, pasti diri lo akan merasakan kebahagiaan dan kenikmatan yang lama. Percaya deh. Ini cocok buat segala hal. Yah, lo mikir aja sendiri lah. Kalo gue jelasin bakalan panjang.
Tapi mungkin, diantara kalian pernah ngerasain untuk bersabar, tetapi hasilnya kurang memuaskan. Pernah ada yang seperti itu? gue pribadi, pernah merasakan hal itu. Kalo pun, memang gue nggak mendapatkan apa yang gue harapkan, gue akan memohon kepadaNya agar hati gue diluaskan, agar bisa menerima segalanya dengan lapang dada dan ikhlas. Yakin aja deh, kalo rencana Dia itu lebih baik dari rencana yang lo buat. Manusia itu sering khilafnya, sering melakukan kesalahan, jadi... wajar aja kalo rencana yang dibuat, sering salah. Beda dengan Dia yang sebaik-baiknya pembuat rencana.
‘Masalah itu nggak ada. Masalah itu adalah istilah ciptaan manusia untuk pilihan yang terbaik dari tuhan yang belum mampu mereka pahami’. Kata-kata ini gue kutip dari buku RELATIONSHIT, ciptaannya Alitt Susanto. Dan dari sini gue paham, memang masalah itu sebenernya nggak ada. Tergantung dari sudut pandang orangnya aja, dalam menyikapi hal tersebut.
Allah nggak akan memberikan ujian, diluar batas kemampuan diri seseorang itu kok. Percaya deh. Soalnya, itu adalah janjiNya. So, lo masih nggak mau bersabar untuk menyikapi segala hal yang menimpa diri lo? Segala hal yang lo alami itu, untuk membuat diri lo lebih baik dari yang sekarang kok.

26 comments:

  1. Dan, ketika selesai membaca ini gue kepikiran tugas proposal. Aaaakkk~~\o/

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo.... okeh.. bang. jangan salahin gue okeh. gue nggak tau apa''an kok, bang. seriusan deh

      Delete
  2. Entah kenapa gue ngakak dari awal paragraf yang lu buat ampe pertengahan... :v

    Yap sabar itu seperti tabungan untuk masa depan. Sesabar apa kita menghadapi ujian demi ujian dari Allah itu yang akan menentukan seperti apa nantinya masa depan kita. Ya walau jujur aja gue juga kadang masih gak sabaran :3 :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah... gue kan emang orangnya menggemaskan, mpok. wajar aja lah... *kibas rambut

      bener banget. itu adalah tabungan untuk masa depan. terus sampai kapan kita sabar? yaudah, sabar aja. nggak usah jujur, udah tau kok kalo lo nggak sabaran. nggak kayak gue gitu lah...

      Delete
  3. luar biasa ya nikmat sabar itu. susah sieh.. kadang sampai harus nanya.. "sampai kapan saya harus bersabar..???"
    untuk menyelesaikan baca postingan ini pun saya juga bersabar kok mas hehe... bercanda.. :P

    Salam miaw!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, jawabannya yaa... sabar aja lah. pokoknya sabar aja.
      haaa... haha. iya'' mas. maafin yee -,,,-

      salam dangdut

      Delete
  4. Sabar itu memang luar biasa....
    Orang yang tak pernah marah atau jarang marah selalu di cap orang yang sabar. Tapi itu semua belum tentu benar. Dia jarang marah atau bahkan tak pernah terlihat marah mungkin saja karena dia tidak tau bagaimana mengekspresikan perasaannya.

    Kunci jawaban dari permasalahan akan terbuka lebar jika kau bersabar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah... mungkin bener juga sih. tapi, terkadang orang yang penyabar itu jgan pernah dipancing buat maarah. sekalinya marah, bakalan ganas banget. yah, layaknya singa sih. pendiem, tapi ketika bertindak.... menyeramkan. hahah

      like qoute nya

      Delete
  5. yang jadi pertanyaan, sabar siapanya eyang subur? hayo, gak usah dijawab.

    ReplyDelete
  6. Orang sabar dikasihani Allah *kata mereka*

    ReplyDelete
  7. haha ngakak gue baca ini " Lebih baik perbaikin diri menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, ketimbang sibuk mikirin pacar-pacaran nggak jelas. Lebih baik berteman dengan rasa pacaran, ketimbang pacaran dengan rasa temenan.
    Itu ujung2 nya juga elo modus bang. haha

    nih yang gue setuju nih ada ayatnya jga, jadi gak cuma postingan kosong aja, banyak hikmahnya. Sip bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah... kenyataannya emang lebih enakan gitu juga sih. temenan rasa pacaran. ngiahah

      Delete
  8. Allah bersama orang sabar.. sabar emang penting perlu dan wajib banget ada pada setiap orang. kalau kesabaran atau rasa sabar pada tiap orang udah nggak ada, nggak tau deh gimana dunia ini.. pastinya nggak akan ada yang namanya budaya antri, nggak ada yang namanya mengalah untuk menang. mengalah untuk bertahan,, yaa gitulah.. intinya kalau nggak ada sabar nggak gitulah pokoknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap bener banget itu. sejatinya sabar itu memang nggaks semudah ucapan. tapi kalo emang bner bisa ngejalaninnya, bakalan ngerasain buahnya kok.

      Delete
  9. alhamdulillah, aku masih deberi sifat kesabaran hihihi.
    Aku juga pernah ngerasain sabar yang bener-bener sabar, tapi hasil dari kesabaran itu hasilnya gak ada. Rasanya pas di posisi itu yesek banget, tapi ternyata setelah gue lupa dengan pengrobanan dan kesabaran yang gue lakukan dulu, sekarang gue bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih baik. Alhamdulillah. Dan menyikapi masalah dan rasa sabar juga gak perlu berlebihan, yang ada nanti malah gak kelar kelar masalahnya.

    Oh ya salam kenal ya, aku baru mampir ke blog ini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukur deh. hahah...
      yah, kalo sabar mah ga usah dibilang'' jga keleess. haha. nnti bkalan ngerasain buah dri kesabaran kok. walupun gue jga ga tau kpan dpetnya.

      salam kenal

      Delete
  10. sabar ya, udah jarang loh nemuin orang yang bener - bener sabaar.
    jujur, aku orangnya gak sabaran banget pengen sesuatu itu cepet beres gitu.
    tapi pernah sih diberi cobaan yang bener - bener ngelatih kesabaran dan itu ternyata emang berguna banget buat akunya.
    kesabaran itu akan berbuah keindahan kok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah.. banyak kali org yg kayak gtu. pgennya sgala sesuatu beress dengan cpat.

      bner banget tuh

      Delete
  11. gue mau muntah sekarang boleh gak? tulisan lo yang diawal bikin perut gue mual wkwk. tapi makkin ke bawah makin keren juga sih. eh itu lo ngelakuin survey kayak Cak Lontong pas di ILK aja wkwk, tau gak?

    sifat sabar itu emang sifat yang terpuji banget sih. dari ayat diatas dapat diartikan, Allah bersama orang yang sabar. itu tandanya Allah sayang sama kita yang mempunyai sifat sabar. jadi, kalo ada masalah, sebaiknya kita harus bersabar. Allah ga akan ngasih cobaan diatas kemampuan kita kok, tenang aja. tapi kalo bersabar saja juga masih belum cukup. kita juga harus mencari jalan keluar dari masalah tersebut.

    oh iya, itu anak sd rese banget yaa. itu seandainya kalo dia ngomong sama gue kayak gitu, gue makan dia saat itu juga hahaha.

    btw, itu kutipan kata-kata dari Relationshit keren banget yaa. ah jadi pengen cepet-cepet beli bukunya.

    ReplyDelete
  12. wuah postingannya berbobot banget zi. tumben hahahaha
    wahh semuanya udah beli buku relationshit ya. aku udah baca sampe bab yang adeknya (lah kok malah ngebahas itu)
    oke, memang sabar itu sifat yang mulia. tapi contoh percakapan murid dan gurunya itu bukan termasuk sabar sih hahaha.
    iya allah emang nggak mungkin ngasih ujian diluar kemampuan kita, tapi kadang kitanya aja yang lemah nggak bisa ngelewati ujian itu.

    ReplyDelete
  13. Yang paling setuju pas bagian ini nih :
    "As-sobru yu’inuu alaa kulli amalin yang artinya Kesabaran menolong segala pekerjaan."

    setuju banget. over all keren...

    ReplyDelete
  14. Gua udah muntah duluan.

    Survey lu kayak surveynya cak lontong. Ngeselin. Alhamdulillah sampe sekarang sabar gua masih ada, paling jam 1 malam udah tutup, karena SPBU gak buka 24 jam. Keknya banyak yang bahas RELATIONSHIT, perlu beli nih.

    ReplyDelete
  15. innallaha ma'as shobiriin..

    udah sama tuhan..kurang apa coba...maka, jadi orang sabar itu hakikatnya nikmat...kalau ngerti bahwa Tuhan sedang selalu ada...dan hakikat kehidupan adalah ketika Tuhan bersama kita....so, sabar masih dan harus masih laku....'


    (انتظار الفرج من الله عبادة, ومن رضي بالقليل من الرزق رضي الله تعالى عنه بالقليل من العمل. (رواه ابى الدنيا

    ReplyDelete
  16. Awalnya aku bingung tentang yang persenan itu. Taunya ujung-ujungnya sama aja 100%-___-

    Iya zaman sekarang emang susah banget nemu orang yang bener-bener sabar. Contohnya aja dalam antrean. Masih banyak loh di sini yang pada nggak mau antre. Atau di lampu merah deh. Padahal lampu masih kuning, tapi mobil-mobil mewah di belakang sana udah main klakson-klakson. Aku kadang jadi kesel sendiri. Kalau nggak mau macet sih ya punya pesawat pribadi aja kali.

    Tapi alhamdulillah sih, sejauh ini bisa ngerasain buah dari hasil kesabaran. Kalopun enggak, ya mungkin ada hikmah yang lainnya.

    ReplyDelete
  17. ..........

    apa mau nungguin komenan gue? sabar!
    ......
    ......
    ...... sabar!


    nah ini baru.
    gue dapet intinya zi kalo kit mest sabar, banyak orang kalo sabar itu ada batasnya, gue rasa batasan itu ada karena sebenarnya manusia itu sendri yang gak sabaran. karena sabar tak terbatas. :))

    ReplyDelete
  18. sabar itu emang terpuji, gue satu dari 80 orang yg disurvei

    tapi yg namanya manusia itu naik turun
    ada kalanya sabarnya sesempit lapangan sepakbola
    ada kalanya seluas pantat semut
    itulah manusia,dengan keberagamannya

    ada sedikit typo tuh bro , sabar ya :D

    ReplyDelete

Eettt..... Mau kemana?
Komen dulu dong okeee :))