Friday, 16 August 2013

Semua itu liat dari segi positifnya

Syirik tanda tak mampu, kayaknya itu qoute yang tepat buat gue saat ini. Gue ini adalah salah satu lulusan pondok yang pendidikannya beda sama anak-anak SMP-SMA, yang gue yakin tingkat ke-alayan dan ke-gaulannya nggak bisa diremehkan lagi. Dan sepertinya memang tingkat ke-alayan dan ke-gaulan mereka udah terakreditasi oleh lingkungan sekitarnya. Tak terkecuali sama abang-abang penjual kue cucur.

Nggak tau kenapa gue iri banget sama temen-temen sd gue yang udah sukses masuk ke universitas ternama. Ketika masuk pondok sampai gue kelas tiga, kalo di luar setara kelas tiga smp, gue baru kenal apa itu yang namanya sosmed. Dan dari sosmed inilah gue bisa ketemu lagi sama temen-temen sd gue. Gue sendiri ngerasa kalo mereka itu berharga banget bagi diri gue, enam tahun gue bareng-bareng sama mereka. Mulai dari tawa, marah, nangis, ejek-ejekan nama orang tua, masih ke-inget jelas di otak gue. Mungkin bagi lo yang saat ini udah SMA-kuliah, temen-temen sd itu nggak ada artinya, tapi bagi gue beda.

Gue masuk pondok ketika gue lulus sd, dan setelah itu gue nggak pernah kenal sama yang namanya makhluk halus a.k.a cewe. Temen-temen pondok gue cowo semua dan nggak ada cewenya sama sekali, gue rasa itulah penyebab gue grogi kalo ketemu cewe. Sifat grogi itu kayaknya hanya milik gue, buktinya temen-temen gue yang di pondok sama sekali nggak ngerasa grogi ketika ketemu sama cewe. Terkadang, gue benci juga sama sifat gue yang satu ini. kenapa teme-temen pondok gue bisa ngobrol lama, becanda bareng sama cewe sedangkan gue nggak ? kenapa ? apa mungkin karena mereka makan tiga kali sehari, sedangkan gue lima kali sehari ? apa itu ada efeknya ?? entahlah.


Sebenernya gue bosen banget berurusan dengan yang namanya sosmed. Temen-temen fb gue contohnya. Hampir semua temen fb gue adalah temen-temen pondok gue, dan berarti itu adalah para COWO. Dan sebagian kecil lagi adalah cewe dengan profile picture yang cakep. Walaupun kecantikan seseorang nggak di nilai dari fotonya. Gue nge-add cewe-cewe itu dan ketika gue nyapa ujung-ujungnya gue yang di kacangin. Gue tau profile picture gue ‘kayak gitu’, masa gara-gara profile picture gue yang ‘kayak gitu’ gue di kacangin ? bajigur.... seandainya gue punya temen cewe, nggak mungkin gue nge-add cewe kayak gitu.

Mungkin ada yang bertanya, ‘kenapa gue nggak add aja temen sd gue’. Udah gue lakuin dan hasilnya sama aja. Ada sih yang nge-bales chat gue, dan baru sadar kalo gue temen sd nya, tapi kebanyakan dari mereka udah lupa sama gue. Yah, wajar aja kalo mereka udah pada lupa sama gue karena udah lama nggak pernah ketemu dan contac-an. Yang bikin gue iri adalah ketika gue nggak sengaja, tapi kebanyakan sengajanya, liat foto-foto temen sd di albumnya yang berada di sosmed. Foto temen gue yang lagi ketawa dan memakai seragam putih abu-abu bareng temen-temennya. Seolah tertawa mereka nggak ada bebannya.

Ketika gue beli novel-novel di toko buku yang menceritakan pengalamannya saat di SMA, yang nyeritain dia naksir sama temen sekelasnya, di marahin guru gara-gara upacara yang seharusnya nynyi tapi malah main suling, ngerayu penjaga sekolah gara-gara telat, sampai ibu kantin yang biasanya di utangin. Iri bangeet gue, sumpah.

Apalagi ketika gue liat foto-foto temen sd gue yang sekarang. Mereka dengan keren makai almamater sebuah perguruan tinggi, sedangkan gue ? kalo gue nggak masuk pondok, seharusnya gue saat ini udah semester tiga. Tapi kenyataannya, gue belom.

Bukan maksud gue buat menjelekkan sebuah pondok, nggak sama sekali. Karena berkat pondok gue tau ilmu agama, ilmu kehidupan, dan masih banyak ilmu lainnya. Tapi ujian buat gue sebagai anak pondok lebih berat. Luluan pondok pasti yang bakalan sering ditanya-tanya tentang agama, di tanya-tanya ‘ini tuh bener nggak sih?’ ‘bener nggak sih kalo cristiano ronaldo dulunya tokoh ksatria baja hitam di kartun sincan?’  oke, yang terakhir gue ngaco.

Segi negatif karean gue di masukin pondok adala gue iri banget sama temen-temen sd gue yang udah sukses meraih sebagian mimpi-mimpinya sedangkan gue belom memulainya. Hampir semua yang gue liat dari foto-foto temen sd gue, gue iri banget. Pernah gue ada ide buat ngadain bukber bareng temen sd gue, yang ketika kelas enamnya sekelas sama gue. Tapi niatan gue itu kayaknya harus gue urungkan, karena.... gue grogi ngomong dan berhadapan sama cewe. Kampret. Tapi sebenrnya sih, masih ada alesan lain, tapi gue susah nulisnya.

Dalam segi posiitnya gue msuk pondok, gue punya banyak banget temen dari setiap daerah yang ada di indonesia. Ada juga yang berasal dari malaysia. Walaupun semuanya cowo _ _”. Dari temen-temen gue itu, gue bisa santai kalo jalan-jalan ke luar kota. Gue bisa tau sifat dan watak orang dari setiap daerahnya. Dari alumni gue juga ada penulis yang bukunya udah banyak yang beli dan saat ini bukunya udaah ada empat judul. Dan gue yakin, gue juga bisa jadi penulis seperti dia.

Itu tadi adalah keresahan yang gue alami saat-saat ini. sebenernya gue mau nulis tulisan ini udah dari kemarin-kemarin. Tapi hilang ketika gue ada kesibukan lain. Dan ketika buka sosmed gue liat foto-foto temen sd gue yang akhirnya jadi keinget lagi buat nulisan ini.

-Gue kangen banget sama temen-temen sd gue. kangeen banget..... -

53 comments:

  1. bagi ane sendiri,temen sd kek temen smp kek gak ada yang bisa ane hargain? kenapa dulu gue pernah di bully mereka.. ya walaupun kurang dari satu angkatan.. tapi 5 kelas itu cukup bikin down T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. buseet, masa sd aje lo udah pernah di bully, sehina itu kah diri kau ???? wkakaak
      emang lo di bully pegimane?

      Delete
  2. Selama gue sekolah temen yang paling berkesan itu smp dan sma. Kalo SD, gue ingetnya kenangan seperti masa kecil-kecil dulu. Soalnya masih banyak pikiran buat main main kan ji. Tapi, balik lagi. Yang bikin gue penasaran itu temen SD. Soalnya waktu SD masih dibilang anak kecil gitu. Nah, jadi penasaran deh kalo ketemu itu mukanya gimana? sekolah dimana? udah kawin apa belom? udah punya mantan berapa? berapa kali diphp'in? Iya, begitu deh pokoknya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, gue juga tau kalo orang'' yg kayak lo kbnyakan kangen sama anak'' smp atau sma.
      lo tuh sbnernya kangen atao emang niat mao nge-hina temen'' sd lo ? parah banget ye lo. hahahh

      Delete
  3. walaupun aku sekarang udah kuliah, tp tiap balik ke rumah ga pernah lupa maen sama temen SD, pasti nyempetin kumpul. hapus rasa iri, syukuri apa yg ada, semua ada jalannya sendiri-sendiri. kalo sifat grogi kamu itu kan bisa dilatih, coba tuh minta ajarin temen2mu yg lebih ahli kalo ngobrol sama cewek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. temen sd gue rumahnya jauh''. jadi waktu sd, rumah gue yang lawan arah samaa temen'' sd gue lainnya.
      emang sih, klo smua di liat dari segi postitif pasti bsa bersyukur. walaupun susah-gampang jga sih buat nerapinnya
      wah, yg bner neeh ?? tmen lo cwo apa cwe yg ngajarin neeh?

      Delete
  4. Ya ampun, miris banget.. Yang bisa dikangenin cuma temen2 SD soalnya waktu SD masih punya temen cewek..
    Gak apa-apalah Zi, dinikmatin aja.. Setidaknya elo kan enggak grogi sama cowok, mungkin elo juga harus belajar mencintai cowok..

    Oh iya, gue ngasih masukan dikit ya..
    Biar elo nulisnya makin keren, gimana kalo sehabis elo nulis, dibiasain buat dibaca ulang lagi, buat meminimalkan typo dan elo jadi editor diri elo sendiri, ini cuma masukan sih Zi..
    Jangan cemberut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye bang. peyuuk dong (~' 3')~....
      OGAH GUE KAGAK MAO, GUE MASIH DEMEN SAMA CEWE. APALAGI SAMA PERSONIL'' GIRL BAND.

      siap bang. bakalan gue lakuin. klo msih juga brrti gue lagi khilaf, maap ye, bang. heheh

      Delete
  5. kemaren gue di ajakin reunian sama temen SD tapi gak mau dateng. soalnya gue baru inget gue punya banyak utang sama mereka. gue takut aja kedok reunian ini di jadikan ajang bayar utang bareng. makanya gue gak mau dan memisahkan diri secara alim/

    gue emang cerdas sih..

    setuju sama bag edotz, gue juga suka typo jadi kita tos dulu yuk .

    ReplyDelete
    Replies
    1. lo pas sd aje udah punya utang banyak, yam... gimana lo udah gede nanti yam ??? ya owoh, maapin tmen baim. oke, itu emang lebay

      oke, *toss

      Delete
  6. Saya justru tidak begitu menghargai masa SMA saya. hahaha... Teman-teman datang dan pergi saja sepertinya. Eh, sekarang masih grogian sama makhluk halus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok gitu sih, coy ??
      iye neeh,, tau gue klo ngomong sama cewe apalagi cakep jadi grogi. makin cakep, makin grogi gue _ _"

      Delete
  7. Aku termasuk temen cewekmu yang cakep nggak? (Nggak penting, abaikan.)

    Punya temen-temen dari banyak daerah itu emang seru. Di kampusku dulu juga anak-anaknya dari bermacam-macam daerah. Kalo habis pulkam, pasti pada bawa makanan khas daerah masing-masing. Terus kalo mau pergi ke kota lain, tinggal hubungin temen yang tinggal di kota itu buat minta tumpangan gratis. Hahaha.

    Aku malah sama sekali nggak kangen temen-temen SD. Karenaaa... Aku dulu pas SD selalu jadi korban bully.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu lah salah satu enaknya pnya bnyak temen dari luar kota. walaupun tmen gue kbnyakan cwo smuanye sih -,-

      emang lo di bully gimane, nis?

      Delete
  8. Zi.. justru dg ke- iri-an lu itu hrsnya jd motivasi.. w jg ngrasa iri kali ama tmen w tp w brusaha buat gg mau psang muka iri or kalah... justru lu kudu bs jd lbh baek mslx lu ambil beasiswa or apa aja yg ngangkat haibah dpn tmn2 lu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIAAAAAAAAPPP, NENG !!!! terharu banget gue dengan kata'' lo yg membakar gitu. tisu, tisu manaaa tisuuuuu ???
      iye, brrti kita sama, kita jodoh berartiiiiii ??? okeh, itu abaikan

      Delete
  9. jadi aku termasuk temen cewek km yg cakep :o haha canda
    kalo aku sih yg sekarang paling dikangenin temen2 SMA, apalgi kalo udah liat foto2 atau video kelakuan dulu waktu SMA :")
    anw kita seumuran dong yah, kalo misalnya km sekarang hrusnya kalo kuliah udah semester 3.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yasalaaaammm, lo bikin gue tambah iri ?
      benarkah itu ? mungkin ada kesamaan diantara kita ? kamu punya mata kan ? punya idung kan ? berarti sama dong. berarti kita jodoohhhh.... akhirnya gue bisa nemuin jodoh gue juga.
      okeh, itu ngacao. gue lagi mabok makan rendang kayaknya

      Delete
  10. bang tomat hidup ini gk cuma bwt cari kenalan cwek doank !!
    klo lu cuma cri kenlan cwek doank dan lu tau itu gk mngkin bisa terjadi sama dri lo
    hehehehehe

    mksd w mna mngkin lu berani kenalan klo gak di bantuin ama tmn2 lu
    syukuri apa yg ada !!!,,, klo skrng ke bnykn tmn2 lo dri pondok bkn berati lo harus merasa bosan (krna mrka cowok smua)
    siapa tau dri pertemanan lo sma tmn2 lo (yg di pondok)itu mnjadi jln buat buat lo bisa berkenelan sama makhluk halus

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke, lo ini sbnernya mao nyemangatin gue buat maju, atau nyemangatin buat menghina gue ?

      iye siaaaaappppp dah, mas broo.

      Delete
  11. Aku sama sekali gak kangen sama teman-teman SD ku karena lanjut ke SMP dan SMA kebanyakan jumpa di 1 sekolah lagi -,-"
    Tapi aku gak nyangka hal-hal sepele yang dilakukan anak-anak di sekolah umum bisa bikin kamu iri.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah lo _ _"

      iye, hah, sumpah iri banget gue dah

      Delete
  12. pertama..salam kenal ya :) hehe

    haha..nice post..
    sama mirisnya..semua temen2 SD gue udah lupa sama gue...
    gatau antah berantah entah kemana..

    yg penting lu syukuri sob...jalani aja...mending nyesek di proses daripada nyesek di hasil :)
    good luck ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga sob....

      iye, senasib kita berarti yak. *tos dulu

      iye, neh gue udah jalanin

      Delete
  13. Aaaaak.. aku juga dulu anak pondok. lulus SD langsung masuk pondok, tapi gak bertahan lama hehe cuma satu setengah tahun. Jadi masih sangat bisa ngerasain sekolah umum.. Dan sekarang aku malah kangen sama temen-temen pondok :( #curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah elah, ndaa... klo gitu, lo msih bisa jlan bareng'' sama temen sd lo itu _ _"
      nah, loh ?? jdi kebalik gitu -,-

      Delete
    2. jadi lo sekarang kuliah di ISID gontor?
      trus lo alumni gontor juga?
      Aaaakkk kereeeeen :DD

      Delete
    3. bentar, kok lo tau tntg isid gontor ? jjur, selama ini lo merhatiin gue kan ? oke, abaikan

      biasa ajee _ _"

      Delete
  14. waktu gue SMP juga banyak temen pondok yang ngeluhnya sama kaya lu zi, tapi gue saranin sih nikmatin ajah keadaan yang sekarang ini.. orang nggak mesti sama, dan itu juga bukan kemauan lo kan, ada nilai positifnya kok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, klo mikir positif emang smua bklan terasa lebih indah.. *tsaaah

      Delete
  15. aduh... kebanyakan kalo temen SD masih inget.. mungkin.. karena desa kita masih bersebelahan.. dan sampai sekarang masih ada cewe 1 yang sering chat sama gue.. ya, cuma 1 doang yang mungkin masih inget... sungguh mengharukan,!

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah, kan desa lo sebelahan, msa chatingan ? samperin aja lah rumahnya. yah, alesan aja mao numpang makan atau gimanaa lah gitu. hahah

      Delete
  16. aku juga kangen temen SD. tapi gak tau mereka ke mana, soalny rumah pad juh - jauh, ah menyedihkan sekali :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sama tmen'' gue juga pada jauh'' rumahnya. ah, ngenes banget daah _ _"

      Delete
  17. emang susah sih bergaul di lingkungan pondok yg ujung2nya temenan sama org yg se-gender..

    tp masih untung loh "grogi sama cewek", masih lebih baik daripada "orientasi sex berubah" gara2 masuk di pondok... #okeabaikan

    banyak2 bersyukur ya..kdang apa yg dilakukan d skolah umu itu gak-seindah keliatannya loh...ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia -,-

      wah, gue belom mikir sampe sono tuh, hahahah

      emang kunci nya harus bersyukur

      Delete
  18. Aku sih ngga seberapa kangen, paling kangen sama temen2 SMP. eh tapi waktu reuni esde aku pernah cinlok. Ahsudahlah.

    Keren yah kamu makannya sehari lima kali.

    Semoga tercapai cita2 yg jadi penulisnya. Yah minimal penulis blog lah, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahh, msa sih ???

      hahah, malahan lebih juga loh, bang. hahahah

      amin... penulis buku lah bang. heheh. doain aja yak

      Delete
  19. Gue ngerti kok ji :) kan kita sering chattingan di Fb.. lo cerita banyak dan gue tau itu menjadi keresahan lo. sabar ji, Lama-lama lo akan terbiasa kok sm cewek.
    mungkin krn lo kelamaan di pondok aja ji...

    yang gue khawatirin entar lo jadi teroris atau malah jadi maho ji krn kelamaan di pondok -_- nauzubillah yah ji jangan sampe.
    mendingan pacaran sm gue aja ji daripada jadi maho wkwkwk *eh engga gue becanda ji -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mksih yak, kak git (~' 3')~.......

      ga gitu juga kali, gitt -,-

      lo lebih tua dari gue, gittttt _ _"

      Delete
  20. bener bang semuanya itu udah ada positif negatifnya. Yah kita tinggal jalanin aja. Yang mana bagus, yah ikutin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalo gue mikir negatif mulu ga maju'' gue. bner ga ???

      Delete
  21. apa alasan lainnya lo mengurungkan niat ngadain bukber?? ada yang lo suka eaaa....ea kaaan.... *soktau

    maybe I know what you feel, wlopun ga ngerasain kek gitu jga, tpi begitu lo lulus dari pondok lusa lo jga bisa ngeraih mimpi lp Zi, yang penting usaha jadi yang terbaik yag bsa lo lakuin skrang ini...be the best aja..sekia ceramah dari gue, Zi. semangat!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue grogi buat ktmu tmen sd gue yg cwe, mey.....

      iya, makasih eaaa kakak (~'3')~....
      walaupun susah, harus ttep gue lakuin, btul ?

      Delete
  22. coba kurangin porsi makannya, siapa tau geroginya berkurang hahaha :D
    tapi, jangan sampai lo nyesel karena masuk pondok. Lo beruntung bisa masuk pondok, dapet ilmu dunia wal akhirat. lo gerogi sama cewe juga ada positifnya, setidaknya gak terlibat pergaulan bebas kayak anak2 gaul jaman sekarang. manfaatin ilmu yang lo dapet dari pesantren sebaik mungkin. percaya deh, kalo cowo yg sholeh pasti bakal dapet cewe yg sholihah juga kok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. WHAATTATTTT???? kaga ada hubungannya kali ?? tpi bisa di coba juga sih, heheheh
      aminnn....
      tapi ujiannya uga bnyak neeh, heheh

      Delete
  23. zhie, nama panggilan yang sama yah hehe syukuri aja hidup yang kita jalani.. kalau kamu iri sama temen kamu yang udah meraih sukses lebih dulu bukan berarti kamu yang tinggal di pondok gak bakal sukses kan..aku malah ngiri lho sama yang nyantri gtu banyak ilmu agamanya ditahu, mungkin jago bahasa arab juga lha kita yang di luar masih pada awam,, tapi memang yaahh tantangannya berat kalau jadi santri.. good luck yuaa!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kok bisa sama yaak... pa jgan'' kita ini..... power ranger yak ?? hahahah, oke lupakan.

      yah, gue smkin bnyak tau, smkin bnyak juga yg nnya. pdahal ga smuanya gue paham juga sih

      Delete
  24. Nah lho? mungkin itu pertanda lo lebih akrab bareng cowo bang ._. kenapa jadi serem gini ya hehe
    Dari selama gue sekolah, memang temen2 sd itu yg paling asik ga gengsi2an, lah kalo sma temen2 banyakan pacaran -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kampret, gue masih normal kali, neng _ _"
      nah bner banget itu.... setujuh dah,

      Delete
  25. Nah lho? mungkin itu pertanda lo lebih akrab bareng cowo bang ._. kenapa jadi serem gini ya hehe
    Dari selama gue sekolah, memang temen2 sd itu yg paling asik ga gengsi2an, lah kalo sma temen2 banyakan pacaran -___-

    ReplyDelete
  26. kalo saya lebih senang bergaul dengan teman SMA

    ReplyDelete

Eettt..... Mau kemana?
Komen dulu dong okeee :))