Thursday, 8 August 2013

Rantai lebaran

Lebaran itu merupakan hari kemenangan buat umat muslim di dunia. Setelah di beri ujian berupa puasa sebulan penuh, kini kita menyambut hari di mana semua orang harus bahagia. Dari orang kaya sampai orang miskin berbahagia di hari ini. Orang kaya bisa mencuci hartanya dengan melakukan zakat, lalu orang miskin juga bahagia mendapatkan haknya berupa harta yang dimiliki oleh orang kaya.

Di hari ini semua orang mengunjungi rumah tetangganya untuk meminta maaf, apalagi yang anak kecil, pasti semangat banget buat dateng ke rumah tetangga. Sebenernya dateng ke rumah tetangga untuk meminta maaf itu hanya alibi anak kecil aja buat minta THR. Gue jadi inget ketika gue kecil, yang keliling muterin komplek buat minta uang THR sama tetangga. Rumah gue tadi pagi juga kedatengan anak-anak kecil, sekitar tiga orang. Setelah salaman sama keluarga gue, nyokap nggak lupa buat ngasih uang THR sama mereka. Berapa menit kemudian setelah anak kecil itu keluar dari rumah, datenglah pasukan anak kecil ke rumah gue, dan intinya ya itu tadi, minta THR. Gambarannya kayak gini,


 Kali ini gue ngerasain banget kalo gue belom ngasih apapun ke orangtua gue. dari nyokap terus babeh gue, adek-adek gue. gue belom bisa ngasih apa yang mereka harapkan dari gue. seolah-olah gue meng-php kan mereka.
Gue raih tangan nyokap, gue cium tangannya, kemudian gue nangis di pangkuan nyokap. Nggak tau, apakah ketika lebaran nanti gue masih bisa mencium tangan nyokap lagi atau nggak. Sampai saat ini gue belom bisa ngasih apa pun ke nyokap gue. Sebenernya nyokap nggak minta hal-hal yang aneh dari anak-anaknya. Dia hanya minta, agar anak-anaknya kelak menjadi anak yang sholeh dan sholehah dan membacakan yasin ketika dirinya telah tiada. Udah sering gue liat foto-foto yang menceritakan tentang kasih sayang nyokap kepada anaknya. Gimana rasa cinta nyokap ketika masih di dalam kandungan, ketika masih kecil selalu ngerepotin, dan ketika ssudah beranjak dewasa nggak mau denger perkataan nyokap dengan dalih-dalih ‘aku udah gede, mah. Bukan anak kecil lagi’. Dan baru sekarang hati gue terketuk.

Lebaran tahun ini, rumah gue yang menjadi pusat ketemunya saudara-saudara dari keluarga nyokap, karena keluarga babeh gue ada di jawa. Gue yang biasanya bisa rebahan sambil gangguin adek-adek gue, harus rela nggak bisa duduk. Rumah gue serasa sempit banget karena memang anak-anak dari kakaknya nyokap gue, kebanyakan udah pada punya keluarga. Dan memang saudara-saudar gue badannya emang kelebihan semua. Yah, masih bisa bersyukurlah karena banyak diluar sana yang pada busung lapar. Segala sesuatu itu diliat dari segi positifnya aja. *asyek dah.




Waktu yang gue tunggu-tunggu akhirnya dateng juga. apalagi kalo bukan waktu pembagian THR, hahah. Semua saudara gue yang udah kerja pada ngeluarin amplopnya yang tebel. Gue nggak tau isinya duit serebuan atau berapa , yang penting keliatannya tebel. Saudara gue mulai teriak-teriak ‘yang kuliah, mana yang kuliah ??’ saudara gue nggak bilang tanda tanya juga ya, tapi itu intonasi dari omongannya.

Mulailah pembagian jatah THR dari saudara-saudara gue yang udah kerja kepada keponakan-keponakannya yang masih sekolah, termasuk gue. nggak tau kretip atau apa sodara gue ngasih duit lima ribuan ke keponakannya. ‘udeh, neeh ambil. Nggak ada kan yang ngasihnya sampai berlembar-lembar kaya gue’ emang berlembar-lembar sih, tapi cuman tiga doangan. _ _”.

Tante gue yang lain masih lagi bagi-bagi THR ke keponakannya. Ketika lewat sodara gue yang tadi ngasih duit lima ribuan, sodara gue bilang ‘mana jatah gue ?? gue baru lulus SMA neeh, hahaha’. Padahal kenyataannya...... muka memang nggak pernah boong.

‘wah, nih yang sekolahnya jauh, sini-sini’ abang gue manggil gue, ‘nih kasih duit ya. Tapi di tempat lo laku kagak neeh duitnya, hahahh ??’ kamfretoo _ _”. Dikira sekolah gue make koin, kalo mao beli-beli barang. Nggak sampe situ aja, ‘pujian’nya ke gue. ‘lo mao sunat ye, dari tadi make sarung. Kagak punya pakaian baru ape ?, hahahah’ emang kenyataanya gue susah buat nyari pakaian yang pas sama badan gue. nasib-nasib _ _”.

Dan gue ucapin....
MINAL AIDIN WAL FAIZIN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

*Karena memang manusia tidak luput dari kesalahan. Ibaratnya idung yang pasti didalamnya ada upil.

Itu kisah gue ketika hari lebaran. Nah, kalo kisah lo gimana ?? *udah kayak iklan-iklan aje, yee *___*. Tulis di kotak komentar yak. (~ ‘ 3’)~


40 comments:

  1. Yha... bang...terharu w ame elu.. yha gmnapun juga jd anak kita kudu bisa ksih yg terbaek buat org tua...w juga mpe skrang lum ngasih apa2....

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue aja sampe nangis nulisnya. _ _"

      Delete
  2. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H. Minal Aidzin Wsal Faidzin. Mohon Maaf Lahir Dan Batin

    ReplyDelete
  3. hehehe mantap gan .
    baru berkunjung nih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh, sama'' gan.
      jgan bosen mampir ya

      Delete
  4. Susah nyari pakaian yang pas? Jadi selain sepatu, baju pun nggak ada yang muat sama badanmu? Hahaha...

    Selamat Idul Fitri ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye neeh, nyesek banget dah -,-

      iya, maap lahir batin juga yaa

      Delete
  5. susah nyari pakaian yang pas? ukuran lo berapa sih bang? jangan bilang ukuran lo se Hulk? :o

    selamat hari raya idul fitri, minal aidin wal faidin mohon maaf lahir dan batin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. xl luar negri. bingung kan ? emang.

      iye, maap lahir batin yee

      Delete
  6. kamu sama hulk itu gede mana? *eh* sepatu susah, baju juga susah, pukpukpuk
    aku mah kurang lebih sama lah sama kamu sama2 menunggu THR :D
    Selamat idul ftiri, mohon maaf lahir batin ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga sgitunya juga kalii -,-

      kok kita bisa samaan gini ya ?? *salah fokus

      iye, maap lahir baatin ye

      Delete
  7. aku juga paling nunggu waktu pembagian THR. gapapa duit duarebuan yang penting lembarannya banyak. berkesaaaan gitu hehehe

    selamat idul fitri. maaf yah kalo ada salah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye, kalo lembarannye ada dua rebu gue juga maoo -,-

      iye, gue juga mhon maap lahir batin ye

      Delete
  8. ah enaknya..nikmatilah masa-masa sekolah dan menerima THR, krn klo udh kuliah dan kerja, semua keadaan akan berbalik..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue masih kuliah tpi blom kerja kok hahah.........

      Delete
  9. Duhhh jadi ingat Ibu di tempat jauh :'(

    Lo masih dapat THR zi?? Enak banget,, jd lo pas hari raya cuma pake sarung doang?? Gak pake Baju gitu? Udah kek emak-emak aja lo zi. Wahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, bang *senyumbangga

      iye, gue dikira orang sunatan -,-

      ya make baju lah, banggg _ _"

      Delete
  10. lo udah banyak dapet thr skarang bagi2 ke gue sini hahaha. selamat idul fitri ya bro ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa-apaan , bang _ _''. gue udah dengan sabar menunggu dapet THR, dan semudah itu lo minta ke gue ?? ga akan. hahahah

      iye, bang

      Delete
  11. semakin besar kita malah semakin dikit yang ngasih THR :')

    tapi di hari lebaran ini lah kita bisa kumpul bareng" keluarga besar. Kalo hari biasa pada sibuk kerja semua hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan untung gue skarang belom kerja. muhuehuhehuehue

      bner banget tuh bang. setujuh

      Delete
  12. selamat lebaran, teman. :)
    serunya itu rumah lo jadi rame banget, mana bagi bagi thr pula. lo engga bagi bagi thr buat yang komen juga nih? muahahaha.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat lebaran. maap lahir batin yaa

      whaat ??? nggak deh, gue kan masih skolah belom kerja. heheh

      Delete
  13. buset rame banget, gue kirain personil JKT48 tadi -_-
    jadi uah dapet berapa THR lebaran ini?
    itu pakaian gak ada yang pas gimana ceritanya? gue gak ngerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak kpan jkt48 make kerudung -,-

      alhamdulillah dapet banyak, heheh

      iye, gue nyari'' di toko, susah yg ukurannya pas sama gue

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Kapan-kapan entargue mau kerumah lo juga, sekalian minta THR juga. Benernya anak2 kecil itu gak cuma mau minta THR tapi juga sekalian cari perhatian lo, keknya mereka naksir sama lo. Udah cepat tembak!!

    Juga tersentak sedih, gue juga belum ngasih apa apa sama orang tua, minta mulu malah.

    Oh iya, mohon maaf lahir batin ya, kalo kemarin kemarin ada salah, maafin ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang, gue tau gue jomblo yang elegan, tapi gue juga ga sampe naksir sama anak-anak kecil kali, bang _ _"

      bener, bang. gue aja pas nulisnya sampe nangis

      iye, gue jga mohon maap lahir batin

      Delete
  17. wah.. enak loe.. makin gede makin banyak THR..
    gue..?? makin gak dapet bro... miris banget.!!

    oh ya.. mohon maaf lahir bathin ya bro..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkakakak, tapi klo gue udah kerja. beda cerita lagi kali, bang _ _"....
      yang tabah yak, bang. *pukpukpuk.

      iy, bang. maaf lahir batin ya

      Delete
  18. Gue sih sama Jo, sama bang pauji, makin gede kita berbanding lurus sama THR yang bakal didapet. Kenapa? Karena keluarga gue perhatian. Kan makin gede makin banyak kebut. Yegak, bang pau? :D:p

    anyway, maaf lahir batin juga yaa *salaman tanpa tempel* minal aidin wal faizin..
    Dan #

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkakakak, beraarti kita sehati dong. jgna'' kamu itu, pedagang es oyen yak ?? hahah ^^

      iye, gue jga mhon maap lahir bati ya

      Delete
  19. bang fauzi keluarga lo ada cwek y kga yg seumuran ma gw ???
    kenalin ke gw 1 donk
    xixixixixixi bcnda doank tpi ngarep dikit

    maap lahir batin bang !!
    jngn lupa lu msih punya utang 20000 ma gw,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada tuh saudara ateguh. kenalan aja sno, die juga satu tk sama gue. hahah

      iye, gue jga ye. mhon maap lahir batin
      what ?? lo yg ade, msih pnya utang yg nsi padang ntuuh

      Delete
  20. Gpp Zi, belum bisa ngasih apa2 buat orang tua, asala elo gak minta apa2 sama orang tua.. Hehe

    Btw, rumah lo asik jadi markas besar gitu.. Pasti seru banget bisa rame2 bareng sodara..
    Tempat gue mah sepi banget..

    Eh iya, yakinkan aja dari hati..
    Elo bisa ngasih THR ke sodara2 dan terutama orang tua elo taun depan! Entah gimana caranya.. Selalu ada jalan..

    Met lebaran ya..
    Maap2 kalo ada salah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gue laper siapa yg mau nyuapin gue, bang kalo gitu ??........

      mau rame, tinggal dibakar, pasti ntar rame, bang

      iye sih, bang. usaha itu kuncinya

      iye, mhon maap lahir batin ya, bang.

      Delete
  21. duh, gue baca postingan ini jadi sedih. dari kecil sampe sekarang, ini lebaran yang paling ikin syedih. gue nggak dapet THR. sama sekali. syedih kan...
    tapi membahagiakan ya bisa berkumpul bersama kek gambar ituuu...jadi bahagiaaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg sabar yakk... ('___')//(.___.)

      bner banget itu, heheh

      Delete

Eettt..... Mau kemana?
Komen dulu dong okeee :))