Thursday, 6 June 2013

Bedanya UN dan UP (ujian pondok)


Semua manusia bakalan nemuin apa itu yang namanya ujian. Bukan hanya manusia, makhluk’’ lain juga pasti pernah ngerasain yang namanya ujian. Beda dengan ujian makhluk yang statusnya jomblo. Ujiannya berupa melihat orang lain sedang bermesraan. Satu saran gue, cabut, bro. Lo pergi dari orang’’ yang bermesraan itu, pergi yang jauh kemana aja. Tapi jangan pergi ke rumah pacar temen lo atau mantan lo. Itu membahayakan diri lo, bro.

Ujian negara udah selesai buat para siswa-siswi kelas 3 SMA. Dan gue ucapin sukses buat mereka yang telah lulus, dan bagi yang belom lulus nggak gue ucapin selamat. Tapi anggap kegagalan lo itu sebagai batu loncatan buat diri lo. Selama gue di pondok, gue nggak pernah ngerasain apa itu yang namanya UN, sama sekali nggak pernah. Selama gue di pondok gue nggak pernah ngerasain coret’’ baju kayak anak’’ SMA. Sebenernya gue mau sih coret’’ baju orang, tapi masalhnya temen gue nggak mau bajunya dicoret’’ sama gue. selama gue di pondok, ujian yang paling berat menurut gue adalah ketika gue kelas 6. Kalo di luar setara sama anak kelas 3 SMA. Ujiannya ada 3 tahap, beda sama UN anak SMA. Tahap pertama adalah ujian praktek mengajar. Jadi di hari gue di ujikan, gue berubah jadi guru ketika hari itu. Gue harus make kemeja, dasi, rompi dan harus make jas dan yang pastinya bikin gue gerah ketika ngajar. Itu baru pakaiannya, lalu
otomatis gue harus, kudu paham sama apa yang gue ajarin dan yang terpenting gue harus bikin persiapan ngajar. Sama kayak bikin skripsi, jadi gue harus lapor ke pembimbing gue.

Tahap berikutnya itu ujian lisan. Ujian lisan ketika gue kelas 6 harus masuk kurang lebih 5x. Itu mulai dari bahasa arab, bahasa inggris, fiqh, Al-Qur’an dan lainnya. Lupa gue. Materi yang diujiin bukan hanya dari buku gue kelas 6 doang, tapi semua buku dari gue kelas 1. Jadi misalnya, sekarang lo ujian bahasa arab dan materinya Mutholaah, Nahwu, Shorf sama Muhadatsah. Mutholaah yang gue pelajarin dari kelas 1-6, berarti total buku mutholaah 6. Nahwu yang gue pelajarin dari kelas 2-6 berarti 4 buku. Jumlah buku mutholaah sama nahwu baru 10, belom lagi ditambah buku shorf sama muhadatsah. Yah, lo itung sendiri aja dah. Satu kali ujian bisa 10 buku, kalo ujian lisannya ada lima berarti.... itung diri aja dah.

Dan tahap terakhir adalah ujian tulis. Kalo ketika ujian lisan hanya yang berbau bahasa dan agama, ketika ujian tulis lo berhadapan sama matematika, fisika. Jujur, dari pada gue ngerjain soal matematika mendingan gue makan nasi goreng+es teh. Ujiannya berlangsung hampir 2 minggu, dan materinya sama seperti ujian lisan. Cara belajarnya sih, sama aja kayak lo...lo...lo semua yang pernah ngerasain UN. Tapi di pondok tambahannya sholat sunnah. Jadi yang berbau sholat shunnah pasti dikerjain sama anak pondok, dari dhuha, tahajud dan lain’’nya. Tapi pas ujian udah selesai, sholat sunnahnya kendor lagi, kadang’’ santri memang labil.

Setelah kesusahan pasti ada kemudahan, terbukti setelah ujian terakhir selesai temen’’ gue pada seneng semua. Padahal menurut gue ujian terakhir itu susahnya naudzubillah dah. Kalo gue inget’’ soalnya, gue jadi pengen nyari pembuat soalnya. Kalo anak’’ SMA setelah selesai ujian selesai bakalan coret’’ baju, kalo gue beda.....

*ini kebiasaan anak pondok kalo selesai ujian*



*ini formasi angka dalam bahasa arab. ada yang tau ?*


Yah, semuanya memang bakalan terasa indah ketika waktunya

28 comments:

  1. kalau SMK ada juga zi. namanya ujian praktek. jadi ujian apa aja yang dipelajari selama 3 tahun di pelajaran jurusannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bru tau gue, kuh. brrti lo jga ngerasain praktek gtu juga yak ??

      Delete
  2. beh pakek dasi rompi dan dasi segala ya, hahaha kayak pramusaji donk waktu elu ujian

    ReplyDelete
    Replies
    1. make jas juga, bang... -____-''. klo gue jdi pramusaji, mau makan apa pelanggannya, bang ?? mreka ga doyan kebab rasa apel

      Delete
  3. Kok ujiannya pake tahap-tahapan segala kaya mau audisi indonesian idol -___-
    besok kalo lulus coret-coret peci aja, sekedar ngungkapin seneng dikkit laah...

    Waaah hidup di pesantren berat juga ya ..
    Tapi gue heran, kenapa anak pesantren itu cetakannya kaya elo...
    Absurd gini -__-

    Eh, tapi elo masih berani buat salaman sama cewek kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye, bang.... ntar gue ksih tau adek kelas gue buat coret'' peci make kapur aja, stlah slesai ujian.

      bkan absurd, bang. sedikit aneh aja gue

      kgak berani, bang -_______-''

      Delete
  4. duhh itu materi ujian lisannyaaaa :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang yak ?? itu susah beuud loh, cyinnn....

      Delete
  5. ya sebenarnya ini lebih keren bin bermanfaat sih.
    dibandung yng coret-coret gazelas

    ReplyDelete
  6. wah kamu di gontor ya zi??

    aku juga dulu ujian pondoknya terasa beraattttt banget. bayangin aja, ujian pondok dikasanakan malam2, setelah isya. selama 3 bulan. jadi namanya ujian 3 bulan. jarang ada yg bilang ujian pondok. dan semua kitab2 di ujiankan disitu selama 6 kali ujian.. ya allah.... berat banget rasanya...

    aku terpesona ama kolam renangnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tau dari mana -______-'' ??
      hoo, lo anak pndok juga yak? yah, sama aja kayak ujian d pndok gue itu

      thx :p

      Delete
  7. itu angka 282 ya bro?

    ternyata sama aja, g disana g disini, santri memang labil kalo urusan sholat sunnah... kalo gi pondok "rajin", kalo udah diluar pondok, yah pasti males

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu 686, zim

      bkan males, ga smngat aj

      Delete
  8. Zim, itu yang pake baju item itu mereka sujud apa olahraga di tepi kolam renang Zim?? aku bener bener nggak ngerti...dan aku kok bodo nggak tau itu angka berapa ya??? Berapaaaa??? katakan padaku berapaaaa??? -__________-

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama, nague bukan zimbo. nma gue Fauzi.
      itu bkan bju, tpi jas, mey....... -_________-
      itu lgi sujud lah, olhrga apaan smbil sujud gtu. itu angka 686, 686, 686, tau ga may... itu 686 !!!!

      Delete
  9. itu angka 686 ya ?
    hidup di pesantren berat banget ya, ujiannya bertubi-tubi gitu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap bener banget,
      yah, slama kita berusaha pasti ada jlan kok

      Delete
  10. Jadi ingat masa-masa saat masih nyantri...
    Semangat deh jadi maahasantrinya

    ZaenuriAchmad.com

    ReplyDelete
  11. wah wah ngeri juga ya ujian pondok , gue anak MA jadi gak begitu sulit cuman UN sama UAMBN doang hehe :D

    ReplyDelete
  12. Ujiannya -__- sedikit... mudah
    ohya di pondok boleh poto-poto ya?

    ReplyDelete
  13. keren ya pondok pesantrennya :D
    hehehe ada kolam renang

    ReplyDelete
  14. itu cukup memusingkan mungkin yah ___- huft, tapi kalo mau memperdalam agama pas tuh masuk pondok begitu :D hehe

    ReplyDelete
  15. Dulu gue pengen banget masuk pondok tapi nggak kesampean.. ternyata ribet juga ya ujiannya...

    di kolam renang itu keren formasinyaa... mantap

    ReplyDelete
  16. ane pernah tuh ngrasain XD hahahahahaha

    ReplyDelete
  17. yg dipondok... puasa2 di pondok pasti rame ya bang....

    santri2 pasti ga labil lagi :D *g nyambung sama postingan, tapi nyambung sama komen sebelumnya*

    ReplyDelete
  18. Wah, kayaknya ribetan UP ya...
    Eh belum pernah ngerasain deng...

    Tapi ayik kan? seru...

    ReplyDelete
  19. suka di ceritain ama temen yang pesantren, sering ujian lisan.. dan kadang mengerikan jatuhnya -___-"

    ReplyDelete

cara bersedekah paling mudah, berkomentar di Blog ane ini