Wednesday, 31 October 2012

Cerita anak 1 SMA

Ketika gw masih kelas 4, kalau di luar setingkat dengan kelas 1 SMA. Gw menjadi panitia acara perpulangan akhir tahun konsulat gw. Dari gw kelas 4, gw dan teman” gw yang satu angkatan dengan gw. Sudah diberi kepercayaan untuk mengurusi perpulangan konsulat. Dari gw kelas 4 sudah dilatih untuk jadi pemimpin.*songong bentar. Bis yang konsulat gw tumpangi berjumlah 8 buah, maklum konsulat terbesar sepondok gw adalah konsulat gw. Konsulat jakarta. Gw juga heran kenapa orang jakarta pada sekolah di pondok, kenapa nggak di luar aja, yak? Memang, di pondok tidak memandang orang dari segi ekonominya. Kalau misalnya anak pejabat salah dan hukumannya di botak, langsung di botak. Angkatan gw aja ada, yang anaknya DPR, dari anak pejabat sampai anak petani semuanya ada. Dan pastinya lu nggak bakalan bisa membedakan hal itu. Konsulat gw akhirnya sampai juga di jakarta. Baru keluar dari TOL,langsung dikawal oleh polisi, keren banget nggak tuh? Pemberhentian bis di masjid istiqlal, ketika sampai semua wali murid langsung melihat ke arah bis, siapa tau anaknya duduk di bagian atas bis. Setelah dijemput oleh walinya masing”, gw sebagai panitia dan teman” gw yang lain belum boleh pulang dulu, soalnya akan di lakukan evaluasi atas kepanitiaan gw. Acar itu bertempat di pondok pesantren Daarunnajah jakarta selatan. Seblum acara di mulai, foto” dulu.


Yang makai kemeja, sengak yee? Maklum umurnya udah tua. Gambar kaosnya terinspirasi dari orang yang berdiri di tengah. Yang makai topi juga maklum, sudah tua juga. Rata” wajah di foto ini keliatan, sengak ya? Tapi itu hanya anggapan kalian saja, sesungguhnya hati mereka pemurah. Saking pemurahnya, mereka memberikan makanan berupa gorengan kepada ikan”, sampai akhirnya ikan itu keracunan, sangat disayangkan sekali mitra olahraga. Acara ini ditutup dengan pertandingan persahabatan dengan pondok pesantren Darunnajah. Walaupun futsalnya kalah, tapi setidaknya tim basketnya menang. Dan setelah itu kami semua langsung berenang. Tanpa di komandol agi temen gw langsung nyebur ke kolam renang, dan hampir saja dia tenggelam karena terlalu bersemangat berenang. Menurut gw, temen gw yang satu ini. Kurang memperhatikan badannya yang kecil dan bulat seperti bola, dan juga dia tidak bisa mengambang. Karena dia berenang dengan menggunkan gaya batu, sungguh kasihan sekali temen gw yang satu ini.

Tuesday, 30 October 2012

Hari 1, BAKSOS.....

Hari 1.

Hari ini adalah pembukaan BAKSOS, pesertanya yaaa, gw sendiri sebagai junior. hal yang gw lakuin di pagi hari ini bukanlah packing barang" untuk BAKSOS, tapi gw nge-laundryin baju" gw. sebenernya sih bisa aja gw nyuci sendiri tapi gw lagi males, euuy. hal ini berbeda dengan apa yang teman" gw kerjakan. gw kasih sedikit ilmu neeh. kalau misalnya lu mau jadi terkenal jadilah yang berbeda sama orang lain. seprti halnya gw ini, yang lain pada siap" buat baksos. gw malah nge-laundry baju. tapi kalau misalnya lu mau beda dari orang lain, jadi gila mungkin. gw sangat" mempersilahkan agar lu saja yang berbeda. dalam msalah ini gw orangnya toleransi, cuuy.

Pembukaan BAKSOS berlangsung di depan gedung utama. acara ini di buka oleh Pak Hamid. ' ketika, BAKSOS nanti jangan heran kalau menemukan gadis cantik di des tempat kalian BAKSOS.' maklum, namanya juga mantan santri, jarang melihat makhluk halus. 'kemudian jaga adabnyasoalnya kalian di nilai oleh masyarakat. bertindak hal yang tidak terpuji akan berdampak buruk bagi kampus, karena kalian di bawah lembaga pendidikan.' bener banget apa yang di bicarakan oleh Pak Hamid. kalau misalnya nanti temen gw manjat pohon orang, nanti dianggap jelmaan dari siluman monyet lagi. padahal itu adalah bakat alami temen gw.desa BAKSOS kali ini di bagi menjadi 3 desa. setiap desanya dibagi lagi menjadi 4 unit. desa gw dapet giliran untuk pergi pertama kali. dan kendaraan yang digunakan bukannya sebuah bus, atau mobil biasa. tapi ini biangnya mobil, truck. mau nggak mau, gw sama temen" gw seperjuangan menaiki truck. kalau nggak mau, ujung"nya ntar gw ditinggal. dan kalo gw ditinggal, otomatis gw nggak ikut BAKSOS, dan gw juga nggak bakalan boleh ikut UTS. gw nggak mau hal itu terjadi.

sepanjang perjalanan, gw hanya bisa berpegangan kepada sisi truk. kalau lu naik truk saran gw, lu harus pegngan ke sisi samping" truk. karena kalau tidak lu bakalan menikmati yang namanya naek kora" ala truk, kalau di rem, lu nya maju kedepan, kalau mau ngebut lunya ketarik kebelakang. dan kalau lu beruntung lu bisa jatuh dan ditimpa manusia" yang berukuran seprti lu, atau yang lebih double beratnya dari lu.

Akhirnya sampai juga di deesanya, satu hal yang gw ucapkan di desa ini. ‘ gilaaa, disini kaga ada sinyal.’ Gimana gw mau smsan sama temen” gw, kalau keadaanya seperti ini. Berhubung gw di unit 2, gw harus jalan dulu ke tmpat yang bakalan jadi tempat tinggal gw, selama berada di desa ini. Alhamdulillah, gw masih bisa bersyukur, karena tempat gw ini bisa dibilang lebih baik dari tempat unit 1. Dan, gw nggak menyangka kalau di rumah ini, TVnya memakai parabola, rumah gw aja nggak pake parabola. Memang sangat sungguh luar biasa. Tapi dalam sekejap, kekaguman gw terhadap TV ini sirna, gw kirain hanya Hp gw aja yang nggak ada sinyal, tapi nih TV juga bisa nggak dapet sinyal. Sungguh sangat menakjubkan. Acara hari ini, hanyalah ramah tamah sama ahlul baitnya.

Sore harinya di unit gw masih free, hal ini yang gw sama temen” gw gunakan sebaik”nya. Kita semua jalan” untuk sekedar melihat” lingkungan di desa tempat gw tinggal. Tanpa gw sangka, ternyata sms datang terus menerus, mungkin karena dai tempat gw nggak ada sinyal, setelah dapet sinyal dilit langsung masuk sms” dari temen” gw. Karena memang nggak ada tujuan jelas, akhirnya temen gw nanya sama tukang jual pulsa tempat rental PS, ternyata nih abang”, selain jualan pulsa juga rental PS juga. Tanpa ada yang berkomentar, gw sama temen” gw langsung maen. Kemudian temen gw yang satu lagi beli makanan. Ternyata nih psnya bikin gerah juga. Stik PSnya udah setengah rusak. Untung nggak sampai gw banting. Selang beberapa menit, temen gw datang membawa makanan. Letika lagi, asyik”nya main ternyata kucing ikut”an makan, makanan gw. Gila, canggih amat niih kucing, doyan makan gorengan, nggak takut mabok dia.

Hari ini, masih belum terlalu sibuk. Kegiatannya, untuk saat” ini hanya ceramah setelah selesai sholat, dan menjadi imam masjid, doank. Tapi sepertinya hari esok sudah sibuk kegiatan, di tambah lagi besok puasa lagi.

Monday, 22 October 2012

22 Oktober 2012



Pagi ini, rame banget. hal ini dikarenakan, pagi ini ada yang namanya kajian, makanya dari bagian KEKER ( kerohanian dan keilmuan) membangunkan maha"santri dengan semangatnya, mulai dari mukulin besi yang ada di tangga sampai pintu kamar gw. mau nggak mau gw harus bangun. dan gw akan lanjutin acara tidur gw nanti ketika kajian. dan bener banget, gw tidur dengan posisi duduk, dan hasilnya, pinggang gw sakit dan kepala gw mau copot.

Memang dasarnya gw yang hobi tidur, ritual gw itu gw jalanin lagi, akibatnya gw mandi terlambat. gw nggak mempedulikan makan, soalnya dosen gw hari ini, lumayan tegas. minggu kemaren gw nggak bisa masuk kelas gara" gw terlambat, dan hal ini gw nggak mau terjadi lagi untuk yang kedua kalinya. ketika gw sampai di gedung kelas, gw bertemu sama anak yang satu fakultas sama gw. ga nanya ' dosenyya sudah dateng?' ' sudah ' jawab dia. damn, akhirnya gw lari ke kelas dan akhirnya gw sampai di kelas juga, gw adalah mahasiswa yang terakhir masuk. alhamdulillah. mau nggak mau, gw duduk paling depan, karena bangku belakang sudah penuh, ini salah satu ciri" mahasiswa, gan.setelah gw masuk pintu kelas ditutup. ketika pelajaran mau dimulai, dosennya keluar untuk mengambil proyektor. temen" gw yang beruntung ketika itu, berhasil masuk kelas. selamat bagi kalian yang beruntung masuk. 

Pelajaran pun dimulai, dengan mengumpulkan tugas minggu kemarin. tugasnya membahas tentang profil suatu negara. ternyata dibaca satu persatu, gw mersa , kayaknya tulisan gw beda. soalnya temen" gw nggak ada yang sama seperti tugas gw. dan bener, kalau temen" gw mengerjakan tugas dengan bener yaitu profil suatu negara, ketika tugas gw dilihat sama dosen, dosennya bilang,' ini kok sejarah bukannya kewiraan?'. mampus gw, ternyata tugas gw itu berisikan tentang sejarahnya Thoriq bin ziyad mengusai negara Spanyol, bukannya profil negara, dasar dodol gw. untungnya gw duduk di depan jadinya gw nggak terlalu malu lah, sama temen" gw. sebelum materi perkuliahan ditutup, dosennya memberi tugas lagi, tugas kali ini adalah perkelompok. tugasnya setiap kelompok membuat makalah. ternyata gini yak, rasanya jadi mahasiswa.

Wednesday, 10 October 2012

  5 Oktober 2012

Pagi ini, sama seperti pagi" yang sebelumnya, gw terlambat bangun. tapi gw akan bersiap" untuk maeen futsal. walaupun mata gw bengkak gara" baru bangun tapi tekad gw main futsal tak akan pernah padam. sebelum gw main, gw liat situasi di lapangan. gw liat di lapangan masih sedikit orangnya, baru 3 orang. tanpa menunggu lama gw langsung terjun ke lapangan buat main, tapi permainan belum bisa dimulai karena yang dateng baru 4 orang, gw nggak mau main kalau hanya cuman ber-4. itu berarti mainya two on two. dan itu bakalan membuat gw gwmpor karena harus mengejar" bola.

Tapi hal yang buruk terjadi, gw melihat anak" syariah kecapaian, ternyata mereka baru selesai lari pagi dan langsung menuju lapangan futsal. ternyata benar dugaan gw. mereka mau main futsal bareng dosen" syariah, dan otomatis gw nggak main, gw anak usuluddin, mas bro.memang bukan nasib gw. akhirnya gw naik lagi ke lt.3 menuju kamar gw. dengan bersusah payah, sampai juga gw di kamar gw yang harum, dengan baju" dan kaos kaki, ala mahasiswa. hal yang gw lakukan, setelah sampai kamar adalah dengerin musik sambil tidur, mantab.

Tepat jam 11.30 gw bangun dari persemaian tidur gw. dan ternyata sudah banyak fans" yang sms gw. setelah berbalas"an sms, gw tau, ternyata temen gw Rahman yang pengabdiannya di Blitar datang ke ISID. dan sekarang sedang berada di Madiun sama temen" gw yang di ISID. kesel banget gw, ngak di bangunin sama temen gw yang anak ISID. anggep aja, namanya dedi dan kiki. mereka berdua, mengira kalau gw pergi ke luar.

Seharian gw, BT karena nggak diajak jalan. gw kangen banget sama temen gw si Rahman ini, soalnya sebelum dia berangkat ke Blitar gw nggak sempet buat mengucapkan kat ' Hati" di jalan.' ketika kepergiannya. dan cara gw gw untuk melampiaskan rasa kekesalan gw, yaa tidur. walaupun setelah tidur gw BT lagi, yang penting sekarang gw tidur dulu.

Sore harinya gw dibangunkan oleh kiki, dia bilang Rahman nungguin gw di lt.1, tapi setelah gw turun hasilnya nihil. gw nggak bertemu sama Rahman, dan hal ini membuat gw tambah BT.
Ya Allah, berikan hamba-Mu ini kesabaran.

1 Oktober 2012
Selamat bulan baru, bagi yang ulang tahun bolehlah menghamburkan uangnya ke gua. seperti biasa, walaupun bulan baru tidur gw nggak bakalan berubah, yaitu bangun kesiangan. sebenarnya ini adalah hal yang buruk yang seharusnya kalian tidak memilikinya, tapi bagaimana lagi, apa daya, gan.... gw tersadar kalau hari ini adalah senin pagi, dan otomatis ada yang namanya kajian. dan dimulai jam 5, setelah gw liat jam, ternyata sekarang jam 6 kurang. pagi yang buruk karena gw sudah memboloskan diri gw untuk ikut yang namanya kajian. Great. walaupun gw sudah tau kalau gw nggak ikut kajian, tapi hobi gw gw asah terus, itu tadi hobi gw, tidur. tapi gw seneng banget, gan. ternyata tidur gw membawa berkah juga, soalnya kajiannya nggak jadi, hahaha....

Gw awali hari gw sebelum kuliah dengan sarapan, walaupun sarapannya nggak seenak dirumah, tapi kalo laper semuanya masuk, gan. karena kuliah minggu kemarin berlangsung di gedung pertemuan, langsung aja gw pergi ke gedung pertemuan. gw liat penampakan teman gw, yang lagi asyeeek foto" di depan gedung pertemuan. gw bilang ke dia ' Hadeh" bukannya kuliah, malah foto narsis. depan gedung pertemuan lagi.' jawaban dia simpel banget ' Masalah, buat lo.' ' Banget.' jawab gw. nih orang ngajak berantem kayaknya. setelah debat sama temen gw itu gw masuk ke gedung pertemuan, ternyata belom ada orang. gw pikir ungkin gw datang terlalu pagi. mungkin ini akibat dari terlalunya semangat untuk kuliah kali.

Tanpa diduga, temen gw yang tadi berfoto"ria, melirik gw, gw bales melirik dia, akhirnya gw sama dia saling lirik"kan. dengan parau dia bilang sama gw. ' Kita salah tempat pa'de.'

Dan bener, ternyata memang kita salah tempat. gw kira hanya gw sama temen gw aja yang ketinggalan, ternyata masih banyak temen" gw yang terlambat, sekitar 20 orang mungkin. yang penting gw nggak sendiri. dan yang terlambat masuk harus berada diluar kelas. hal ini tidak dianggap sesuatu yang jelek sama temen" gw, karena mereka punya inisiatif, inisiatifnya adalah mereka baru ngerjain tugas, untung gw udah ngerjain tugasnya, jadinya gw masih bisa santai". waktu kosong ini gw gunakan untuk dengerin musik sambil mejemin mata, 3 menit kemudian, bisa dipastikkan kalau gw sudah tidur. karena gw terlalu menikmati tidur, gw sampai nggak tau kalo dosennya sudah keluar dari tadi. dan tugasnya juga dikumpulin. ini masalah bagi gw, masa gw ngumpulin tugas tapi mata gw bengkak, karena saking lamanya tidur. akhirnya gw cuci muka gw dulu walaupun gw yakin, dosen gw pasti tau gw tidur dari raut muka gw. tapi, whatever... yang penting gw udah ngumpulin tugas gw.

Ads